Kualifikasi GP Argentina, Marquez Pole Position…. Jorge (2nd), Pedrosa (3th)

gp arg

Pembaca sekalian, sesi final GP Argentina akhirnya terselesaikan dengan selesainya kualifikasi (QP2). Jalannya sesi kali ini begitu syarat kompetisi dimana seluruh pembalap begitu disibukkan waktu yang cukup sempit. Yup, sesi kualifikasi memang lebih sempit secara waktu dibandingkan latihan bebas so pandai-pandai tim dan pembalap saja untuk memecahkan masalah setup motornya.

Marquez kembali memborong bersih catatan waktu tercepat sejak FP1 hingga sesi kualifikasi kali ini, sekaligus mentahbiskan dirinya sebagai peraih pole position dan berhak start di posisi pertama esok di gelaran race GP Argentina.

Peta kekuatan tim dan pembalap sedikit bergeser dibandingkan latihan bebas ke 3 yang sempat fnc ulas dimana saat itu 3 besar dimiliki oleh Marquez, Pedrosa dan Rossi, sedangkan Lorenzo begitu terpuruk akan problem setup yang tidak segera dipecahkannya. Namun, keadaan kualifikasi 2 berbalik hanya di kubu Movistar Yamaha.

Yup, ‘hanya’ sedangkan Duo Repsol Honda tetap saja mendominasi di tiga teratas. Jika pada FP3, gap antara Marquez dan pembalap dibawahnya mulai mengikis, tidak begitu dengan kualifikasi 2 kali ini. Di sesi final perebutan posisi start race kali ini, Jorge Lorenzo secara signifikan menanjak dengan menempati posisi ke-2 tercepat diikuti Dani Pedrosa.. tapiiiii……

Tapi GAP perolehan waktu dibandingkan dengan Marquez kembali melebar hingga 0,742 detik. Ini GAP untuk Lorenzo yang berada diposisi ke-2 sedangkan dengan Pedrosa, GAP semakin lebar hingga 0,968 detik. Hanya 2 terbaik yang mampu memangkas waktu dibawah 1 detik dari Marc Marquez sedangkan di posisi 4 dan seterusnya kembali selisih waktunya lebih dari 1 detik.

Benar-benar gila nih aksi marquez, yang menurut fnc bahkan lebih baik dari Stoner untuk urusan memperoleh catatan waktu tercepat. Nggak salah kan jika Marquez disebut sebagai gabungan kesempurnaan Stoner dan Rossi. Di sesi kali ini Rossi malah melorot ke posisi 6 lho, dengan selisih waktu cukup banyak hingga 1,2 detik. (fnc)

 

Hasil Kualifikasi GP Argentina
Hasil Kualifikasi GP Argentina

 

______________

Related Post :

 

One Comment

Kolom Komentar