Komparasi Spesifikasi Yamaha R15 Indonesia VS India, Banyak Bedanya Lho……

Yamaha R15 Specs Indo
Yamaha R15 Specs Indo

Pembaca sekalian, teka-teki Yamaha R15 versi indonesia memang begitu banyak untuk diulas. Bukan karena apa, statement pihak internal YIMM yang dengan percaya dirinya menyebutkan R15 versi Indo lebih baik dibandingkan negeri asal lahirnya Yamaha YZF-R15 tentu sangat pantas di cermati.

Spesifikasi yang telah dikeluarkan Yamaha Indonesia, langsung coba fnc cocokโ€™kan nih dengan spesifikasi R15 india. Ternyata, tak hanya finishing produk dan warna yang dirubah oleh YIMM melainkan secara spesifikasi juga berbeda.

Dimulai dari keluaran kekuatan yang dihasilkan dapurpacu R15 Indo, tercatat dari pantauan fncounter.com, YIMM merilis data Yamaha R15 Indo mampu menghasilkan Power Max 12,2 kW (16,6 PS) @8.500 rpm, sedangkan Torsi Max mampu diraih hingga 14,5 Nm @7.500rpm. Hal ini sedikit berbeda tipis dengan spesifikasi permanen yang dikeluarkan Yamaha India, dimana Yamaha R15 disono memiliki data spesifikasi Power Max 17 PS dan Torsi 15 Nm di putaran rpm yang sama dengan versi indo.

Yamaha R15V2 Specs, India
Yamaha R15V2 Specs, India

Bukannya hal tersebut tak terlalu bermasalah? Eits.. tunggu dulu. Mempublikasikan satu jenis motor namun berbeda spesifikasi dengan model lain di luar indonesia jelas perlu mendapat perhatian. Misalkan saja vixion, dengan mengaplikasikan ECU Racing saja bisa menaikkan power 1dk misal, atau setidaknya 0,6-0,6 dk. Jika spesifikasi standar berubah dari pakem yang sudah ada, mungkinkan ada perubahan pada sistem ECU Yamaha R15 versi indo sehingga mampu memangkas spek R15 aslinya di india sana.

Meninggalkan ulasan mesin, fnc juga menemukan berbedaan dimensi produk yang bersangkutan. Dimensi P x L x T dari Yamaha R15 Indo tercatat = 1.955mm x 660mm x 1.070mm. Lagi-lagi berbeda dengan Dimensi R15 India yaitu (P x L x T) = 1.970mm x 670mm x 1.070mm. Itulah berbedaan yang fnc temukan sementara ini, mungkin pembaca sekalian mendapati perbedaan lain antara R15 berbeda versi negera ini ?? Monggo di share disini… (fnc)

________________

Related Posts :

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...