Kontroversi CB150R 5-Speed IWB, Jadilah Pembaca Yang ‘Smart’ Sebelum Disebarkan…..

CB150R Furious Red

Pembaca sekalian, sudah dasarnya jika manusia memiliki sifat tidak mau kalah, apalagi jika hal tersebut menyangkut gengsi. Hal yang salah pun dipertahankan dengan sekuat tenaga, entah hasil nya malu atau gimana urusan nanti yang penting ngeyel.com :mrgreen:

Hal tersebutlah yang pernah fnc alami kala terdapat obrolan ringan seputar gacoan baru honda CB150R. Honda ini paling pinter membuat bingung konsumen, apalagi konsumen yang nggak ngerti sekalipun. Seperti penamaannya yang sekilas merupakan bolak balik sebutan dari CBR150. Sama2 punya ‘R’ dalam penamaannya ada juga orang yang ngeyel kalau honda keluarkan CBR150 seharga 23 jutaan, padahal mungkin yang dimaksud adalah CB150R namun yang namanya ngeyel ya tetap saja tidak mau dikoreksi oleh orang lain.

Hal tersebut adalah contoh satu dari sekian banyak informasi setengah matang yang diterima oleh kebanyakan orang yang kurang paham akan sebuah informasi. Tak hanya itu, masih seputar CB150R yang masih menjadi bahan pembicaraan banyak insan otomotif. Disebuah tempat (*saya tidak menjelaskan tempat yang dimaksud untuk menghindari tersinggungnya pihak2 tertentu), pernah dibahas akan jumlah gear rasio CB150R atau dalam bahasa awamnya percepatan.

Sudah barang tentu sebagai turunan CBR150 didukung pula informasi yang jelas dari pihak astra honda menyebutkan bahwa Honda CB150R dibekali mesin 150cc, dengan silinder tunggal, DOHC, berpendingin cairan dan dibekali transmisi 6-percepatan. Informasi ini mutlak tak bisa dibantah karena memang benar-benar adanya. Namun hal tersebut bisa dibantah mentah-mentah hanya karena membaca judul artikel blogger mas Iwan Banaran  yang berjudul “Ternyata Honda CB150R hanya 5 perseneling…bohong semua yang ada diinternet!!”. Salah seorang yang lain menanyakan kepada fnc tentang kebenaran transmisi CB150R tersebut.

Sesuai dengan yang fnc ketahui, maka fnc mantab menjawab bahwa CB150R dibekali transmisi 6-percepatan. Sontak hal tersebut disanggah oleh yang lainnya dengan berbekal judul artikel dari blog mas IWB. Sekejap, fnc tak melanjutkan perdebatan tersebut karena bagi fnc hal itu sudah jelas. Padahal jika artikel tersebut dibaca dengan seksama hingga selesai maka beliau tidak akan bersikeukeuh mempertahankan pendapat CB150R memakai 5-speed seperti judul artikel tersebut.

Pentingnya memahami sebuah konten bacaan dengan tidak hanya membaca sebatas judulnya saja sangat perlu untuk memahami apa yang sebenarnya ditulis oleh seorang penulis. Menjadi pembaca yang “Smart” adalah menu wajib agar saat kita menyampaikan informasi tersebut kepada orang lain tidak lagi menjadi kesimoangsiuran berita. So, kontroversi judul mas IWB yang menyebut CB150R 5-speed bacalah terlebih dahulu hingga selesai untuk mengetahui arti seorang penulis mengangkat sebuah tema yang dimaksud. Akhir kata, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. (fnc)

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...