Kualifikasi GP Belanda, Hujan Rusak Peta Kekuatan…. Aleix Espargaro Buat Kejutan Pole Perdana Kalahkan Tim Pabrikan

aleix

MotoGP seri TT Assen Belanda menjadi seri motogp yang cukup seru akibat gangguan cuaca. Yup cuaca tak menentu diatas lintasan TT Assen akan semakin meningkatkan serunya persaingan masing-masing tim, dimana pembalap terbaik bisa menyesuaikan diri dan kompetitif dalam keadaan apapun.

Kondisi ini yang ‘mungkin’ akan dihadapi oleh para pembalap pada RACE nanti sore waktu setempat. Latihan bebas ke-4 menjadikan puncak peta kekuatan semua tim mulai dari pabrikan, satelit maupun open class. Parahnya, Marquez kembali menciptakan GAP dengan para pesaingnya dengan menjadi tercepat di FP 4 dengan torehan waktu 1’33.462.

Di posisi kedua, Valentino Rossi yang all out memberikan perlawanan pada marquez musim ini membuktian ucapannya. Pada FP4, Rossi menjadi pembalap terbaik yang mampu menempel ketat Marquez dengan berada diposisi kedua, diikuti oleh Lorenzo yang hanya terpaut 0,002 detik dibelakang Rossi. Harapan tersebut akan mampu berubah dan lebih kompetitif pada sesi kualifikasi akhir namun berbanding terbalik dengan keadaan sebenarnya.

Kualifikasi final yang digelar merusak peta persaingan para pembalap yang sebelumnya bersaing sengit berebut posisi terbaik. Hal ini dikarenakan ‘hujan’ yang mengguyur lintasan membuat peta persaingan berbanding terbalik dengan hasil positif pada latihan bebas sesi ke-4 sebelumnya. Tentu saja tim yang cukup terpukul dengan kondisi basah kali ini adalah Yamaha Factory Racing.

Setelah sempat penempatkan 2 ridernya diposisi teratas pada FP4 sebelumnya, keduanya pun melorot kala kualifikasi digelar di lintasan basah dengan berada diposisi 9 #Lorenzo dan 12 #Rossi. Yamaha M1 tim pabrikan tak begitu bersahabat dengan lintasan basah kali ini. Di sisi lain, pembalap tercepat yang berhasil meraih pole position adalah Aleix Espargaro dari Tim Open Class Yamaha yang juga menggunakan paket Yamaha M1.

Posisi kedua terbaik dibelakang Aleix Epargaro menjadi semakin mengerikan dengan bertenggernya Marquez dan Pedrosa. Hal ini tentu merupakan bukti RC213V repsol honda cukup kompetitif di kondisi lintasan kering dan basah. Hal ini juga menepis anggapan bahwa Marquez paling lemah kala menghadapi lintasan basah dengan dibuktikannya dirinya mampu meraih posisi start ke-2.

Kualifikasi GP Belanda

Keberhasilan Aleix Espagaro pun turut menyumbang rekor sebagai tercepat di sesi kualifikasi dimana pembalap yang lain tak mampu memangkas GAP dibawah 1 detik, record ini menyamai Marquez kala mendominasi di sesi kualifikasi dibeberapa seri sebelumnya namun lebih baik lagi karena dilakukan di lintasan kering. (fnc)

_____________

Related Post :

No Comments

Berkomentarlah dengan sopan