Honda CG125 i-FI, Motor Jadul Yang Sudah Injeksi Besutan Honda. Menarik Bila Masuk Indonesia Nih !

 

Motomaxone.com – Pasar motor beraliran klasik mulai menggeliat. Itu mengapa beberapa pabrikan memproduksi motor berkonsep klasik. Dimana model futuristik sudah dianggap biasa karena populasi yang kian banyak. Uniknya, Honda akhirnya kembali memproduksi motor legendaris yang sempat populer di era tahun 1970-an.

Honda CG125 i-FI, Motor Jadul Yang Sudah Injeksi Besutan Honda. Menarik Bila Masuk Indonesia Nih !

Honda CG125 namanya. Dari desainnya, teringat motor orang tua kita dimasa lalu. Seperti GL series dan sejenisnya. Bahkan secara fisik motor ini tak ubahnya dengan motor produk masa lalunya.

Adalah Vietnam yang merilis motor ber-penampilan klasik ini. Dipasarkan dijaman modern seperti sekarang ini tentu saja banderol harganya juga menyesuaikan. Konsumen cukup menebusnya dengan harga yang bila dikonversikan ke rupiah mencapai 24,6 jutaan.

Namun secara produksi, ternyata Vietnam tidak membuatnya. Namun produksi dari Tiongkok. Sehingga Vietnam hanya mengimpornya secara utuh (Build Up). Berbeda dengan pasar indonesia yang begitu interest dengan produk berdesain sporty, modern dan futuristik. Di Tiongkok, motor semacam Honda CG125 ini masih begitu larisnya.

Motor seperti ini masih dianggap layak terutama untuk kebutuhan berniaga. Ibarat sebuah kendaraan tempur yang siap bekerja keras.

Konsumen indonesia lebih mengenal generasi Honda CB. Sama halnya Honda CG, yang secara pangsa pasar dijual pada generasi yang sama.

Diproduksi sebagai produk masa kini tak lantas disamakan detailnya dengan masa lalu. Tetap diberikan sentuhan modern pada Honda CG125 ini. Seperti, sudah hadirnya sistem injeksi untuk sistem pengkabutan bahan bakar. Namun secara spesifikasi teknis masih sama dengan jaman dulu.

Honda CG125 baru ini masih mengusung mesin satu silinder 125cc. Sistem pendinginnya memanfaatkan udara. Powernya cukup 11,1 hp @8.500 rpm dan Torsinya 10,5 Nm @7.500 rpm dengan kompresi 9,0:1.

Sistem pengereman masih mempertahankan model tromol yang saat ini sudah mulai punah dipasar motor indonesia. Selebihnya dari semua detail fisik, sama persis dengan model jaman dahulu.

Termasuk dashboard speedometernya. Melihatnya langsung teringat Honda GL series. Modelnya masih kotak seperti itu namun diberikan embos i-FI untuk memudahkan indentifikasi bahwa motor ini sudah mengusung sistem Injeksi.

Konsumen jaman sekarang sudah terlalu malas untuk memikirkan modifikasi. Itu mengapa, kebutuhan modifikasi tersebut diakomodir oleh pabrikan untuk memberikan pilihan sesuai selera konsumen. Model Cafe Racer… Brat Style atau bahkan Scrambler. Semua pabrikan kebanyakan sudah memberikan opsi seperti itu saat memasarkan motor beraura klasik seperti Honda CG125.

Di indonesia, sudah ada Kawasaki dan Yamaha yang bermain disegmen klasik disegmen motor 100-200 cc. Alangkah menarik bila AHM sendiri yang mengemasnya untuk di re-produksi kembali. Menjadi opsi menarik sebagai pendamping CB Verza meski nantinya perlu disesuaikan menggendong mesin 150cc pula untuk menghemat biaya produksi. (red)

One Comment

Kolom Komentar