Marquez Juara Bertabur Rekor, Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP 2018 di 3 Seri Balap Tersisa !!

Motomaxone.com – Perburuan gelar juara dunia MotoGP musim 2018 berakhir sudah. Gelar juara dunia tersebut diraih oleh pembalap Repsol Honda yang sekaligus bertitel sebagai juara bertahan yaitu Marc Marquez setelah menyelesaikan balapan Grand Prix Jepang di sirkuit Twin Ring Motegi siang tadi (21/10). Gelar itu merupakan gelar ketujuh yang diraih Marquez di kompetisi balap motor professional.

Berbeda dengan Rossi yang menyabet titel juara dunia 2009 silam dengan masih menyisakan satu seri GP Valencia, perburuan gelar juara dunia 2018 ini sejatinya berakhir lebih cepat mengingat masih ada tiga seri balap lagi yaitu di GP Australia, GP Malaysia dan GP Valencia. Namun apa mau dikata, suksesnya Marquez menjuarai seri GP Jepang dan gagalnya Dovizioso yang sempat terjatuh saat tersisa 1 lap saja sehingga membuat dovi melorot finish di posisi 18 membuat gap poin persaingan antara keduanya semakin melebar.

Selepas GP Jepang, Marc Marquez mengemas sebanyak 296 poin. Sedangkan rival utamanya dalam perburuan gelar yaitu Andrea Dovizioso hanya mampu mengemas 194 poin setelah gagal mempertahankan posisi kedua di Grand Prix Jepang tadi siang. Sehingga maklum saja,  GAP sebanyak 77 poin tersebut tidak akan mampu dikejar Dovizioso dan pembalap lain meskipun Marquez absen di 3 balapan terakhir sekalipun.

LEVEL 7 World Champion 2018 … begitu sekilas pesan singkat yang tertera di PIT BOARD tim repsol honda menyambut Marc Marquez di garis finish. Yang menandakan perburuan gelar juara dunia motogp musim 2018 telah berakhir hari ini. Yang menadakan pula Marc Marquez LEVEL UP mendekati rekor pembalap-pembalap legendaris macam Valentino Rossi hingga Agostini meskipun masih membutuhkan lebih banyak waktu untuk membuktikannya di era balap yang serba ketat ini.

Selain mempertahankan gelar juara dunia 2018, di musim kompetisi tahun ini ‘2018’ Marc Marquez juga memiliki rekor-rekor yang bisa dikatakan fantastis ketimbang lawan-lawannya saat ini termasuk legenda hidup motogp Valentino Rossi yang siang lalu berhasil finish di posisi ke-4. Hingga GP Jepang 2018 ini, Marquez sudah mencetak juara dunia sebanyak 8 kali, menyabet pole position sebanyak 5 kali, berhasil podium sebanyak 13 kali, mencetak rekor lap tercepat sebanyak 7 kali yang berakhir mengemas 296 poin tanpa lagi terkejar pembalap lainnya.

 

Selebrasi kemenangan sebagai Juara Dunia 2018 yang disiapkan oleh fans Marc Marquez di sirkuit Motegi inipun juga tergolong unik. Jika tahun 2017 lalu, Marquez membawa dadu dengan torehan juara sebanyak 6 kali, di titel ketujuh ini mensimulasikan Marc Marquez memenangi balapan di sebuah mesin permainan. Marc Marquez terlebih dahulu memasukkan koin berukuran jumbo untuk bisa memainkan balapannya. Dikarenakan Marquez memenangkan balapan tersebut akhirnya dirinya LEVEL UP ke level yang lebih tinggi yaitu LEVEL 7.

Dari hasil ini, mungkin sudah saatnya Rossi yang masih keukeuh ingin mencari kans juara dunia ke-10 nya berfikir untuk pensiun lebih cepat. Era Rossi sudah berakhir karena usia yang semakin menua dan dukungan motor yamaha yang tidak lagi kompetitif. Bisa jadi memang benar, saat ini era Marc Marquez yang tentunya untuk mengimbanginya diperlukan pembalap muda yang memiliki motivasi besar untuk mengalahkannnya.

