xtracuan

Kupas Teknologi Honda CB150X 2022, Apa Saja Yang Menarik ?

xtracuan

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, jumpa lagi dengan pembahasan CB150X yang menurut penulis masih menarik untuk diketahui. Lagi-lagi kerana kesibukan yang menyebabkan pembahasan satu ini menjadi tertunda.

Jika boleh mengatakan, sebagai mantan pemilik CB150R. Melihat CB150X ibarat melihat Honda CB150R Streetfire yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk disesuaikan dengan karakter motor sport adventure touring. Sejatinya hal ini memang benar adanya karena ternyata secara base fitur nya memang mengadopsi dari CB150R tersebut.

Sistem penerangan semua sudah menggunakan lampu LED, yup lampu putih dengan multi reflektor. Untuk lampu depan, reflektor lampu depannya sendiri menggunakan lampu depan yang sama dengan CB150R. Yang membedakan ada pada cover bodi disekitar batok lampunya tersebut. Begitu juga dengan sein dan lampu belakang, sama persis.

Full Digital Panel Meter juga demikian adanya. Berbagi pakai dengan yang dipakai oleh CB150R. Basis modelnya sendiri mengambil dari CBR150R yang kemudian diturunkan pada CB150R dan sekarang juga digunakan oleh CB150X.

Suspensi depan menggunakan model upside down dengan model Showa SFF-BP. Suspensi yang sama dengan yang digunakan oleh CB150R. Namun ada penyesuaian pada panjang inner tube nya, imbas dari penyesuaian jarak stroke yang lebih panjang, per atau spring nya juga lebih panjang. Dan juga penyesuaian pada segitiga atas dan bawah (top & bottom bridge) yang lebih lebar untuk mengakomodir redaman pada jalanan bumpy & tampilannya yang lebih beraura adventure touring.

Suspensi belakang tidak mengalami kondisi yang sama dengan bagian depan. Mengusung model suspensi tunggal dengan sistem prolink. Tampilannya lebih panjang dengan ulir pegas yang lebih rapat dari CB150R. Pegas (Per) nya sendiri juga lebih gemuk. So pantas bila panjang bebas nya mencapai 324 mm, lebih panjang kurleb 25 mm basis model CB150R. Stroke nya pun juga meningkat menjadi 60 mm. Lebih panjang 10 mm dari basis modelnya.

Fitur lain yang dirasa sama adalah sepasang rem cakram. Model cakramnya menggunakan model wave disc. Diklaim mampu melepas panas lebih cepat ketimbang model cakram biasa.

Karena adanya perubahan pada konsep desainnya, CB150X tentu lebih jangkung tampilannya. Hal ini nampak dari jarak roda dan bodi motor yang menunjukkan GAP yang cukup besar sehingga ground clereance nya juga otomatis lebih tinggi.

Fitur baru yang nampak terlihat sebagai ciri khas CB150X antara lain handlebar raiser yang kini dibuat lebih tinggi. Wind Screen yang juga lebih tinggi dan lebar. Hingga duck fender yang menjadi satu kesatuan dari Middle Cowl seiring tidak adanya shroud terpisah. Bagian under cowl sendiri juga didesain lebih besar dengan material yang sama yaitu plastik. Demikian juga dengan cover tangki, juga didesain ulang untuk menyesuaikan model adventure nya.

Hal berbeda lainnya tidak akan penulis jelaskan panjang lebar disini mengingat hanya perubahan kecil. Seperti kabel kopling, kabel gas hingga selang rem yang lebih panjang menyesuaikan karakter yang dibuat tinggi sekarang. Termasuk kunci kontak yang mempertahankan model kunci kontak fisik namun dengan tampilan switch assy yang berbeda tanpa hadirnya tulisan (di CB150X ini diganti menjadi simbol saja) berikut juga kabelnya yang lebih panjang. Untuk bagian knalpot sejatinya sama antara CB150X dan CB150R, namun pada CB150X ada penyesuaikan letak katalisator yang digeser lebih kebelakang.

Bagian swingarm tidak memiliki banyak perubahan. tetap dengan desain besi kotak namun yang membedakan dengan CB150R, pada CB150X ini, penutup belakang yang difungsikan pula untuk setelah rantai menggunakan model milik CBR 150R. Ada satu hal lagi yang mendapatkan penyesuaian pada CB150X ini. Yaitu standar tengah dan standar samping yang lebih panjang, karena postur CB150X yang lebih tinggi dibandingkan CB150R.

Sedangkan secara performa motor, menurut penulis CB150X sama saja dengan CB150R. AHM mengklaim adanya perubahan pada part ECM yang mana kodepart nya berbeda dibandingkan CB150R. Part inilah yang merupakan otak dimana pengapian disesuaikan dengan settingan yang menyesuaikan karakter motor Adventure Touring. ECM milik CB150X baru ini sama-sama memiliki 18 pin seperti CB150R, apakah bisa saling tukar, bisa dong tapi ya akhirnya karakter performa nya akan menyesuaikan pula.

Rangka, beberapa pembaca menanyakan terkait dengan sistem kontruksi rangkanya. Apakah betul ada pembaharuan pada rangka CB150X dimana isu yang sering ditebarkan terkait rangka yang gampang patah. Dari sektor rangka, penulis menekankan kontruksi rangka CB150X dan CB150R adalah sama. Yang membedakan adalah pada penyesuaian mounting front body ke rangka. MPM Honda juga menekankan, bahwa kontruksi rangka CB150X ataupun CB150R aman untuk pengendara.

Isu terkait rangka patah kebanyakan terjadi akibat adanya modifikasi sehingga mengurangi torsi baut antara rangka ke bagian mesin sehingga getaran motor saat digunakan berjalan lama kelamaan berakibat retaknya bagian rangka yang dimaksud. Sayangnya…. penulis akan mengatakan sependapat dengan alasan yang disampaikan pihak pabrikan tersebut mengingat penulis juga pernah menjadi owner CB150R Streetfire selama 4 tahun lamanya dan tidak ada gejala terkait masalah rangka yang dimaksud karena memang penulis tidak pernah memasang aksesoris modifikasi sama sekali.

Dan yang terakhir adalah hadirnya sistem pernafasan pada tangki bahan bakar dengan sistem baru. Berbeda dengan CB150R, pernafasan tutup tangki bahan bakar pada Honda CB150X ini dilengkapi dengan katup satu arah. Fungsinya untuk menjaga tekanan didalam tangki.

Katup bertekanan positif digunakan untuk melepas tekanan akibat uang bahan bakar dalam tangki, sedangkan katup negatif digunakan untuk memasukkan udara luar ke dalam tangki. So, kedua katup ini berguna untuk menyamakan tekanan didalam dan diluar tangki bahan bakar. (F4)

 

Kolom Komentar