Line-Up MotoGP 2015, Kembalinya Suzuki dan Debut Aprilia, Komposisi Pembalap Berubah !!

2013 line up

Kompetisi MotoGP 2014 memang masih mneyisakan 8 seri tersisa, namun rupanya hal tersebut tak membuat tim-tim peserta motogp musim depan adem ayem dengan squad terbaru mereka. Kurang 8 seri tersisa, Line-Up MotoGP 2015 malah sudah keluar loh.

Seperti dilansir oleh crash, peta kekuatan tim dengan para pembalap pilihan mereka sedikit banyak akan mengalami pergantian meskipun tak semua tim merombak para pembalap mereka. Seperti Repsol Honda dan Ducati misalnya, 2 tim ini yang malah terlebih dahulu menyatakan tak ada perombakan susunan pembalap untuk musim depan.

Yup, kesuksesan duet Marquez-Pedrosa masih memiliki daya jual yang baik di mata sponsor sekelas Repsol, so tak salah jika keduanya akan dipertahankan oleh Honda musim depan. Begitu pula dengan Ducati Corse, komposisi pembalap yang kesemuanya eks. pembalap tim satelit Yamaha Tech 3 juga dinyatakan akan dipertahankan oleh Ducati, meskipun secara penampilan baik Dovi dan Cal tak begitu mengesankan musim ini. Kabar ini juga menepis rumor bahwa satu kursi pembalap tim utama Ducati akan diberikan kepada Andrea Iannone yang cukup gemilang bersama tim satelit Ducati.

Berbeda dengan Yamaha, Rossi sendiri telah memperpanjang kontrak kerjanya bersama yamaha untuk musim depan, namun Lorenzo malah belum mau membubuhkan tanda tangan untuk perpanjangan kontrak namun bagi fnc, besar kemungkinan Lorenzo tak akan berpindah dari Yamaha musim depan, atau jika hal tersebut dilakukan bisa merusak karir Lorenzo sendiri seiring dengan kuatnya dominasi Honda yang mana hanya Yamaha yang lebih dekat memiliki kesempatan untuk mengalahkan.

Musim 2015 akan menjadi ajang kembalinya Suzuki ke MotoGP, setelah beberapa kali mendapatkan kesempatan uji coba resmi di sirkuit penyelenggara motogp Suzuki pun mantab nih untuk kembali berkompetisi bersama pabrikan jepang lainnya. Cukup mengagetkan rumor dari Suzuki, RdP yang diplot sebagai pembalap tester selama ini tak masuk dalam line-up pembalap yang akan mengisi kursi tim utama. Malah nama-nama baru disinyalir akan menjadi pembalap utama Suzuki diantaranya adalah Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Aleix Espargaro kemungkinan besar akan jadi bergabung dengan Suzuki, mengingat penampilan gemilangnya bersama open class menjadikan dirinya harus mencari kans untuk meningkatkan karirnya, yang perlu diketahui aleix espagaro yang mungkin akan bisa menjadi pesaing terbaik untuk menghentikan laju Marquez mengingat persaingan keduanya dikelas dibawah kelas motogp beberapa tahun lalu.

Musim 2015 juga akan menjadi Debut perdana pabrikan Aprilia untuk mencoba peruntungan bersaing dikelas tertinggi kompetisi para raja balap motor dunia. Line-up pembalapnya pun memiliki beberapa kandidat yaitu Alvaro Bautista/Danilo Petrucci/Stefan Bradl/Eugene Laverty/Marco Melandri. Jika kedua pembalap terakhir resmi masuk motogp, maka Marco Melandri akan kembali bernostalgia dengan atmosfer motogp dan Laverty akan mendapatkan debut perdananya setelah lama berkompetisi di kelas Superbike. Semakin menarik nih…  (fnc)

Lansiran Crash.net

Repsol Honda (FACTORY)
Marc Marquez (Dikonfirmasi)
Dani Pedrosa (Dikonfirmasi)

Movistar Yamaha (FACTORY)
Valentino Rossi (Dikonfirmasi)
? (Saat ini Jorge Lorenzo, belum jelas)

Ducati Team (FACTORY)
Andrea Dovizioso (Dikonfirmasi)
Cal Crutchlow (Dikonfirmasi)

Suzuki (FACTORY)
(Aleix Espargaro?)
(Maverick Vinales?)

Aprilia (FACTORY)
? (Jika resmi masuk daftar kompetisi 2015 – Alvaro Bautista / Danilo Petrucci / Stefan Bradl / Eugene Laverty / Marco Melandri?)
?

Monster Yamaha Tech 3 (FACTORY)
Pol Espargaro (akan tinggal kecuali Lorenzo meninggalkan Yamaha)
? (Saat ini Bradley ‘tidak pasti’, penggantian bisa dari ‘rider muda Moto2 atau Moto3’)

Pramac Ducati (FACTORY)
Andrea Iannone (Ducati, tapi bisa dimasukkan ke tim pabrik)
? (Saat ini Yonny Hernandez, posisi aman hingga 2015)

LCR Honda (FACTORY)
? (Saat ini Stefan Bradl, namun rumor menyarankan Jack Miller disebut-sebut sebagai pengganti)
? (LCR bisa memperluas untuk dua pembalap tahun depan, dengan menambahkan sepeda kelas Open)

Go & Fun Honda Gresini (FACTORY / Open class)
? (Saat ini Alvaro Bautista, namun RC213V-nya diharapkan untuk pergi ke Scott Redding)
? (Saat Scott Redding, Open sepeda tersedia jika ia mendapat RC213V)

NGM Forward Racing (Open class)
? (Saat ini Aleix Espargaro – jika dia meninggalkan daftar panjang pengendara akan tertarik pada apa yang saat ini atas Terbuka sepeda dan keenam di kejuaraan dunia, termasuk orang-orang seperti Smith, Bradl, Dominique Aegerter dan Simone Corsi)
? (Saat ini Colin Edwards, berencana pensiun, Forward diharapkan pada 2015 beralih dari chasis Yamaha ke chassis FTR)

Drive M7 Aspar (Open class)
Nicky Hayden (Dikonfirmasi)
? (Saat Hiroshi Aoyama, belum jelas)

Avintia Racing (Open class)
? (Saat ini Hector Barbera, tim dalam pembicaraan dengan Ducati / Yamaha / Kawasaki)
? (Saat ini Mike di Meglio)

Cardion AB Motoracing (Open class)
Karel Abraham (Akan kursi di tim ayahnya)

Paul Bird Motorsport (Open class)
? (Saat ini Michael Laverty, tim / pengendara 2015 rencana jelas)
? (Saat ini Broc Parkes, tim / pengendara 2015 rencana jelas)

Iodaracing (Open class)
? (Saat ini Danilo Petrucci, tim / pengendara 2015 rencana jelas, bisa menjadi tim Factory Aprilia)

_____________

Related Post :

Tags:2015, MotoGP
2 Comments

Kolom Komentar