Bagaimana tidak, dari segala sisi saat ini Marc Marquez ibarat sebagai sequel dari Valentino Rossi. Karir Rossi sudah berakhir, kini giliran Marc Marquez yang melanjutkannya. Untuk menguatkan opini penulis tentu saja perlu ada datanya, oleh karena itu penulis akan membuka fakta terkait keberhasilan Marc Marquez meraih Juara Dunia MotoGP 2018 sejauh ini, diantara adalah :

  • Marc Marquez menjadi pembalap termuda sepanjang masa yang mampu mencapai gelar Juara Dunia 7 kali di pentas kejuaraan balap dunia. Saat ini Marquez berusia 25 tahun 246 hari. Rekor ini mengalahkan Mike Hailwood yang memegang rekor juara termuda digelar ketujuhnya diusia 26 tahun 140 hari.
  • Marc Marquez menjadi pembalap termuda yang pernah memenangi lima gelar dikelas tertinggi / kelas premier diusianya saat ini 25 tahun 246 hari. Rekor ini mengalahkan Valentino Rossi yang berusia 26 tahun 221 hari saat dirinya memenangi gelar kelima di tahun 2005 silam.
  • Marc Marquez menjadi salah satu dari delapan pembalap yang mencapai gelar juara dunia sebanyak tujuh kali atau lebih disemua kelas Kejuaraan Dunia yang diikuti. Delapan pembalap tersebut antara lain : Gaicomo Agostini (15 kali), Angel Nieto (13 kali), Valentino Rossi (9 kali), Mike Hailwood (9 kali), Carlo Ubbiali (9 kali), Marc Marquez (7 kali), Phil Read (7 kali), John Surtees (7 kali).
  • Marc Marquez bergabung bersama para legenda motogp seperti Mick Doohan, Valentino Rossi dan Giacomo Agostini sebagai satu dari empat pembalap yang meraih gelar juara di premier class sebanyak lima kali atau lebih.
  • Marc Marquez mencetak rekor sebagai pembalap dengan titel juara dunia dengan pabrikan jepang terbanyak (5 kali), dirinya memenangi semua gelar juara dunia di kelas utama motogp bersama Honda. Marquez bersanding dengan Mick Doohan di catatan rekor ini.
  • Hanya satu pembalap asal spanyol yang memenangkan gelar juara dunia lebih banyak dibandingkan Marquez. Dia adalah Angel Nieto yang meraih 13 kali di Kejuaraan Dunia antara tahun 1969 dan 1984.
  • Marc Marquez tercatat memenangi seri balap GP dengan rerata 5 kali per musim selama sembilan tahun terakhir ini di tiga kelas yaitu GP125, Moto2 dan MotoGP. Catatan ini menjadikan rekor baru untuk marquez sebagai pembalap pertama yang mencapai hal tersebut dalam sejarah 70 tahun digelarnya balap motor Grand Prix. Rekor ini sebelumnya dipegang oleh Mike Hailwood yang saat itu merupakan satu-satunya orang yang meraih 5 kemenangan per musim selama 7 tahun di 3 kelas pada periode tahun 1961 s/d 1967.
  • Hingga saat ini 5 pole position yang diperoleh Marc Marquez memperpanjang rekor pole nya sepanjang masa dengan catatan di era-modern sejak 1974 (pole position dicatat secara resmi). Hingga saat ini Marc Marquez sudah mengemas 78 pole position di tiga kelas.
  • Marquez sudah menang sebanyak 8 kali, menyabet pole position sebanyak 5 kali, berhasil podium sebanyak 13 kali, mencetak rekor lap tercepat sebanyak 7 kali.

Demikian bertabur rekor yang didapatkan Marc Marquez beriringan dengan keberhasilan dirinya meraih gelar juara di kejuaraan dunia sebanyak 7 kali ini.

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan