Jupiter Z1, Salah Satu Contoh Susahnya YIMM Mengabulkan Keinginan Konsumen

Genderang dimulainya babak baru generasi Jupiter Z telah ditabuh Yamaha Indonesia. Walaupun belum resmi diperkenalkan namun langkah seribu didapat jajaran blogger beserta media online untuk menyediakan spyshot Jupiter Z1 sedemikian rupa sebagai tombo (obat) penasaran para insan otomotif roda 2 tanah air.

Dari yang awalnya menebak-nebak, hingga realisasinya begitu nyata. Dari analisa mindgenesis, bocoran spyshot sampai foto yang cukup jelas dari otomotifnet berikut juga tambahan dari tmcblog, hasilnya cukup memuaskan.

Analisa mind genesis yang menyebutkan bahwa gen baru produk yamaha kali ini di asumsikan bernama Jupiter Z1 memang benar adanya. Apa benar kebetulan? Saya pikir tidak. Pastinya sebagai penyandang intelegen otomotif roda 2, mind genesis memiliki telik sandi yang memiliki data akurat akan produk baru yamaha yang satu ini. Berikut juga pengaplikasian forged piston, namun tanpa diasil cylinder. Sebenarnya bukan tanpa, melainkan memakai semi diasyl cylinder.

DESAIN BARU, sudah barang pasti jaman sekarang bila tak memberikan produk yang sedap dipandang mata akan tersisihkan. Desain sangat penting karena dengan memilikinya konsumen akan memiliki kebanggaan tersendiri. Desain ciamik, futuristik nan sporty adalah barang pas yang ditujukan bagi generasi muda yang selalu ingin tampil fresh.

PART BARU, semenjak perubahan dari generasi Jupiter Z (‘Burung Hantu’)  ke New Jupiter Z banyak sekali perubahan yang dilakukan. Desain tampil begitu baru begitu juga basic mesinnya. Begitu pula perangkat pengereman bagian depan tak luput dari pergantian. Kaliper 2 piston di (Jupi Z) diganti single piston di NewJupiZ.

Bagaimana dengan Jupiter Z1? Desain body kembali dirubah. Dibuat lebih sporty seperti NJMX. Dan desain bagian depan 11-12 dengan Honda Blade. Mungkin karena ini adalah saningan utama Jupi Z series. Jupiter Z1 tampil dengan body yang terlihat bersusun atau ganda. Cakram depan (disc/piringan) juga mendapat desain baru meninggalkan desain lama yang sudah dipakai sejak lama.

Sektor mesin juga mendapat perubahan, walaupun sepintas tampak sama namun jangan salah. Dari semua sumber yang saya dapat, Jupiter Z1 memang memiliki mesin yang ‘lebih’ bertenaga dibandingkan sebelumnya. Bila memang demikian pastinya produk anyar ini tak melulu sebagai produk massal melainkan Yamaha sengaja menyiapkan motor ini untuk ajang kompetisi juga. Mirip dengan peluncuran Yamaha F1Z-R dahulu. So, kembali ke DNA awal seperti yang mind genesis kemukakan adalah benar.

Dari kesemua hal seluk-beluk Jupiter Z1 akhirnya terkuak. Namun ada kekurangan yang begitu mendasar. Apa itu?.. Dari sekian banyak foto Jupiter Z1 yang beredar saya lebih menyoroti tentang RDB (Rear Disc Brake/Cakram Belakang). Yamaha keukeuh dengan aplikasi pengereman jenis tromol dibagian belakang untuk Jupiter Z1 yang notabenenya sudah memiliki mesin baru, desain baru dan injeksi. Kenapa Yamaha Indonesia “SULIT” memberikan produk yang sesuai keinginan konsumen? Strategy pasar kah? Rasanya hal tersebut bukan jawaban yang tepat untuk kembali mengecewakan konsumen setianya. (fnc)

Sumber foto : otomotifnet, tmcblog

Gallery Jupiter Z1

Advertisements
11 Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan