Marc Marquez Buka Suara Terkait Sayap Aerodinamik…. MotoGP Akan Membosankan Seperti Formula 1

6 winglet honda rc213v

Peran winglet atau sayap aerodinamik pada kompetisi balap motor MotoGP terus menjadi pro-kontra di kalangan pemerhati, tim sekaligus dari para pembalap sendiri. Beberapa sudah menyatakan ketidak setujuannya dengan penggunaan winglet yang diterapkan pada motor. Valentino Rossi sudah, Pedrosa sudah… nah kini kubu kontra winglet bertambah satu lagi… The Baby Alien…

Marquez yang sempat bersitegang dengan Rossi akhirnya membuka suara setelah dirinya mendapatkan desain winglet dengan jumlah 6 sayap aerodinamik. Penggunaan winglet diakui Marquez sama halnya dengan apa yang dikatakan Valentino Rossi. Marq cukup setuju dengan Rossi terkait winglet yang merusak penampilan motor meskipun demikian Marquez juga menimbang dari sisi keamanan untuk pembalap lain.

Dalam hal ini, kita bisa melihat bagaimana mobil-mobil Formula 1 beraksi. Salah satu yang menjadi membosankan untuk dilihat adalah kurangnya aksi salip menyalip pada kompetisi F1. Hal ini yang nantinya ditakutkan oleh The Baby Alien.

Bagi Marquez, dirinya lebih prefer motor tanpa penggunaan winglet (sayap aerodinamik). Dengan penggunaan winglet, akan menyulitkan pembalap lain dibelakang untuk mengikuti. Hal ini terkait dengan aliran udara tak beraturan yang diciptakan oleh winglet yang berdampak pada pembalap di belakang yang mengikuti. Marquez sendiri lebih menyamakan kondisi ini dengan Formula 1 dimana saat kendaraan berakselerasi maka akan membuat ketidaknyamanan pada pembalap lain dibelakang.

#93 juga mengatakan tentang sisi keamanan penggunaan winglet. Seperti diketahui, di GP Argentina lalu Marquez menjadi korban dari winglet yang terpasang pada motor iannone. Begitu juga dengan Pedrosa yang hampir celaka dengan winglet yang terpasang pada motor Dovizioso lalu.

Dengan adanya sayap aerodinamik ini memang cukup membantu motor, namun bagi Marquez untuk penggunaan jangka panjang dalam kompetisi motogp maka keberadaan winglet menjadi membosankan. Hal ini menjadi cukup wajar karena winglet membuat riskan keamanan pembalap lain saat berusaha menyalip pembalap lainnya. Itulah mengapa jika winglet terus digunakan sepanjang kompetisi berjalan maka akan menjadikan MotoGP membosankan tanpa adanya aksi salip antar pembalap. Lha wong aksi salip menyalip itulah yang menjadikan kompetisi motogp jadi menjual dan diminati oleh penonton. (~FN)

==============
Contact Person :

Email : fncounter.blog@gmail.com
Invite BBM : 794C91C4
FB : www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
==============

Kolom Komentar