Kebijakan Baru Wajib Gunakan Sarung Tangan Atau Tilang Bagi Pengendara Motor

bikers-gloves

Aturan tentang keselamatan berkendar diberbagai negara semakin digalakkan. Saat ini penggunaan sarung tangan diwajibkan untuk pengguna sepeda motor dan sangsi yang akan didapatkan untuk pengendara motor yang melanggar adalah TILANG. Denda tilang yang ditetapkan pun mencapai 988 ribu rupiah.

Peraturan ini baru-baru ini sedang dijalankan di negara perancis. Bagi pengendara yang tidak menggunakan sarung tangan siap-siap di tilang dengan denda  68 euro atau setara dengan 988 ribu rupiah.

Namun seperti halnya di indonesia, masih ada pihak-pihak yang menentang adanya kebijakan aturan baru tersebut. Seperti yang dilakukan FFMC yang merupakan salah satu komunitas motor di negara tersebut menyebutkan bahwa penggunaan sarung tangan harusnya tidak diwajibkan mengingat tidak membahayakan orang lain.. namun mereka menuturkan bukan berarti mereka menolak penggunaaan sarung tangan.

Lebih lanjut FFMC menyebutkan bahwa ketidaksetujuan mereka disini karena penggunaan sarung tangan menjadi tindakan yang dipaksakan dan setidak pengguna terancam dengan denda tilang.

Namun bagi OB sendiri yang pernah mengalami fase tidak suka menggunakan sarung tangan dan sekarang menggunakan sarung tangan hanyalah masalah kebiasaan. OB masih ingat saat melakukan perjalanan Surabaya-Malang tanpa sarung tangan dan saat itu musim hujan… meskipun tak diguyur hujan, dinginnya kondisi saat itu membuat tangan kanan OB menjadi kram. OB bahkan kesulitan melepas handle gas saat itu.

Beruntung pada kondisi ini tidak ada kendaraan lain yang mengerem pas berada didepan OB. Bisa dibayangkan saat tangan yang memegang grip gas tak bisa dilepaskan akibat kram maka motor akan melaju terus dan bisa jadi mengakibatkan laka lantas.

Pengalaman lain yang tak kalah memotivasi penggunaan sarung tangan adalah saat riding santai bersama BlueMX tiba-tiba saja jalur laju motor dipotong oleh pengenda lain yang sruntulan… sontak OB tak bisa menghindar dan akhirnya terjatuh. Beruntungnya saat itu menggunakan sarung tangan pro-bikers yang memiliki hard protector di bagian telapak tangan.

Dari hasil terjatuh tadi, hard protector di telapak tersebut tergerus aspal dengan cukup keras. Protector berbahan plastik yang keras seperti itu saja lecet tergerus aspal, apalagi kulit kita yang rentang goresan.

Penggunaan sarung tangan tentunya menjadi penting terkait menghindari resiko cedera lebih parah yang bisa kita alami saat mengalami kecelakaan.  (Mr.OB)

Kolom Komentar