Honda CBR600RR 2020 Tampil Baru dan Lebih Modern

Motomaxone.com – Akhirnya… Honda CBR600RR terbaru resmi hadir. Informasi yang penulis dapatkan, motor supersport buatan Honda ini akan secara resmi dirilis pada 21 Agustus 2020 mendatang. Langsung diluncurkan dari negara asalnya, Jepang.

Honda CBR600RR 2020 Tampil Baru dan Lebih Modern

Peluncuran resmi CBR600RR ini sendiripun sepertinya belum akan banyak dinikmati secara langsung oleh insan otomotfif dunia. Mengingat masa pandemi yang belum berakhir.

Dalam teaser video yang sudah disebarkan oleh Honda, desain CBR600RR terlihat mirip dengan platform desain Honda CBR1000RR Fireblade. Namun sistem rangka masih akan mempertahankan platform model lawasnya. Begitu juga ciri khas knalpot tunggal yang disematkan dibagian bawah jok.

Platform mesin kemungkinan besar akan tetap mengusung mesin berkapasitas 599cc 4 silinder parallel. Namun yang menarik, kita akan disuguhkan performa CBR600RR yang meningkat dari versi sebelumnya.

Tampilan sepenuhnya diusahakan baru. Mulai dari model headlamp yang terlihat berkesan lebih sipit dari model sebelumnya. By the way… headlamp nya sudah LED lho. Begitu juga teknologi air ram dan cover box filter.

Desain fairing memang tak meningkat signifikan. Namun terlihat, CBR600RR ini juga latah memberikan winglet sebagai tambahan komponen yang begitu terlihat mirip Kawasaki H2.

Konsol instrumen digital pada speedometer berlatar cahaya putih, multiple mode berkendara hingga redline yang tembus 15.000 RPM memberikan revisi performa dimana power maksimumnya dikabarkan mencapai 118 hp @13.500rpm torsi 44 Nm @11.250rpm. Performa itu diklaim Honda memberikan kemampuan CBR600RR ini mampu melesat hingga 250 km/jam.

Hal baru lain yang bisa ditemui pada Honda CBR600RR ini adalah mengusung mesin Euro 5. Terlihat Honda sedikit terlambat dalam hal ini mengingat pabrikan kompetitor malah sudah mengadopsi teknologi Euro 5 sejak 2016 lalu. Yang pasti, pembaruan peranglkat elektronik, IMU (inertial measurement unit), traction control lean-sensitif­, ABS Cornering, Anti Wheelie, ride by wire (persis dengan teknologi CBR250RR), mode daya, quick-shifter hingga autoblipper akan memanjakan konsumen untuk lebih menikmati berkendara diatas Honda CBR600RR 2020. (red)

Kolom Komentar