Honda Revo X & Revo Fit Tampil Baru di Tahun 2022

YAMAAF

Motomaxone.com – Sobat biker sekalian, AHM baru-baru ini meluncurkan salah satu motor sejuta umatnya disegmen cub (motor bebek). Honda Revo FI model 2022 kali ini mendapatkan penyegaran yang bagi penulis biasa saja.

Penyegaran yang dilakukan AHM pada Revo 110 FI 2022 ini adalah pada desain striping yang dibuat baru untuk mengesankan produk yang lebih segar secara penampilan.

Honda Revo, mendengar namanya motor ini memang diproyeksikan menggantikan generasi Supra 100cc disegmen motor bebek murah. Revo sendiri sudah diluncurkan sejak 15 tahun silam, tepatnya tahun 2007.

Meskipun disebut sebagai motor bebek murah, namun secara desain motor ini cukup kekinian. Menampilkan desain fisik yang terlihat menarik. Bahkan memiliki kesan sporty untuk varian Honda Revo X. Revo series ini sendiri dihadirkan AHM dengan dua model tipe yaitu Revo X dan Revo Fit yang merupakan versi paling murah dari keluarga Revo Series.

Memang secara fitur tidak ada yang terlalu spesial dari motor bebek murah ini. Sistem pencahayaan masih mengusung model lampu bohlam didepan, belakang dan sein.Plaform mesinnya masih mengusung dapur pacu berkapasitas 110cc dengan sistem pengabut Injeksi PGM-FI. Sedangkan untuk sistem pendinginnya menggunakan tipe berpendingin udara.

So, pantas kalau motor ini menjadi jagoan bila berkaitan dengan irit. Ringan secara perawatan dan bandel dalam hal ketahanan mesinnya.

AHM sendiri mengklaim, Revo FI ini mampu mencapai tingkat efisiensi bahan bakar sejauh 59,8 km hanya dengan 1 liter bahan bakar tapi dengan metode pengukuran EURO 3, ECE R40.

Fitur lain yang tak mengesankan namun patut dipertimbangkan adalah pengereman depan yang sudah mengusung model cakram. Sistem kunci kontaknya juga sudah pakai Auto Secure Key Shutter untuk tipe Revo X (harusnya all varian Revo). Tangki bensin berkapasitas 4 liter yang tidak memiliki penambahan sedari jaman Supra 100 hingga bagasi mungil 7 liter, muat untuk diisi jas hujan plus kanebo. Diniagakan perdana di Jakarta, Revo X dibanderol 16,9 jutaan, sedangkan Revo Fit dibanderol lebih murah 15,2 jutaan.

Disela serbuan motor matic semacam BeAT, tentu masih banyak yang masih lebih percaya kehandalan Revo untuk kendaraan angkutan barang misalnya dan kebutuhan didaerah dengan kontur jalan pegunungan yang naik turun. (F4)

REVO X :

REVO FIT :

Spesifikasi :

Mesin  
Tipe Mesin SOHC, 4 Langkah, SOHC, Silinder Tunggal
Kapasitas Mesin 109,17 cm3
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi/PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah 50 x 55,6 mm
Tipe Tranmisi 4 Kecepatan
Rasio Kompresi 9,3:1
Daya Maksimum 6,56kW (8,91 PS) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum 8,76 Nm (0,86 kgf.m) / 6.000 rpm
Tipe Starter Starter Kaki & Starter Elektrik
Tipe Kopling Multiplate Wet Clutch with Diaphrgam Spring
Sistem Pendingin Mesin Pendingin Udara
Pola Perpindahan Gigi N-1-2-3-4-N
Rangka & Kaki  
Tipe Rangka Tulang Punggung
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Suspensi Ganda
Ukuran Ban Depan 70/90 – 17 M/C 38
Ukuran Ban Belakang 80/90 – 17 M/C 44P
Rem Depan Cakram Hidrolik dengan piston tunggal
Rem Belakang Tromol
Dimensi & Berat  
Panjang X Lebar X Tinggi 1.919 x 709 x 1.080 mm
Jarak Sumbu Roda 1.227 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 135 mm
Curb Weight 97,5 kg
Kapasitas  
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4 Liter
Kapasitas Minyak Pelumas 0,8 Liter pada penggantian periodik
Kelistrikan  
Tipe Baterai Atau Aki MF Battery 12V – 3Ah
Sistem Pengapian Full Transisterized
Tipe Busi NGK CPR6EA-9S atau ND U20EPR9S

Kolom Komentar