Honda Siapkan Revisi Aerodinamika RCV 2014 ??

RCV upgrade

Pembaca sekalian, untuk meracik motor juara di dunia balap bukanlah perkara mudah. Tak selalu bermodalkan mesin ciamik saja namun banyak parameter yang diperlukan guna menyempurnakan racikan tersebut. Apalagi jika berbicara tentang balap kelas dunia macam motogp.

Selain mesin dan sistem pengereman, chasis yang juga berhubungan erat dengan body/ fairing turut memberikan andil besar akan kualitas motor yang bersangkutan. Memiliki mesin jos, namun tidak memiliki sasis dan fairing yang sesuai, bisa dilihat contohnya dari tim merah ducati.

Nah, Honda yang sukses menjadi Juara Dunia musim 2013 di ajang MotoGP rupanya turut melakukan perbaikan pada motor-motor para pembalapnya. Selain menggunakan ECU sesuai dengan kebijakan penyelenggara motogp, Honda terlihat mencoba meningkatkan sistem aeordinamis RCV versi 2014.

Hal ini terbukti dari desain aliran udara di fairing depan motor yang terlihat lebih diperlebar dan dibuat satu lubang besar tanpa sekat yang diaplikasikan pada motor Marquez di tes pra musim valencia lalu. Model saluran udara pada fairing baru tunggangan marquez ini entah kebetulan atau tidak, serupa dengan yang diaplikasikan pada Honda NSR 500 milik Rossi pada saat awal kali memperkuat Honda di kelas 500cc 2-tak.

Kegagalan duo honda mengungguli lorenzo yang menggunakan yamaha M1 pada final battle GP Valencia menunjukkan bahwa Honda masih memiliki kekurangan. Bukan tidak mungkin, meningkatkan sistem aeordinamis dengan mengubah bentuk fairing motornya akan meningkatkan kestabilan RCV kala berada ditikungan sekaligus meningkatkan kecepatannya. (fnc)

___________

Berita Terkait :

6 Comments

Kolom Komentar