Hasil Balap MotoGP Malaysia 2016, Sukses Juara Dovizioso Tercatat Sebagai Pembalap Berbeda Ke 9 Yang Juara di Musim 2016

dovi-juara-sepang-2016

MotoGP Malaysia 2016 resmi diselesaikan meskipun terkendala cuaca yang memburuk. Bahkan karena huja deras dadakan di sirkuit sepang, balap kelas motogp sempat tertunda hingga hampir setengah jam lamanya.

Lintasan yang basah dan juga faktor jarak pandang pembalap membuat pihak penyelenggara harus menunda sejenak untuk melihat progres cuaca di sepang malaysia yang diguyur hujan cukup deras tersebut. Namun akhirnya balapan pun resmi dilanjutkan saat instensitas hujan deras tersebut berkurang menjadi hanya gerimis.

Kondisi inilah yang akhirnya membuat MotoGP Malaysia diselenggarakan dengan status Wet Race. Wet Race atau balapan basah merujuk pada lintasan sepang yang bertahan dikondisi basah karena kondisi yang tidak membaik signifikan.

Admin sendiri sedikit menyangsikan saat balapan MotoGP Malaysia dibuka dengan status Wet Race karena dimungkinkan bakal berlangsung monoton dan membosankan.

Setelah semua pembalap memutari 1 lap untuk warm-up lap, semua pun bersiap untuk memacu motornya masing-masing. Di awal lap, Jorge Lorenzo memanfaatkan kemahirannya di garis start untuk melesat di depan melewati Rossi dan Dovi yang mengawali start didepannya.

Kesempatan Lorenzo didepan juga diikuti oleh Marc Marquez yang menguntit di belakangnya diikuti oleh pembalap lainnya yaitu Dovi, Rossi dan Iannone.

Beberapa lap berjalan, dominasi Lorenzo tak berjalan lama. Berbanding terbalik dengan Iannone yang tiba-tiba saja moncer pasca absen dirinya dari cedera beberapa seri balap terakhir. Iannone sukses mengovertake Dovizioso dan terus melesat didepan dengan menyalip satu persatu pembalap didepannya termasuk Rossi dan Marquez.

Lorenzo yang terlihat meyakinkan di awal lap harus melorot ke posisi 5 saat balapan berlangsung. Sedangkan duel panas Iannone, Dovi, Rossi dan Marquez membuat anggapan wet race yang monoton tak terjadi, malah berkesan balapan cukup seru dan menghibur.

Selang beberapa lap berjalan, Marquez dan Dovi terlihat melambat. Persaingan di posisi 1 hanya diisi oleh Duo Italia Rossi dan Iannone yang saling beradu overtaking. Duel Rossi dan Iannone ini cukup awet hingga balapan berlangsung selama 10 lap lamanya.

Seiring waktu, keduanya terlihat cukup kelelahan karena saling melakukan tekanan satu dengan yang lainnya hingga akhirnya Iannone harus kalah dari seniornya Valentino Rossi yang berganti memimpin balap sementara. Disisi lain, duel di belakang juga tak kalah seru saat Cal Cruthchlow mengovertake secara ekstrem Marc Marquez di tikungan parabolik Sepang untuk posisi 4 sementara dan cukup lama berada di depan Marquez.

Kondisi ini sepertinya membuat Marquez yang ingin memaksa naik podium sedikit frustasi akibat kalah cepat dari Cal Cruthchlow. Kondisi Cruthchlow yang terlalu memaksakan motornya juga tak berbeda dengan marquez. Setelah beradu cepat dengan Marquez, Cal malah tergelincir hingga gagal melanjutkan balapan.

Posisi 4 yang didapatkan Marquez sepertinya tak membuat the baby alien puas. Memaksakan diri mengejar 3 besar didepannya membuat Marquez akhirnya terjatuh di Turn 11 hingga terseret ke gravel. Marquez OUT sementara…..

Duel Rossi-Iannone dan Dovi akhirnya hanya tersisa antara Rossi dan Dovizioso setelah Andrea iannone membuat blunder hingga terjatuh di Turn 13. Dalam kondisi basah seperti ini kematangan strategi pembalap memang menentukan untuk menjadi pemenang di lintasan basah.

Terbukti dari usaha Dovi mengejar Rossi yang jauh didepan, 2 lap berselang Dovizioso yang merupakan pembalap yang cukup mahir di lintasan basah akhirnya mampu mengovertake Valentino Rossi setelah Rossi membuat kesalahan akibat melebar di tikungan.

Kondisi ini dimanfaatkan Dovi untuk melarikan diri sejauh-jauhnya dari kejaran Rossi. Pantas saja dengan GAP yang lebih dari 4 detik, Rossi akhirnya tak mampu mengejar Dovi hingga mencapai garis finish. Dovi juara pertama GP Sepang Malaysia diikuti oleh Rossi di posisi kedua. Satu pembalap beruntung adalah Jorge Lorenzo yang mendapatkan podium 3 secara gratis.

dovi-pembalap-ke-9-juara-sepang

Suksesnya Lorenzo naik podium 3 karena konsistensinya tidak membuat kesalahan selama balapan sekaligus keberuntungannya akibat blunder yang dibuat oleh 3 pembalap didepannya yaitu marquez, iannone dan cal cruthchlow yang ketiganya sama-sama ndlosor di lintasan basah sepang. Catatan untuk Marquez, juara dunia 2016 ini masih bisa melanjutkan balapan loh, apresiasi untuk semangatnya yang kembali membalap dilintasan meskipun gagal naik podium.

Kemenangan Andrea Dovizoso di MotoGP Malaysia ini membuat Dovi mencatatkan diri sebagai pembalap berbeda ke 9 di musim kompetisi 2016 yang mampu meraih juara seri. (red)

Kolom Komentar