Hasil Race GP San Marino Misano…. Siapapun Juaranya Rossi Tetap Naik Podium ^_^

Rossi on stage misano

GP San Marino memang tidak seperti yang direncanakan banyak pihak sebagai lintasan duel Duo Yamaha Lorenzo dan Rossi. Kemenangan podium GP San Marino Misano kali ini kental dengan adegan dramatis dari para rider ajang bergengsi balap motor para raja. Marc Marquez memenangi podium pertama sekaligus memecahkan rekor tidak pernah juara Repsol Honda di Sirkuit Misano ini sejak 4 tahun belakangan ini.

Kemenangan Marquez hasil dari strategi dan feeling yang brillian untuk mengganti motor tepat waktu menghadapi kondisi cuaca yang berganti sebanyak 2 kali ini. Diawali dengan Dry Race (Balap Kering) di beberapa lap pertama, Jorge Lorenzo langsung memimpin barisan dengan berada di posisi terdepan. Lorenzo pun cukup konsisten mempertahankan posisinya tersebut hingga cuaca tak terduga membuat strategi yamaha kocar-kacir. Rintikan gerimis semakin lebat membasahi lintasan misano, sehingga race direction mengumumkan Wet Race sebagai tanda para pembalap harus mengganti motornya… Lorenzo – Marquez – Rossi yang beriringan pada dry race sebelumnya memutuskan mengganti motor bersamaan.

Kans Rossi yang sebelumnya tak terlalu baik di dry race berganti dengan kans kemenangan jika saja kondisi hujan terus berlanjut hingga akhir balapan. Pergantian cepat dari Dry Race ke Wet Race membuat beberapa pembalap keawalahan untuk beradaptasi dengan kondisi lintasan yang basah. Alhasil kejadian pembalap terjatuh mewarnai wet race Misano kali ini. Marquez yang berduel dengan Lorenzo sempat beberapa kali kedua nya terlihat adu kontak, bahkan Marquez sempat melebar karena gagal mengendalikan motornya yang terlalu kencang saat masuk tikungan.

Beberapa lap dalam wet race, rossi memperkecil gap dengan kedua pembalap muda didepannya tersebut. Hingga akhirnya Rossi sukses melewati Marquez yang membuat kesalahan dengan melambatkan motornya. Dalam lintasan basah ini, duo yamaha yang sama-sama memiliki kans juara dunia musim ini tersebut sempat berduel. Lorenzo yang menekan Rossi di tikungan ke 2 dari dalam dibalas Rossi untuk tak mengalah dengan sedikit bersikap agresif. Rossi pun memimpin….. Lorenzo kedua…. sedangkan Marquez yang berada di posisi ke 3 sedikit menjauh dari duo yamaha didepannya.

Lorenzo crash misano 2015

Posisi yang menguntungkan Rossi dan Lorenzo dalam Wet Race ini kemudian berubah drastis. Lintasan mulai mengering…. hal ini menjadi momen penting dalam membuat keputusan. Namun disisi lain, adu gengsi antara pembalap yamaha yang bersaing mengejar poin tersebut membuat keduanya melakukan kesalahan dalam strategi keputusan masuk kembali untuk berganti motor atau tidak. Saat Rossi dan Lorenzo terus melahap lintasan yang mengering dengan compound ban lunak dengan grip ban basah, Marquez mendapati motornya semakin tidak stabil karena compound ban basah nya juga semakin habis…. berfikir cepat akhirnya the baby alien pun masuk PIT, ini yang menjadi keputusan tepat Marc Marquez disisi lain Rossi dan Lorenzo keukeuh mengulur waktu masuk PIT.

Rossi yang sudah memimpin barisan memutuskan tetap terus melanjutkan balapan kering dengan ban basah meskipun dalam beberapa kali Slow Motion yang ditayangkan, compound ban Yamaha M1 sudah mulai rontok. Kesalahan Rossi inipun diiikuti pula oleh Lorenzo, lorenzo yang berada di posisi ke 2 pun enggan masuk PIT menantikan Rossi masuk lebih dulu, padahal tim lorenzo sudah beberapa kali memberikan isyarat agar Lorenzo segera masuk pit. Lama menanti Rossi tak kunjung masuk PIT, Lorenzo pun akhirnya masuk lebih dulu. Disaat bersamaan Marquez yang sudah menggunakan setup ban kering sudah memangkas gap 7 detik dengan Rossi yang belum menyerah menggunakan ban basah.

marquez on podium misano

Dibeberapa lap kemudian, barulah Rossi memutuskan masuk PIT dalam kondisi tertinggal di posisi ke 6. Lorenzo pun sebenarnya sudah cukup unggul dari Rossi dengan memutuskan mengganti motor lebih dulu dari Rossi, namun naas di 10 putaran lap akhir Lorenzo kehilangan kendali yamaha M1 di tikungan terakhir hingga membuat dirinya terpelanting…. Jorge Lorenzo OUT. Rossi pun naik ke posisi 5 dan tak mampu merebut podium karena gap yang terlalu jauh meskipun melawan pembalap seperti Baz, Redding dan Smith yang berada didepannya.

Sukses meraih finish, Marquez memantabkan diri sebagai pemenang GP San Marino. Diikuti Smith di posisi 2 dan Scott Redding di posisi 3. Meskipun demikian, hasil akhir tak membuat Rossi sepi peminat brosis…… Valentino Rossi tetap disambut meriah para pendukungnya yang memadati tribun Misano seiring dengan tumbangnya rival utama Jorge Lorenzo dalam perebutan gelar juara dunia 2015. Bagi publik Misano, tetap saja Rossi yang menjadi juaranya… gagalnya Lorenzo mendulang poin di Misano membuat publik misano menjadi saksi kemenangan poin Rossi untuk untuk selangkah lebih dekat ke tangga Juara Dunia. (~fn)

HASIL GP SAN MARINO 2015 :

GP SAN MARINO 2015
1 Marc Marquez Repsol Honda 48’23.819
2 Bradley Smith Yamaha Tech 3 7.288
3 Scott Redding Honda 18.793
4 Loris Baz Forward Yamaha 26.427
5 Valentino Rossi Movistar Yamaha 33.196
6 Danilo Petrucci Ducati 35.087
7 Andrea Iannone Ducati 36.527
8 Andrea Dovizioso Ducati 37.434
9 Dani Pedrosa Honda 39.516
10 Aleix Espargarò Suzuki 39.692

KLASEMEN SEMENTARA

1 Valentino Rossi YAMAHA 247
2 Jorge Lorenzo YAMAHA 224
3 Marc Marquez Honda 184
4 Andrea Iannone Ducati 159
5 Bradley Smith YAMAHA 135
6 Andrea Dovizioso Ducati 128
7 Dani Pedrosa Honda 109
8 Danilo Petrucci Ducati 93
9 Pol Espargarò YAMAHA 81
10 Cal Crutchlow Honda 79

==============
Contact Person :

Email : fncounter.blog@gmail.com
Invite BBM : 794C91C4
FB : www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog

No Comments

Kolom Komentar