nmax connected

KTM Duke 890 2021, Penerus Kesuksesan Duke 790

nmax connected

MotoMaxone.com – Motor sport dikelas menengah dari merk benua biru KTM mulai mencoba untuk aktif bersaing.  Terbaru pabrikan asal eropa ini meluncurkan KTM Duke 890 2021. Duke 890 ini adalah generasi penerus dari KTM Duke 690 dan 790 yang sudah dipasarkan.

KTM Duke 890 2021, Penerus Kesuksesan Duke 790

KTM Duke 890 2021 ini mengusung desain mesin paralel twin berbasis KTM LC8C yang menghasilkan tenaga dan torsi lebih besar. Kehadiran Duke 890 juga menjadi penanda bahwa Duke 790 tidak lagi produksi.

Duke 790 memang bakal disuntik mati. Namun konsumen tidak perlu khawatir karena sebagai gantinya, pabrikan asal Austria ini melahirkan KTM Duke 890.

Mengusung model Naked Sport dengan kapasitas mesin 889 cc, Duke 890 ini akan melengkapi jajaran motor sport segmen menengah dari pabrikan KTM. Berbeda dengan KTM Duke 890R yang berbasis spesifikasi balap maka Duke 890 versi reguler ini diperuntukkan penggunaan harian di jalan raya sehingga pantas bila mengakomodir kenyamanan berkendara.

Yang membedakan tampilan Duke 890 dan Duke 890R memang sekilas mirip namun ternyata tipe reguler didesain lebih rendah dan setang kemudi lebih dekat dengan pengemudi.  Lebih tepatnya lebih rendah 32,3 inci dari tipe R.

KTM Duke 890 mengusung mesin berkapasitas 2-silinder dan sudah lulus standar emisi Euro 5. Mesinnya berkubikasi 889 cc parallel kembar yang digunakan menghasilkan power maksimum sebesar 115 hp @ 9.000 rpm dan torsi maksimum 92 Nm @ 8.000 rpm. Karena kubikasi bertambah maka power dan torsinya meningkat dibandinkan Duke 790. Yang menarik adalah KTM membekali Duke 890 dengan inersia rotasi yang ditingkatkan menjadi  20%, alhasil respons mesin di kecepatan rendah meningkat.

Sedangkan untuk sektor Chasis alias rangka. KTM Duke 890 dibekali dengan desain rangka baja chromium Molybdenum dengan subframe aluminium one-piece, mengandalkan bobotnya yang ringan.  Duke 890 mengusung bobot total 168 kg. Lebih ringan ketimbang Duke 890R yang mencapai 183 kg.

Fitur slipper clutch dan quickshifter atas / bawah opsional sudah diaplikasikan. Suspensi depan menggunakan model Upside down WP Apex 43 mm tanpa opsi adjustable namun diklaim memiliki spring baru yang lebih ringan peredamannya pada kecepatan tinggi. Belakang mengandalkan suspensi monoshock WP Apex.

Rodanya masih pakai pelek Y-spoke cast berlapis oranye berdiameter 17 inci. Tapi sekarang dipadukan dengan ban Continental ContiRoad yang tidak diragukan lagi. Menawarkan jarak tempuh yang lebih baik daripada karet Michelin Power Cup 2. Sementara sistem rem telah mengalami peningkatan dibandingkan unit 790. Pakai piranti kit dari Brembo 4 piston yang menjepit cakram 300 mm di depan dan kaliper 2-piston tunggal dengan disc brake 240 mm di belakang.

Pada sektor fiturnya masih sama seperti Duke kelas menengah. Paket elektronik tetap menyediakan tiga mode berkendara sebagai standar (Rain, Street, Sport). Selain itu terdapat pula six-axis IMU, Cornering ABS, traction dan wheelie control. Ditawarkan juga mode track opsional MTC sembilan tingkat yang dapat disesuaikan; launch control, up and down quick shifter dan penonaktifan ABS. Semua itu pada dasarnya merupakan paket yang sama dengan Duke 890 R yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.

Piranti elektronik yang disediakan bisa terlihat jelas di layar TFT full warna 5 inci di kokpit. Informasi fundamental seperti kecepatan km/jam, rpm, indikator bahan bakar, indikator oli, suhu mesin, posisi gear dan jarak tempuh/range terdapat di dalamnya. Tak lupa ada jam digital, odometer, serta pilihan mode berkendara yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Paling baru hadirnya fitur konektifitas via bluetooth ke smartphone. Melalui aplikasi KTM My Ride memungkinkan pengendara melihat jika ada panggilan telepon, mendengarkan musik, serta opsi navigasi dengan tampilan semacam piktogram. Namun sayang, banderol harga KTM Duke 890 2021 belum diumumkan secara resmi. (red)

Kolom Komentar