Honda Genio, Skuter Retro Fashionable Yang Mulai Tenar Menggantikan Scoopy

Motomaxone.com – Jangan meremehkan Honda motor. Apalagi disegmen skuter matik mereka yang sedang naik daun dibanyak model. Mungkin itu yang bisa penulis gambarnya tentang Honda Genio 110. Kabarnya produksi skuter matik scoopy versi murah ini mengalami peningkatan.

Keputusan AHM memilih Genio untuk bersaing di pasar skuter matik indonesia rupanya membuahkan hasil yang memuaskan. Parameter keberhasilannya bisa dilihat dijalanan. Kapasitasnya sudah mulai menjamur.

Dominasi Honda Beat di pasar skutik low end rupanya tidak membuat AHM terlena. Buktinya mereka menggarap pasar baru sebagai pesaing dari Beat. Ya, dominasi Beat sudah diluar kewajaran. Terlalu laris tentu kurang baik untuk persaingan. Mungkin itu yang dimanfaatkan Honda untuk memberikan pilihan bagi konsumennya.

Di segmen skutik bertampang sporty, Honda sudah cukup banyak memilikinya. Sebut saja Vario series sebagai produk mid-end nya. Sedangkan dikelas low-end Honda Beat pilihannya. Sehingga dikelas bawah tersebut nyaris tak ada pilihan.

Sebelumnya memang ada Beat Pop, namun rupanya tidak menarik untuk konsumen. Sama-sama pilihannya Beat, namun model Beat Sporty lebih berpenampilan “sporty”.

Disisi lain, Honda Scoopy menjadi pilihan dikelas mid-end bagi yang berminat dengan penampilan retronya. Nah celah kekosongan dikelas retro low-end inilah yang dimanfaatkan Honda dengan menghadirkan Genio.

Itu mengapa saat ini Honda begitu getolnya mengiklankan Genio.  Vario series dan Scoopy, orang sudah paham dengan produk tersebut. Namun untuk Genio ? masyarakat belum terlalu “ngeh” dengan motor yang akan mendampingi Beat bermain dikelas low-end skuter matik tersebut.

Disisi lain pula. Sebagai produk baru, Honda seolah menjadikan Genio sebagai tester untuk pasar dengan banyak hal baru didalamnya. Sebut saja konsep rangka baru yang berbeda dari Beat, berteknologi eSAF, menggunakan model press baja. Headlamp LED memang sedikit dipaksakan sebagai standar baru skuter matik kelas low-end. Sehingga besar kemungkinan Beat baru nanti pun akan mengusung lampu depan LED.

Penampilan retro dengan dimensi yang lebih slim ketimbang Scoopy rupanya memberikan warna baru untuk konsumen yang suka  model retro namun hanya mmapu menjangkau Beat. Maka, kondisi itu saat ini sudah bisa diakomodir dengan hadirnya Honda Genio yang sepertinya akan menjadi tren baru untuk generasi muda yang tentu masih dibelikan orang tuanya.

Meskipun diklaim Honda Genio memiliki dimensi ramping, lebih lincah dengan rangka yang ringan namun kuat. Rupanya faktor performa, kenyamanan berkendara, hingga konsumsi bahan bakar yang efisien masih jadi prioritas AHM untuk produk barunya ini yang mengusung mesin eSP 110cc.

Diam-diam, rupanya usaha Honda memasarkan Genio rupanya membuahkan hasil yang efektif.  Buktinya terindikasi adanya peningkatan produksi yang terjadi. Genio yang sebelumnya diproduksi Plant 3 Honda di Cikarang Bekasi, namun saat ini terdapat penambahan produksi di Plant 4 Karawang Jabar. Mungkinkah ini berarti, Beat versi baru akan segera hadir ? (red)

Kolom Komentar