Komparasi Satria FU150 vs Sonic 150R vs MX King 150…. Jika Suzuki Tak Ingin Mati Wajib Berbenah [Edisi Revisi]

Underbone SPORT 150cc

Sabtu ceria pembaca sekalian meskipun di kota Malang sedikit tertutup awan, rupanya musim penghujan mulai tiba nih. Semangat liburan kembali fn mengulas komparasi Sport Underbone 150cc dari 3 pabrikan jepang yang ada di indonesia… Suzuki, Yamaha dan Honda untuk masing-masing produknya yang tentu anda sekalian mulai tak asing lagi.

Loh bahasan ini kan sudah diulas fncounter.com!! Yup, namun kali ini fn kembali membahasnya pasca peluncuran resmi Honda Sonic 150R yang mana secara spesifikasi resmi pun sudah diperkenalkan oleh PT. Astra Honda Motor. Berbeda dengan ulasan sebelumnya yang mana spesifikasi khusus untuk sonic masih sebatas bocoran… namun kali ini spesifikasi resmi sudah dirilis oleh masing-masing atpm so ini dia hasilnya.

Produk terbaru dalam hal ini produk anyar keluaran Honda yaitu Sonic 150R menjadi kompetitor yang cukup serius menggulingkan market share yang sudah cukup lama dinikmati oleh Suzuki Indonesia dari produk Satria FU150 nya. Hal ini bisa dilihat dari data spesifikasi diatas kertas (*lihat daftar spesifikasi yang fn buat dari data masing-masing atpm). Nyaris dalam hal head to head kali ini, sebagai pesaing serius Satria FU150… konsumen hanya bisa mengandalkan Sonic 150R yang memiliki atribut yang tak jauh berbeda dari penguasa lama underbone ayago milik Suzuki. Berbasis mesin Square (*perbandingan diameter dan langkah berbanding sama), Sonic 150R rupanya memberikan tawaran berbeda.

Spesifikasi SatriaFU vs Sonic150 vs MXKing150

Tak tanggung-tanggung Honda dalam menantang produk andalan Suzuki tersebut, Output Power ‘Sengaja’ dibuat sama yaitu 16PS berbekal basis mesin DOHC. Disinilah letak ralat dari artikel sebelumnya yang menyebutkan power Sonic 150R dibawah Satria FU150 sebesar 15,6 PS. Ternyata klaim spesifikasi resmi yang dirilis Honda menyebutkan output Power Sonic 150R adalah 16 PS.. artinya secara power maksimum diatas kertas antara Sonic dan Satria berbanding sama. Loh kok bisa? Kan mesinnya tipe square bukan over-bore seperti satria fu !! Mengapa tidak? Bermain spesifikasi adalah perkara mudah bagi semua pabrikan, bahkan jika mau Honda pun bisa membuat lebih dari 16 PS.

Tentu saja keanehan dari mesin Square yang mampu menghasilkan tenaga sama dengan mesin Over-bore tidak menjadi sesuatu yang perlu diperdebatkan. Semua fakta pendukung ada pada spesifikasi diatas kertas. Kapasitas mesin Sonic lebih besar ketimbang Satria FU, dimana displacement Sonic mencapai 149.1 cc sedangkan Satria FU hanya 147.3 cc. Selain itu rasio kompresi pun juga berbeda, Sonic membekali spesifikasi kompresi tinggi pada Sonic 150R yang mana mencapai 11.3 : 1. Honda rupanya tak mentoleransi penggunaan premium karena pengkabutan bahan bakar juga sudah injeksi ditambah kompresi tinggi tersebut… minimal Pertamax Biru dengan Ron 92 adalah minuman wajib Sonic 150R jika menginginkan performa maksimal. Nah loh sudah tau bedanya bukan…. dalam hal output power fn tidak menyinggung MX King 150 karena produk Yamaha ini rupanya lebih berminat bermain pada nilai torsi ketimbang power… so bisa dimaklumi jika secara power MX King jauh tertinggal dari 2 kompetitornya ini.

Mesin Square lagi-lagi menjadi pilihan tepat bagi Sonic 150R untuk menjadi jembatan atas keinginan konsumen yang cenderung menginginkan spesifikasi produk yang sempurna. Boleh saja MX King 150 kalah dalam urusan power namun, secara torsi produk yamaha ini menjadi rajanya. Output torsi maksimum dihasilkan MX King 150 dengan nilai 13.8 Nm. Melebihi nilai dari yang dimiliki 2 kompetitornya. So jangan heran jika ingin adu drag atau akselerasi dengan FU150, pemilik FU harus berfikir 2x karena akselerasi FU adalah terkecil dibandingkan MX King 150. MX King 150 dengan mesin over-stroke yang berkarakter kaya torsi sekali lagi dilandenin Honda dengan memberikan mesin Square pada Sonic 150R. Hasilnya mendekati kesempurnaan perpaduan mesin over-stroke dan mesin over-bore. Sonic 150R ternyata mampu menghasilkan torsi maksimum 13.5 Nm…. sempurna mendekati torsi maksimum MX King meskipun dalam pencapaiannya Sonic 150R harus menghasilkannya pada rpm lebih tinggi ketimbang MX King 150.

Dari komparasi spesifikasi diatas kertas tentunya sudah semakin jelas sekarang, mana produk yang berpotensi memikat hati konsumen dan menjadi pilihan terbanyak konsumen nantinya. Disisi lain Satria FU150 dengan model ayagonya membuat perbedaan mendasar dari konsep model dan mesin yang diusungnya, disisi lain pula Yamaha dengan MX King 150 nya membangun pangsa pasar berbeda dengan mempertahankan model murni bebeknya dengan basis mesin 150 meskipun masih tetap bertahan dengan mesin SOHC yang lebih mengeksplore torsi. Sonic 150R berbeda lagi, bak potongan sandwich, Sonic 150R berada diantara keduanya baik Satria FU150 dan MX King 150. Menawarkan spesifikasi yang juga mendekati keduanya dengan mengusung konsep model yang lebih laris dikalangan pecinta sport underbone 150cc yaitu model ayago. (~fn)

==============
Contact Person :

Invite BBM : 794C91C4
FB : www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
Email : fncounter.blog@gmail.com
___________________

Related Article :

18 Comments

Kolom Komentar