Jelang Tes Pra-Musim MotoGP 2016… Yamaha M1 Rubah Desain Tangki Bahan Bakar Untuk Geometri Ideal

Yamaha M1 tes

Selamat sore guyys…. mendung gelap dan guyuran hujan masih belum berhenti nih di langit gerbang utara kabupaten malang. Kembali kita membahas persiapan tim yamaha factory racing motogp yang bersama semua tim lainnya terus menerus mencoba mencari pemecahan regulasi 2016. Mengapa demikian?

Karena terdapat banyak perubahan mendasar yang memaksa semua tim ‘sambat’. Tak hanya tim yang mengeluh namun terlebih lagi pembalapnya lah yang mendapatkan imbas dari perubahan besar-besaran kali ini. Untuk musim motogp 2016 mendatang beberapa hal yang perlu diketahui adalah perubahan ukuran velg dari sebelumnya menggunakan ring 16” namun diganti menjadi ring ukuran 17”.

Selain itu, ECU magneti marelli mendapatkan perubahan besar dimana beberapa pembalap terkenal malah menyatakan kurang sreg dengan perubahan tersebut. Alokasi bahan bakar juga dirubah, untuk semua tim pabrikan yang sebelumnya menggunakan alokasi sebanyak 20 liter, ditingkatkan menjadi 22 liter. Hal ini disebut-sebut sebagai dampak ECU baru yang membuat konsumsi bahan bakarnya lebih boros ketimbang musim 2015.

Tentu saja dari beberapa perubahan ini membuat semua tim menjadi sedikit lebih pusing mempersiapkan musim 2016 tak terkecuali yamaha misalnya. Perubahan ring 17 akan merubah ground clearance dari model sebelumnya yang menggunakan ring 16, tentu saja hal ini akan merubah handling. Begitu juga dengan penambahan kapasitas 22 liter bahan bakar… keseimbangan bobot akan berubah ketimbang musim lalu…. itulah mengapa Yamaha dikabarkan sampai merubah desain tangki ke bagian buritan Yamaha M1 untuk menjaga dengan distribusi berat tetap seimbang. Bisa jadi hal ini untuk menyempurnakan bobot dan geometeri Yamaha M1 itu sendiri…. apalagi karakter ban Michelin begitu berbeda. (~FN)

3 Comments

Kolom Komentar