Injeksi Honda Lebih Murah – Fungsi BAS dhilangkan

Motor injeksi terbaru milik honda yaitu Supra X PGM-FI Helm in dan Spacy Injeksi memang lebih murah. Sekarang semua orang mengetahuinya. Bayangkan, untuk versi injeksi dibanderol dengan harga 250 ribu lebih mahal dari versi karbu.

Melalui artikel beberapa waktu lalu, memang dijelaskan bagian penting yang membuat injeksi Honda menjadi lebih murah dari injeksi yang sebelumnya. Yup, beberapa bagian yang dirasa kurang perlu memang dihilangkan pada inti sistem injeksi tersebut. Namun, ternyata ada lagi part yang dihilangkan untuk menekan biaya injeksi tersebut.

BAS (Bank Angle Sensor), part yang satu ini bisa juga dibilang penting karena bertugas menyensor posisi motor ketika terjadi kecelakaan. Jika motor terjatuh maka secara otomatis memutuskan kerja sistem injeksi PGM-FI. Bagian ini mirip dengan yang dimiliki vixion namun hanya berbeda istilah, pada injeksi yamaha lebih dikenal dengan sebutan Lean Angle Sensor, tugasnya pun sama yaitu sebagai sensor posisi kemiringan motor kita. Bila motor dalam keadaan miring pada derajat yang ditentukan masing2 ECU motor, maka motor diasumsikan terjatuh.

Namun pada sistem injeksi PGM-FI versi 4 ini, fungsi tersebut digantikan oleh balancer setang kemudi. Mengganti dengan balancer memang ada keuntungannya juga, bila disaat kita memperbaiki motor dengan memiringkan motor kita. Apabila motor dilengkapi BAS / LAS, maka motor bakal mati total. Bila tidak tahu cara mereset nya bisa susah mzbro……

Namun, internal AHM menjelaskan bahwa fungsi BAS bisa digantikan oleh balancer. Kita asumsikan bila motor dalam keadaan jatuh, maka balancer berfungsi membuat mesin tetap dalam keadaan langsam karena benturan tak langsung diterima oleh handle gas. Nah, sudah tergantikan bukan fungsi dari BAS. (fnc)

Kolom Komentar