Kualifikasi GP Argentina 2015, Marc Marquez Gagalkan Suzuki Raih Pole Position

image

Peningkatan suzuki mencapai puncaknya ditangan Aleix Espargaro di GP Argentina 2015 ini. 2 sesi awal latihan bebas, Aleix dan Suzuki membuat kejutan besar dengan menempati posisi pole secara beruntun. Tim pabrikan pun dibuat shock karena disaat yang sama mereka berkutat mencari setup terbaik pada motornya.

Jalannya kualifikasi berlangsung cukup sengit, Lorenzo mengawali sesi kualifikasi ini dengan menjadi tercepat awal kalinya. Namun posisi tersebut berubah saat Marc Marquez memutuskan masuk ke lintasan. Giliran marquez memimpin dengan Cal Cruthchlow membuntuti.

Aleix espargaro pun kembali menggebrak dengan catatan waktunya, tak ingin kalah iannone pun juga demikian. Keduanya membuktikan diri saling kompetitif satu dengan lainnya. Namun perlawanan aleix akhirnya harus terhenti cukup di posisi ke 2 setelah Marc Marquez secara gila gilaan mencatatkan waktu 1’37.802. Sedangkan iannone di posisi 3 start race dini hari nanti.

Pasukan yamaha semakin banyak pekerjaan rumah pasca hasil akhir kualifikasi gp argentina. Tak hanya Jorge Lorenzo, Valentino Rossi pun tetap kesulitan dengan sirkuit Termas de Rio Hondo ini. Parahnya di sesi kualifikasi, Rossi mencetak gap hingga 1,088 detik dari Marquez yang berada di posisi puncak.

Namun bisa jadi di sesi race, durabilitas mesin bakal teruji antara tim pabrikan dengan tim yang menggunakan rule open class. Yamaha yang fn anggap gagal total di kualifikasi kali ini memiliki potensi menyodok ke depan di sesi race jika barisan depan kehilangan konsentrasi akibat mesin nya. Jika suzuki ataupun ducati lebih mengembangkan mesin lebih baik dari sebelumnya untuk semakin kompetitif bukan tidak mungkin ambisi yamaha mengantarkan pembalapnya mempertahankan pimpinan poin sementara akan berakhir di gp argentina. (~fn)

Hasil Kualifikasi MotoGP Argentina 2015 :
1. Marc Marquez
2. Aleix Espargaro
3. Andrea Iannone
4. Cal Crutchlow
5. Jorge Lorenzo
6. Andrea Dovizioso
7. Danilo Petrucci
8. Valentino Rossi
9. Maverick Viñales
10. Bradley Smith
11. Scott Redding
12. Hector Barbera

Kolom Komentar