Honda-Yamaha Tersangkut Dugaan Kartel Perdagangan Produk !! Aneh, Kenapa baru di usut saat market sharenya mencapai 73% ??

Honda VS Yamaha

Pembaca sekalian, sebagai atpm besar di indonesia sekaligus mencetak rekor dunia dalam hal penjualan produk baik Honda dan Yamaha. Oleh karena itu, banyaknya pihak yang menduga adanya persaingan tidak sehat yang terlihat didominasi kedua pabrikan. KPPU pun menduga adanya kartel perdagangan dari keduanya. Benarkah?

Bisa jadi hal ini salah ataupun benar, namun perlu menunggu investigasi yang dilakukan. Menurut KPPU, beberapa temu telah diketahui diantaranya :

  • Produksi Sepeda Motor Bebek dan Skutik Rp. 7.500.000
  • Margin Wajar 15% – 20%
  • Harga Jual Motor ke Konsumen Rp. 15.000.000

Sedangkan penetapan harga motor dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :

  • Ditetapkan oleh produsen
  • Bergantung pada efisiensi dan komponen yang digunakan

Distribusi Honda dan Yamaha, didukung oleh semua jaringan dealernya dimana terhitung sebagai berikut :

  • Honda (AHM) didukung 1.800 showroom, 3.600 Bengkel Resmi dan 7.550 gerai suku cadang
  • Yamaha memiliki 4.300 dealer

Kondisi Saat ini, meskipun terbilang mengalami penurunan penjualan, terbukti keduanya tetap memiliki keuntungan. AHM yang saat ini meraih rekor penjualan terbanyak motor honda di seluruh dunia, memegang pangsa pasar motor hingga 73%.

Akankah memang ada praktek seperti itu? Fnc tidak tahu pasti akan hal tersebut. Namun jika melihat dari pembelian unit Jupiter MX yang fnc miliki, terdapat sedikit pertanyaan yang mengganjal fnc akan penetapan harga jupiter mx oleh yamaha saat itu. Harga dasar jupiter mx sejatinya hanya Rp. 8.000.000,- , namun entah karena pengaruh pajak dijual di indonesia seharga Rp. 15.125.000 saat itu, padahal di tahun 2007 silam semua suku cadang jupiter mx sudah tidak berstatus CBU alias sudah diproduksi didalam negeri.

Namun, tak menutup kemungkinan dugaan tersebut bisa jadi salah jika menilik dari perubahan harga bahan pembuatan dan lain sebagainya. (fnc)

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...