Kualifikasi GP Laguna seca, Pole Kejutan Stefan Bradl, Rossi ke-4

bradl

Sesi kualifikasi motogp seri Laguna seca resmi berakhir beberapa saat lalu. Stefan Bradl secara mengejutkan keluar sebagai tercepat dan berhak mengawali start esok hari pada posisi pertama sekaligus mematahkan dominasi marc marquez sebagai pembalap tim pabrikan honda.

Laguna seca terasa spesial bagi honda, khususnya bagi tim satelit honda dimana 3 posisi teratas sesi kualifikasi ditebas habis oleh pasukan Honda yang 2 diantaranya dimiliki oleh pembalap tim satelit honda. Bradl (LCR Honda)secara mengejutkan melengserkan dominasi Marquez (Repsol Honda) yang moncer sejak FP2 hingga FP4  dengan catatan waktu terbaik 1’21.176, disusul Marquez yang hanya terpaut 0,017 detik lebih lambat dan diikuti Bautista (GO&FUN Honda Gresini) diposisi ketiga terbaik.

Dimana Yamaha? Meskipun terlihat begitu kesulitan mengejar catatan waktu pasukan Honda, yamaha cukup beruntung dengan catatan waktu para pembalapnya. Rossi yang sempat angin-anginan, mengamankan posisi ke-4 di sesi kualifikasi dengan torehan waktu 1’21.408 atau 0,242 detik lebih lambat dari pemegang waktu tercepat Stefan Bradl.

Menguntit dibelakang Rossi, terdapat pembalap tim satelit yamaha yang paling moncer Cal Crutchlow (5) dan diikuti the real man of steel Lorenzo di posisi (6). Pedrosa menjadi satu-satunya pembalap tim pabrikan honda yang terlempar dari persaingan 5 besar, sampai-sampai catatan waktunya kalah cepat dari Lorenzo yang masih dalam tahap pemulihan pasca cedera dari balapan sebelumnya. Penampilan inconsistent Pedrosa, bisa saja membawa berkah dan kans besar Marquez untuk semakin memimpin perburuan gelar juara dunia tahun ini. Jika itu terjadi, Marquez akan menyamai Rossi dalam hal juara dunia dalam kompetisi motogp ditahun perdana bersama tim barunya.

Ducati yang sempat mencuri perhatian di latihan bebas sesi kedua dengan menembus 3 besar, kembali pada perform awalnya. Catatan terbaik ducati ditorehkan Dovi yang hanya mampu meraih posisi ke-8 disesi kualifikasi dengan waktu 0,850 detik lebih lambat. So, tak ada perubahan signifikan dari pengembangan GP13 sampai detik ini. Namun, terpaut dibawah 1 detik, jelas adalah kemajuan bagi ducati untuk tak terlalu tertinggal dari motor-motor jepang. (fnc)

Hasil Kualifikasi (QP2) GP Laguna Seca :

laguna2013

2 Comments

Kolom Komentar