Investigasi Pecah Mesin Yamaha M1 Milik Rossi-Lorenzo ….. Yamaha Tuding ECU Magneti Marelli Kurang Canggih

Rossi-Lorenzo Mugello 2016

Pecah mesin Yamaha M1 di GP Mugello lalu tetap menjadi misteri, bahkan yamaha terkesan bungkam untuk membocorkan apa yang sebenarnya terjadi. Namun beberapa pihak yamaha di jepang sudah melakukan investigasi mengenani kejadian tersebut dengan dugaan sementara.

Yang paling di sorot memang pecahnya mesin yamaha M1 milik Valentino Rossi, padahal di sesi warm-up sebelumnya Yamaha M1 milik jorge lorenzo juga mendapatkan nasib yang sama. Ngebul asap putih….. sayang kejadian Rossi menjadi yang paling apes sepanjang GP Mugello italia berlangsung.

Mesin YZR-M1 pecah… ngebul asap putih…tidak bisa melanjutkan balapan dan kehilangan poin di kandang sendiri ibarat jatuh tertimpa tangga bagi Valentino Rossi dan tim nya yang sebagian besar berasal dari italia sendiri. Rasa malu tak bisa dibendung Rossi dan seolah memberikan bukti kekecewaannya….. Rossi peluntir gas maksimal hingga keluar asap putih itu untuk menunjukkan mesinnya bermasalah. Tentu saja Valentino Rossi yang mengejar gelar tahun ini kecewa sangat dengan motornya.

Fokus pada Yamaha yang memang perlu dipertanyakan durabilitas mesinnya. Ternyata yamaha dengan intens menginvestigasi apa yang menjadi penyebab sebenarnya.

rossi_gpitalia_2016_2

OPINI PERTAMA

Beberapa beranggapan pecahnya mesin Yamaha M1 milik rossi akibat dari sering kalinya Rossi melakukan slipstream dibelakang Lorenzo. Logika nya nih… pendinginan Yamaha M1 menjadi tidak maksimal karena kurangnya suplai udara bersih akibat nguntit di belakang Lorenzo. Alih-alih mendapatkan udara bersih malah terkena gas buang yamaha m1 milik lorenzo yang kotor dan tentunya bersuhu panas.

Itulah mengapa kurangnya udara bersih menjadi faktor penghambat pendingianan maksimal motor Rossi. Ini sih masih versi yamaha jepang brosis…. namun FN sedikit menyangsikan opini tersebut karena tidak melulu Rossi melakukan slipstream sepanjang balapan sehingga banyak momen dimana Yamaha M1 milik Rossi tetap mendapatkan pasokan udara bersih yang cukup… beda lagi kalau ada masalah teknis pada pendinginan yamaha M1 sendiri.

OPINI KEDUA

Pendapat kedua dari hasil investigasi mogoknya Yamaha M1 adalah berasal dari tim yamaha factory sendiri. Rusaknya mesin Yamaha M1 milik kedua pembalap Rossi (lap ke 9) dan Lorenzo (warm-up) adalah karakter trek lurus sirkuit Mugello yang naik turun.

Saat ban melibas jalanan naik turun diduga ada kesempatan dimana roda belakang Yamaha M1 sedikit terangkat saat pembalap tetap peluntir gas. Alhasil roda belakang berputar lebih cepat hingga 380 kpj karena melibas jalanan bergelombang dari trek lurus mugello tersebut.

Masalah ini memang cenderung lebih rumit dari yang diperkirakan. Yamaha secara samar menuding piranti elektronik Magneti Marelli yang kurang canggih dalam hal ini. Akibat kurang canggihnya pemrograman softwarenya membuat pembacaan perangkat tersebut menjadi tidak tepat sehingga kemungkinan besar menurut tim yamaha ada pengaruh besar dari pengapian cut off yang diterapkan oleh pihak yamaha pada Yamaha M1 milik kedua pembalap.

warm up yamaha m1 lorenzo berasap

Namun pihak yamaha sendiri tidak berani terang-terangan menyalahkan ECU hasil dari regulasi penyelenggara tersebut. Namun terus menyelidiki lebih dalam apa yang menjadi penyebab utama dari masalah yang dialami 2 pembalap nya tersebut di seri balap yang sama. (~FN)

==============
Contact Person :

Email : fncounter.blog@gmail.com
FB : www.facebook.com/fncounter
Invite BBM : 794C91C4
Twitter : @fncounter_blog
===============

Kolom Komentar