Ketemu Langsung Dengan Yamaha MT-15 di Malang, Nggak Lagi Punya Batok Lampu Utama…

Motomaxone.com – Ketemu juga dengan batang hidung produk yamaha yang aneh bak robot transpormer. Ya penulis ketemu langsung dengan Yamaha MT-15 di kota malang tepatnya disalah satu dealer bernama Yamaha Anugerah Mergosono di kota malang.

Entah tak seperti merk sebelah, dimana saat ada produk baru, pasti pihak main dealer areanya biasa mengontak penulis bahwa ada produk baru, sehingga penulis pun tak sungkan untuk datang dan mengulasnya. Beda dengan pabrikan garpu tala ini, main dealer areanya termasuk pasif, padahal laris aja nggak terlalu hihi… peace bro :mrgreen:

Dikabari motor ini sudah hadir di diler yamaha (bukan main diler yamaha area malang) tersebut oleh Bapak Cahyadi, yang menjabat Shop Manager Dealer Yamaha Anugerah Mergosono (arah kota lama ke gadang) penulis pun menyempatkan waktu untuk bisa kesana, maklum jarak diler yamaha tersebut dengan kediaman penulis sedikit jauh sekitar 23 kilometer… belum lagi kondisi kemacetan jalan raya menuju kota malang sedang rutin macet karena pembangunan underpass karanglo. Jadi perlu menyiapkan waktu dengan baik untuk pergi kesana…

Sehari setelah dikabari, penulis akhirnya pergi menuju diler yamaha tersebut. Tentu, sebelumnya sudah menyiapkan segalanya. Charge baterai kamera DSLR, charge smartphone hingga siapin raincoat jika sewaktu-waktu diguyur hujan.

Sesampai disana sudah sangat sore, sekitar jam 5an. Penulis memang memilih waktu luang sepulangnya dari bekerja. Nyaris diler tersebut ditutup, namun akhirnya penulis diberikan waktu oleh pihak manager untuk mengambil gambar.. alhamdulillah nggak sia-sia kedatangan penulis disana..

Masuk ke Diler Yamaha Anugerah Mergosono sudah sangat gelap. Maklum memang seharusnya sudah ditutup, karena kebaikan pak manager ini pula.. pintu diler dibuka kembali. Ditengah banyaknya unit motor diruang utama diler tersebut, MT-15 terlihat tampil beda. Sekilas mirip xabre, namun bagian lampu utamanya yang sudah LED Projie.

Setelah semua motor ditata sedemikian rupa, saatnya sesi foto Yamaha MT15 dimulai. Penulis letakkan motor ini ditengah ruangan dan meminjam paddock agar motor ini lebih pantas untuk direview hehe… cuma mau ngasih tau saja kalau proses photo session MT15 ini pun tak asal-asalan meski hanya dikelas diler daerah :mrgreen:

Melihat lebih jelas MT-15 didepan mata secara langsung memang berbeda saat melihatnya digambar. Bedanya anda bisa langsung memegangnya kalau penasaran..

Headlamp alias lampu utama. Tak seperti lampu utama kebanyakan motor massal keluaran pabrikan yang masih keukeuh menggunakan batok lampu kemudian didalamnya terdapat reflektor untuk penggunaan lampu biasa dan multi-reflektor untuk lampu LED, Yamaha mendesain MT-15 dengan tampilan berbeda. Lampunya juga menggunakan LED namun tak pakai batok lampu melainkan dibungkus langsung dengan Projector, istilah lainnya yang biasa dikenal biker-biker yang suka modif adalah lampu LED Projie.

Bedanya dengan LED Projie motor modif, model lampu ini tetap ditempatkan didalam batok lampu. Namun mungkin untuk kesan berbeda dan lebih ringkas, LED Projie itu ditempatkan diluar tanpa batok lampu pembungkusnya.

Panel dashboard speedometer nya memang belum sempat penulis lihat saat kondisi menyala. Namun dari bentuknya, speedometer ini persis dengan yang digunakan oleh New R15 dan Vixion-R. Bahkan penulis katakan sama persis dan tidak ada bedanya.

Sedangkan untuk bagaimana sudut-sudut body, bagaimana detail lampu utama yang mengusung LED dengan projector macam motor-motor modif, tentu anda bisa mengobati rasa penasaran itu saat melihat langsung dengan mata kepala anda sendiri. So, jangan cukup puas dengan melihat gambar-gambar disini..

Selain hal tersebut diatas, panel saklar dibagian setang baik kiri maupun kanan terlihat simpel. Kok bisa ya ? apanya yang membuat tombol-tombol saklarnya berubah menjadi simpel ? Usut punya usut, setelah diamati baik-baik ternyata ada perbedaan pada tombol klakson Yamaha MT-15.  Lihat baik-baik gambar dibawah ini…

Sebagian besar saklar tombol pada panel kanan dan kiri tidak memakan banyak tempat karena dimensinya yang kecil. Seperti tombol klakson yang sangat mungil sekali karena memiliki bentuk bulat kecil. Selebihnya bisa brosis lihat sendiri, ada tombol sein, high-low beam, dan pass beam dibagian depan panel saklar. Sedangkan dikiri hanya terdapat satu saklar untuk tombol power ON-OFF dan engine cut off, lumayan simpel tidak banyak tempat.

Model MT-15 bagi penulis tak jauh berbeda dengan Yamaha Xabre. Platform konsepnya rasanya memang sama yaitu berbasis konsep streetfighter. Namun yang penulis suka dari MT-15 ini joknya tandem alias tak terpisah dan terkesan ketinggian jok boncenger seperti Xabre, jadi untuk boncengan pun MT-15 ini lebih user friendly ketimbang Xabre, namun yang menjadi catatan penulis disini adalah meskipun jok boncenger tidak setinggi xabre namun space untuk boncenger tetap pendek dikarenakan layaknya seperti xabre (lagi), jok MT15 ini tidak lebih panjang dibandingkan roda belakang.

Overall secara tampilan, garis desain Yamaha MT15 ini terlihat lebih kalem dan elegan meski dibalik itu kesan garangnya juga tetap terlihat karena desain headlamp yang terpisah dengan 2 buah lampu kota seperti mata robot yang menurut penulis desain ini unik dan tidak biasa sehingga menghasilkan penilaian yang keren dipandang.

Sedangkan untuk bagian kaki-kaki, MT-15 tak ada bedanya dengan XABRE. MT-15 mewarisi kaki-kaki Xabre dimana untuk suspensi depan mengusung model Upside Down dengan velg tapak lebar dengan ukuran ban gambot 110/70 berlabel IRC Road Winner. Untuk bagian belakang pun demikian adanya. Velg tapak lebar dengan ukuran ban besar 140/70 menjadikan kaki-kaki MT-15 ini layaknya motor-motor sport 250cc 2 silinder, padahal secara kapasitas mesinnya hanya mengusung mesin 155cc.

Namun pembaca sekalian yang hendak meminang MT-15 tak perlu kuatir dengan perbandingan ban gambot dan mesin kecil yang diusungnya. Penulis yakin, yamaha tak sekedar buat produk setelah pengalaman yamaha byson. Meskipun terlihat kekar karena kaki-kaki yang besar, mesinnya pun penulis yakin mumpuni dengan basis mesin VVA 155cc yang mana plaltform mesin ini juga dipake untuk New R15, Vixion-R, NMAX dan Aerox 155 VVA.

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...