Honda CRF1100L Africa Twin 2021 Varian STD Punya Tiga Warna Baru

Motomaxone.com – Honda memperbarui motor dual sportnya yaitu Honda CRF1100L Africa Twin untuk model tahun 2021.  Tampilan barunya mengusung tiga warna baru. Tapi hanya untuk varian standar. Sedangkan untuk spesifikasi teknis dan juga penampilan fisik tak memiliki perubahan. Begitu juga dengan sektor mesin sampai dengan fiturnya yang masih sama.

Penyegaran untuk Africa Twin kali ini berlaku global. 3 varian warna itu antara lain Pearl Glare White Tricolor, Grand Prix Red­ dan  Matte Ballistic Black. Tiga warna yang sejatinya sudah tersedia untuk tipe tertinggi dari CRF1100L ini.

Sebuah alasan logis dari pabrikan yang akhirnya kemudian menyediakan warna lain ini untuk varian standar. Usut punya usut, penambahan varian warna baru pada tipe standar ini dikarenakan kebanyakan konsumen tipe Adventure Sport yang merupakan varian tertinggi ternyata malah memilih warna tricolor sehingga warna lain ini pun dialihkan pula untuk opsi model standar.

Honda CRF1100L Africa Twin sendiri mengusung mesin 1.084 cc. Upgrade mesin yang lebih besar ketimbang model lamanya yang hanya 998 cc. Untuk beberapa kebutuhan, performa ditingkatkan. Langkahnya dibuat lebih panjang 5mm sehingga volume ruang bakar terdongkrak 86 cc. Dan ternyata tak hanya sampai disitu. Throtlle body hingga sistem injektor disesuaikan. Ditingkatkan lebih besar untuk mendapatkan performa yang lebih maksimal.

Alhasil jadilah power maksimum motor ini mencapai 101 hp @7.500 RPM dan torsi 105 Nm @6.500 RPM.

Secara penampilan, konsep Reli Dakar masih diusung oleh CRF Africa Twin ini. Headlamp yang sudah mengadopsi teknologi LED berikut juga hadirnya lampu DRL. Namun ada juga fitur lain seperti cornering light yang merupakan lampu penerangan tambahan. Membantu visibilitas pengendara di jalanan sesuai dengan kemiringan motor. Cukup keren kedengarannya pembaca sekalian.

Pada bagian dashbornya berasa lebih canggih dibanding model sebelumnya. Hal ini tak lepas dari penggunaan panel instrumen TFT berukuran 6,5 inci. Bentangan layarnya pun telah menerapkan teknologi touchscreen yang menawan. Sama seperti yang disematkan di Gold Wing baru. Dibekali Bluetooth Smartphone/Audio Connectivity. Teknologi ini dipadukan dengan fitur mirroring, Apple CarPlay. Sedangkan spidometer dan indikator lain dibuat terpisah di bawahnya. Tampilannya pun sederhana dan berukuran kecil.

Untuk paket elektroniknya, ia hadir dengan 6 sensor Inertial Measurement Unit (IMU) yang terkoneksi dengan ECU dan ABS. Berfungsi untuk memberikan kenyaman dan keamanan bagi pengendara. Meliputi deteksi ABS ketika menikung (mencegah rem mengunci saat menikung), DCT cornering detection, mencegah ban belakang terangkat karena pengereman yang berlebih, dan wheelie control untuk mencegah ban depan terangkat akibat hentakan tenaga yang berlebih.

Motor dual sport tipe tourer ini juga dilengkapi pengaplikasian 4 riding mode. Bisa disesuaikan dengan medan jalan yang dihadapi, ada tour, urban, gravel dan off-road. Setiap modenya memberikan tenaga dan daya pengereman yang tergantung pada situasi dan tingkat agresivitas. Ditambah 2 mode yang dapat di kustom. Jadi, pengendara bisa menyesuaikan kemampuan motornya sendiri sesuai kebutuhan. Tambahannya ada fitur Emergency Stop Signals, power socket 12 volt dan fitur penghangat grip. Pengendaranya benar-benar dimanjakan dengan dukungan fiturnya yang berkualitas.

Sistem sasis alias rangkanya dirancang ulang. Alhasil mengalami penurunan bobot sekitar 1,8 kg. Subframe juga didesain dengan model bolt-on. Dibuat dengan material aluminium. Tangki bahan bakar lebih besar dibanding model sebelumnya. Generasi terbaru berkapasitas 24,2 liter. Membuat pengendaranya tidak perlu khawatir isi bensin berulang kali saat dibawa jarak jauh.

Untuk kaki-kaki dibekali dengan suspensi Electronically Equipped Ride Adjustment (EERA) keluaran Showa. Fungsinya dapat mengatur tingkat redaman suspensi saat berjalan. Terdapat 5 setelan EERA, yakni Hard, Mid, Soft, Off-Road, dan User. Ketinggian windhield dan joknya pun dapat diubah sesuai dengan keinginan pengendara. Di indonesia sendiri, AHM sudah memasarkan motor ini. Honda CRF1100L Africa Twin varian Adventure Sports diniagakan dengan harga Rp 652,9 juta rupiah (tipe manual) dan Rp 692,9 juta untuk tipe DCT. Harga berlaku OTR Jakarta. (red)

Kolom Komentar