Honda Bakal Hadir Dengan 4 Motor Baru Akhir Tahun Ini

Honda CRF 250 L

Motomaxone.com – Wabah pandemi ini masih belum berakhir. Namun kegiatan perekonomian tak bisa terus menerus tiarap. Demikian yang dialami semua pabrikan otomotif, tak terkecuali Honda. Hingga mereka berencana untuk memperkenalkan setidaknya 4 produknya tahun depan.

Honda Bakal Hadir Dengan 4 Motor Baru Akhir Tahun Ini

Rencana hadirnya empat produk baru tersebut sayangnya bukan di indonesia melainkan di Thailand. Empat motor baru itu kabarnya akan hadir tahun ini dimana hanya menyisakan waktu lima bulan.

Negeri gajah putih itu sudah meluncurkan empat motor baru selama tahun 2020 ini hingga Juli kemarin. Sebut saja Honda Rebel 300, Honda MSX125-SF, Honda CT125 dan Honda Forza 350 yang beberapa waktu lalu diluncurkan.

Indikasi hadirnya Honda CBR300 cukup kuat sebagai salah satu produk andalan disegmen motor sport fairing berkapasitas mesin tanggung. Kabarnya berbeda segmen dengan Honda CBR250RR yang mengusung mesin 2-silinder.

Honda CBR300 nantinya akan hadir dengan mesin silinder tunggal berkapasitas 286cc. Dari pengamatan penulis, platform mesinnya sama dengan Honda CB300 Neo Sport namun sepertinya akan ada revisi performa sebagai bentuk dari pembaharuan.

Meski masih mengusung mesin satu silinder seperti CBR250R yang dulu dipasarkan di indonesia, Honda Thailand rupanya cukup royal dengan menghadirkan fitur assist & slipper clutch yang berfungsi memudahkan proses pemindahan gigi transmisi agar lebih terasa halus. Salah satu yang akan diperbarui lagi adalah mengikuti regulasi thailand yang sudah mulai mengharuskan lolos uji emisi Euro 5. Penulis sendiri tak berharap motor ini hadir di indonesia, mengingat secara daya jual mesin 250cc satu silinder kurang prestis dijual disini.

Scoopy Baru juga kabarnya bakalan hadir. Tentu bukan hanya untuk pasar Thailand. Motor ini juga kabarnya akan hadir untuk pasar indonesia, mengingat motor ini merupakan salah satu andalan honda di segmen skuter matik dibawah 150cc.

Yang paling memungkinkan hadirnya hal baru pada Scoopy ini adalah hadirnya rangka eSAF. Rangka baru yang sudah diaplikasikan pada Honda Genio dan All New Honda BeAT. Mesin 110cc rasanya tak akan berubah. Mengingat filosofi efisiensi bahan bakar dan performa yang digaungkan oleh Honda, memasang dirasa tak perlu mengubah sektor kapasitas mesin. Revisi performa nanti bisa dimanipulasi dengan cara lain seperti desain filter udara baru hingga saluran injeksi bahan bakar yang mungkin akan diubah untuk mendongkrak performa.

Sejak hadirnya generasi terakhir Scoopy, Honda cukup diuntungkan dengan larisnya motor tersebut. Sejak lampu depan sudah berganti LED. Desain bodi yang mungil dan lucu, fitur yang cukup keren seperti idling stop system, indikator ECO riding, answer back system yang dilengkapi remote untuk sistem alarm pengaman motor, hadirnya power outlet charger yang didesain dengan tempat terlindung hingga pengaplikasian ban gambot. Kesemunya itu menjadi fitur unggulan Honda Scoopy yang masih sulit ditandingi kompetitornya.

Honda Bakal Hadir Dengan 4 Motor Baru Akhir Tahun Ini

Honda CRF 250L & CRF250 Rally

Honda CRF 250 Rally

Rumor yang beredar kedua motor dengan nama yang hampir mirip namun mengisi segmen berbeda ini akan direvisi total. Terutama dari sisi desainnya. Bisa jadi lebih keren… terkhusus CRF250 Rally yang penulis kurang suka model nya itu.

Kalau untuk CRF 250L sendiri sudah cukup keren. Namun sayang belum masuk pasar indonesia. Mengingat AHM masih begitu fokus menguatkan pangsa pasar CRF150L yang tentunya lebih gurih.

Pembaruan yang bakal dilakukan dikabarkan terdapat pada sektor pengapian mesin. Yang menarik dan mengejutkan, Honda akan men-develop CRF 250 series ini dengan teknologi 2 busi untuk membuat optimal pembakaran diruang bakar. Dua busi ini familiar ditelinga sebagai bagian dari teknologi motor india. Namun Honda juga sempat menggugat bahwa teknologi dua busi itu sudah dimiliki honda dimasa lalu.

Sedangkan CRF250 Rally yang sejatinya diperuntukkan motor petualang, akan dilengkapi dengan traction control (HSTC). Namun yang terakhir ini masih rumor, bila benar bisa jadi harganya pun bakal bertambah.

Super Cub 110, terasa motor jadul saat melihat motor yang satu ini. Motor ini salah satu motor bebek legenda yang dimiliki oleh pabrikan sayap mengepak. Sejatinya, sejak dilakukan reborn motor ini sudah cenderung baru ‘Neo Klasik’ untuk diberikan pembaharuan. Perkiraan penulis sih bakal hadir dengan lebih banyak varian warna akan lebih mengakomodir permintaan konsumen. (red)

Kolom Komentar