Honda CRF Day East Java Xpedition 2019… Trabas Bareng Para Pengguna Honda CRF150L di Jawa Timur

Motomaxone.com – Sobat biker sekalian, akhir pekan kemarin penulis mendapatkan undangan dari MPM Honda Jawa Timur yang sedang menyelenggarakan acara bertajuk Honda CRF Day East Java Xpedition. Ini menjadi pengalaman pertama kalinya buat penulis untuk mencicipi event Trabas..

Sehubungan dengan pusat gelaran acara yang hanya berjarak 3,7 kilometer dari kediaman penulis maka penulis pun memantabkan hadir. Acara Honda CRF Day East Java Xpedition ini dapat dikatakan sebagai bentuk komitmen Honda untuk memfasilitasi para penggemar Off Road.

Jika biasanya banyak event trabas berusaha menjaring peserta dengan multi merk, maka untuk event Honda CRF Day East Java Xpedition ini memang di spesifikkan untuk para penggemar trabas pemilik Honda CRF150L. Selain untuk memperkuat image brand dikalangan penggemar trabas.. tentunya event semacam ini bertujuan untuk sarana silaturahmi antar pengguna Honda CRF150L yang memiliki hobi yang sama.

Penulis sendiri datang ke titik kumpul yang berada di Kampoeng Tentara Songsong Singosari (depan area Kostrad Singosari) menggunakan jasa gojek hehehe… maklum tidak menggunakan motor karena saran panitia penyelenggara dalam hal ini adalah MPM Distributor Honda Jawa Timur. Hadir kesana dengan perlengkapan seadanya untuk kebutuhan pribadi selama 2 hari semalam.. tiba di Kampoeng Tentara langsung berinisiatif mengambil gambar untuk kebutuhan dokumentasi.

Beragam fasilitas yang bisa didapatkan diacara ini… dimana sebelum perjalanan para peserta bisa melakukan check up motornya di bengkel yang sudah disiapkan oleh MPM Honda Jatim.

Ternyata… di event Honda CRF Day East Java Xpedition ini MPM Honda Jatim turut mengundang AHM selaku ATPM resmi merk motor Honda di indonesia. Bisa dibilang ini merupakan event nasional dikegiatan Astra Honda Motor nih.

Penulis bersama 3 blogger lainnya dan juga media online nasional sudah disiapkan unit Honda CRF150L untuk di explore ketangguhannya.

Sebelum bergabung mengikuti acara, penulis bersama blogger lain yang akan meliput acara bersiap dengan menggunakan jersey’ seragam’ yang sudah disiapkan oleh panitia. Berikut melengkapi diri dengan perlengkapan safety gear macam sepatu boot, protector siku.. kaki dan dada yang terlengkapi pula oleh sarung tangan dan helm off road.. sayang penulis nggak puny googles jadinya sepanjang acara sering kelilipan mata ini :mrgreen:

Start dari Kampoeng Tentara kemudian keluar jalan raya dan memasuki wilayah tumapel singosari dan berlanjut terus kebarat… trek off road  jalur trabas pun penulis jumpai yaitu mulai dari area perhutani. Baru kali ini trabas beneran sobat biker sekalian….

Berbagai karakter jalur trabas yang bervariatif antara bebatuan dan tanah penulis nikmati dengan melibasnya bersama Honda CRF150L. Suspensi depan upside down memang terbukti kenyal melibas jalur trabas yang keriting itu… baik suspensi depan maupun belakang benar-benar bekerja dengan baik di jalur trabas kemarin.

Honda CRF150L yang penulis tunggangi sudah dimodifikasi dengan knalpot freeflow jadinya begitu terasa nampol akselerasinya ketimbang menggunakan knalpot standart yang terasa tertahan power dan torsinya. Melibas total 67,3 kilometer perjalanan trabas.. penulis mendapatkan kemudahan menghitung jarak perjalanan berkat kehadiran fitur digital odometer yang memiliki opsi menghitung jarak melalui pilihan Trip A dan Trip B.

Alhamdulillah tak ada adegan terjatuh kemarin… namun beberapa kali terpeleset karena jalanan tanahnya yang begitu lembek sehingga beberapa kali juga roda belakang harus memaksa spinning sehingga sedikit hilang keseimbangan.

Seruuu… itu yang penulis rasakan dari event trabas Honda CRF Day East Java Xpedition bersama MPM Honda Jatim dan AHM kemarin. Sempat berhenti di sejenak di rest point kawasan junrejo untuk makan siang… odometer Trip B sudah menunjukkan angka 38,8 kilometer saat itu. Semua rombongan trabas pun melanjutkan perjalanan dengan jalur trabas yang semakin menantang hingga berakhir di kawasan wisata Coban Talun, Bumiaji, Batu.

Disini (Coban Talun) kami semua rombongan trabas Honda CRF Day East Java Xpedition bermalam dengan konsep tenda-tenda yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara. Makan malam dan sarapan pagi juga sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata coba talun dari camp-camp yang ada.

Lelahnya tubuh yang harus melibas 60 kilometer jalur trabas dari Kampoeng Tentara Singosari hingga Coban Talun Batu terpuaskan dengan beristirahat total dimalam harinya. MPM Honda pun masih menyuguhkan panggung hiburan dimalam itu (27/04).. namun penulis hanya cukup meliputnya saja dan kemudian melanjutkan beristirahat.

Cukup sehari saja penulis bersama blogger-blogger lain dan media mengikuti event trabas Honda CRF Day East Java Xpedition selanjutnya dihari kedua (28/04) blogger dan media melanjutkan untuk melakukan liputan event Hari Kartini. Sedangkan untuk peserta event trabas Honda CRF Day East Java Xpedition masih masih melanjutkan trabas dihari kedua tersebut. Sebanyak 5 check point yang wajib dilalui oleh peserta trabas… jika sudah memenuhi syarat tersebut hingga kembali lagi ke Kampoeng Tentara maka peserta berhak mendapatkan undian dimana hadiahnya adalah 1 unit Honda Beat. Hmm keren kan acaranya…

FOTO FOTO :

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...