Marc Marquez, Podium ke-3 GP Jerez Lebih Dari Cukup….. Kematangan Strategi Juara Dunia Semakin Dipahami !!

marquez jerez 2016 podium 3

Bagi Marc Marquez, Podium 3 sudah lebih dari cukup. Valentino Rossi memastikan Podium 1 di GP Jerez 2016, namun bukan berarti Rossi harus ber-euforia berlebihan untuk merayakan kesuksesannya mendominasi balapan di sirkuit spanyol tersebut.

Rossi suskes membungkam perlawanan dari pembalap tuan rumah seperti Marc Marquez dan Jorge Lorenzo dengan kemenangan yang menurut FN adalah kemenangan absolut. Namun tentu saja, untuk bersaing untuk mengejar gelar juara dunia, Rossi masih ketinggalan dibandingkan 2 pembalap rival terkuatnya tersebut.

Yup meskipun sukses menabung 25 poin di jerez, Rossi masih tertinggal dari Marc Marquez yang masih bertengger di puncak klasemen dengan total 82 poin. So, perlu motivasi lebih untuk kemenangan mutlak di balapan berikutnya jika ingin memangkas jarak dengan kedua pembalap spanyol tersebut. Rossi yang sukses menjadi juara gp jerez, masih tertinggal 24 poin (58 poin) dari Marc Marquez, sedangkan Lorenzo sendiri masih menempati posisi 2 dengan torehan poun sementara sebanyak 65 poin.

Nah, banyak yang mempertanyakan Marc Marquez yang tidak mampu berbuat banyak menghadapi duo yamaha di Jerez 2016 kemarin. Oleh karena itulah Marc Marquez pun akhirnya angkat bicara dengan kondisinya di atas lintasan balap Jerez kemarin.

Marquez-3th-jerez-2016

Pembalap andalan Repsol Honda ini terkendala suhu lintasan yang mempengaruhi kinerja maksimal dari ban yang digunakan. Di balapan Jerez 2016 kemarin, Marquez mengakui bahwa Honda Rc213V nya masih kalah dalam urusan akselerasi dengan Yamaha YZR-M1 milik Lorenzo yang berada tepat didepannya. Hal ini diperparah dengan kinerja pengereman RC213V yang dianggap buruk oleh Marc Marquez.

Beberapa kali mencoba memperbaiki pengereman dengan gaya balapnya tak mengubah keadaan. Kelemahan di sektor akselerasi yang coba ditutupi Marquez dengan memaksimalkan sisi pengereman ternyata tak membuahkan hasil. Sistem pengereman malah juga berkinerja jelek sehingga Marquez mengungkapkan banyak waktu terbuang.

Dari kondisi tersebut, Nakamoto sebagai Bos Repsol Honda memberikan semangat bahwa Marquez harus menyelesaikan balapan. Dari sinilah kesabaran pembalap teruji, jika di tahun sebelumnya Marquez belum cukup matang untuk bersabar maka tahun 2016 ini berbeda. Banyak pelajaran berharga harus di pahami untuk Marquez yang mentargetkan juara dunia tahun ini diantaranya adalah bersabar di setiap kesempatan.

Yup, untuk menjadi juara dunia tak melulu pembalap memaksakan diri untuk selalu menang di setiap serinya. Apalagi kala performa motor tidak cocok dengan salah satu lintasan, maka podium 3 bagi Marquez sudah lebih dari cukup untuk mengamankan posisinya di klasemen sementara. Hal itu mulai disadari oleh Marquez, melihat Rossi yang 100% sempurna di sertai penampilan Lorenzo yang lebih cepat… maka tidak ada pilihan lain untuk Marquez selain mengamankan podium 3, apalagi performa akselerasi dan pengereman RC213V tidak sesuai ekspektasi hatinya.

Alhasil, hasil akhir pun masih berbuah manis untuk The Baby Alien. Meskipun menempati podium 3 di GP Jerez, Marquez tetap bertengger di posisi 1 persaingan Juara Dunia 2016 dengan selisih poin yang masih cukup aman. (~FN)

==============
Contact Person :

Email : fncounter.blog@gmail.com
Invite BBM : 794C91C4
FB : www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
==============

Tinggalkan Jejak Dengan Tulisan...