GEAR

Latihan Bebas (2) MotoGP Portimao, Bagnaia Ducati Tercepat, Marc Marquez Turun di P6

MotoMaxone.com – Seri MotoGP Portimao dilanjutkan dengan sesi latihan bebas (2). Cuaca yang kurang baik dan sempat hujan di Portimao menguntungkan F. Bagnaia memuncaki FP2 dengan catatan waktu tercepat. Marc Marquez sendiri mengakhiri latihan bebas ini di posisi 6 tapi…

Latihan bebas kedua di sirkuit Algarve Portimao memunculkan nama Bagnaia dari tim Ducati Lenovo sebagai tercepat pertama. Yang mengesankan, Bagnaia menjadi pembalap satu-satunya yang mencatatkan waktu dibawah 1 menit 40 detik tepatnya 1 menit 39,866 detik.

Pada P2, hadir nama Quartararo. Pembalap baru tim pabrikan Monster Yamaha ini mengungguli Vinales yang menjadi tercepat di sesi latihan bebas pertama. Juga pada unggul dari Joan Mir dari Suzuki yang berada di P3 pada FP2 kali ini.

Marc Marquez yang sempat memukau di FP1 dengan posisi ketiga tercepatnya. Pada FP2 ini hanya finish di posisi ke-6. Tapi meskipun demikian, secara catatan waktu hanya terpaut 0,4 detik saja dari Bagnaia yang berada dipuncak.

Selain penampilan Marc Marquez yang memukau sebagai aksi comeback nya setelah lama cedera. Penampilan Marc Marquez ini tentu masih lebih mengesankan ketimbang Vinales yang pada akhirnya terjerembab di posisi ke 7 pada FP2 kali ini.

Sedangkan rekan setimnya Marc Marquez di Repsol Honda, Pol Espargaro hanya berada di P14. Catatan waktu yang tidak lebih baik dari dua pembalap tim satelit LCR Honda Alex Marquez (P11) dan Takaaki Nakagami (P10).

Suzuki ternyata juga menunjukkan progress signifikan pada latihan bebas hari Jum’at ini. Terutama dari faktor kecepatan. Baik Mir dan Rins mencetak kecepatan per lap yang cukup bagus.

Jack Miller yang merupakan rekan setim Bagnaia di tim pabrikan Ducati hanya sukses menempati posisi ke-5, dimana sebelumnya berada di P8 pada FP 1 lalu.

Tim Pramac Ducati yang naik podium di GP Doha Qatar lalu yaitu Zarco dan Jorge Martin masih sama-sama kesulitan. Zarco cukup puas di P8. Sedangkan Jorge Martin yang mengesankan pada GP Doha lalu, kini hanya menempati P22 alias posisi buncit FP2 MotoGP Portimao.

Duo Petronas Yamaha, Rossi dan Morbidelli sepertinya memang masih mengalami kesulitan akan paket motor Yamaha M1 2020 nya. Rossi hanya bisa berada di P15, terpaut 1,259 detik dari anak didiknya Bagnaia yang berada dipuncak. Morbidelli juga tak lebih baik, hanya berada di P19 kali ini. (red)

Hasil FP2 MotoGP Portimao 2021 :

1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) – 1:39.866
2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0.340
3. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0.419
4. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0.462
5. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) + 0.470
6. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0.473
7. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0.560
8. Johann Zarco (Pramac Racing) + 0.624
9. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) + 0.726
10. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 0.745

Kolom Komentar