Jelang GP Jerez 2016 Malam Nanti… Rossi Pole Position. Si Gaek Yang Semakin Produktif Perpanjang Rekor Sirkuit Jerez

image

Valentino Rossi pole position GP Jerez 2016. Setelah serangkaian latihan bebas dan kualifikasi yang melelahkan akhirnya Rossi memecahkan rekor baru nih brosis. GP Jerez 2016 bisa menjadi momen awal yang baik untuk konsisten menatap gelar juara dunia ke 10.

Di sesi kualifikasi GP Jerez kemarin, Rossi sukses mempecundangi raja jerez Jorge Lorenzo yang paling banyak mendapatkan pole di sirkuit yang FN kenal sebagai sirkuit yang sempit yang berkarakter lambat ini.

Meskipun para pembalap terlihat memacu motor dengan cepat tak bisa dipungkiri Jerez tidak mudah ditakhlukkan. Buktinya tak banyak pembalap baru bisa mencetak rekor yang sudah ditorehkan disini oleh pembalap terdahulu.

Nah diumur yang sudah menginjak 37 tahun ini, Rossi menambah catatan manis di sirkuit spanyol yang menjadi favoritnya ini. 5 pole, 6 juara seri menjadi rekor manis Rossi di sirkuit yang pernah membuat Stoner ndlosor akibat serudukan motor Ducati milik Rossi dulu.

image

Jerez merupakan sirkuit spanyol yang memiliki panjang 4,4 km. Memiliki 8 tikungan ke kanan dan 5 tikungan ke kiri. Secara record lap, Jorge Lorenzo masih memegang rekor sirkuit tercepat dengan torehan waktu 1’38.735.

Meskipun banyak karakter tikungan yang memaksa pembalap melambat, jerez masih menyediakan trek lurus yang bisa ditempuh beberapa pembalap hingga kecepatan maksimal mendekati 300kpj.

Ada yang berbeda di Jerez 2016 dari seorang Valentino Rossi. Ini menjadi awal kali dirinya akan memulai balapan di jerez dengan sayap aerodinamik alias winglet. Beberapa pembenahan juga sudah dilakukan yamaha dengan menambah sensor untuk kopling yang sempat membuat masalah di GP Austin lalu.

Perkiraan FN sendiri sih, dengan keputusan Lorenzo bergabung di Ducati akan memberikan keuntungan Rossi untuk mendapatkan support penuh dari yamaha, sebaliknya Lorenzo bisa jadi tak akan mencicipi pengembangan motor yamaha di seri2 mendatang karena akan menjadi calon rival yamaha sendiri nantinya. (~FN)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...