Hasil Balap MotoGP Jerez 2020, Quartararo Pecundangi Tim Pabrikan Hingga Drama Marc Marquez

Motomaxone.com – Balap perdana MotoGP 2020 dimulai di Jerez Spanyol. Banyak kejadian menarik di balap perdana kali ini setelah 254 hari tanpa kehadiran motogp. Sebagian besar pembalap sudah memberikan tontonan terbaiknya. Ada yang berhasil, ada pula yang tak memberikan hasil.

Hasil Balap MotoGP Jerez 2020, Quartararo Pecundangi Tim Pabrikan Hingga Drama Marc Marquez

GP Jerez 2020 akhirnya dimenangkan oleh Fabio Quartararo dari tim Petronas Yamaha SRT. Kemenangan itu sekaligus mencetak rekor baru untuknya. Kemenangan perdana di awal musim ‘New Normal’ dimasa pandemi wabah virus corona.

Pun demikian, Quartararo juga mencetak rekor sebagai pembalap termuda ke-8 sepanjang sejarah grand prix yaitu berusia 21 tahun 90 hari yang memenangkan balapan dikelas utama.

Rekor lain yang mampu dicetak Quartararo adalah dirinya adalah pembalap berkebangsaan Perancis pertama yang memenangi balapan dalam 20 tahun 304 hari sejak Regis Laconi memenangi GP Valencia di tahun 1999 silam. Dan ternyata Jerez merupakan sirkuit yang familiar untuknya hingga dirinya mencetak pole position tahun ini yang merupakan ketujuh kalinya merebut posisi pertama dalam balapan.

Hasil tersebut juga menjadikan Quartararo mengungguli dua pembalap pabrikan yamaha yaitu Vinales dan Rossi. Kekalahan duo yamaha pabrikan dari Quartararo tak lain karena dua pembalap yamaha pabrikan memilih ban depan lunak. Dan ternyata duo Yamaha Monster itu merupakan satu-satunya pasangan pembalap yang memilih ban depan lunak untuk race.

Sukes Quartararo ternyata tidak diikuti Marc Marquez yang berstatus sebagai Juara Dunia bertahan motogp.

Bagaimanapun perlu diakui bahwa Marc Marquez adalah pembalap yang luar biasa. Tak terkecuali di Jerez 2020 kali ini. Marc Marquez sempat bersaing ketat di posisi pertama namun kehilangan kendali hingga akhirnya terlempar ke posisi 16. Cukup ironis, namun bukan The Baby Alien namanya bila tak memberikan kejutan.

Marc Marquez bangkit. Satu persatu pembalap lain di salip. Tak terkecuali sang legenda hidup Valentino Rossi yang masih terus mengeluhkan tak bisa mendapat setup terbaik untuk motornya karena ban michelin. Pun demikian, si legenda juga tak bisa finish karena mengalami masalah teknis.

Hasil Balap MotoGP Jerez 2020, Quartararo Pecundangi Tim Pabrikan Hingga Drama Marc Marquez

Hingga akhirnya merangkak naik ke posisi 9. Berlanjut terus kemudian hingga berada di posisi ke-3. Namun rupanya Marc Marquez mendorong kemampuan motor dan skill nya terlalu keras. Dalam upaya mengejar Vinales yang tinggal sedikit itu. Tepatnya di lap ke 21. Menjelang 3 lap tersisa. Marc Marquez mengalami insiden buruk. Highside yang dilakukannya untuk membuntuti Vinales berbuah blunder hingga akhirnya ban belakang selip. Motor pun terpelanting. Marc Marquez terbanting. Dan saat mendarat di pasir itulah, Marc dihempas motornya sendiri hingga terdorong sekali lagi dan terbanting sekali lagi.

Motornya rusak. Marc sendiri terlihat kesakitan. Dan jelas tak bisa melanjutkan balapan.

Yang memanfaatkan kegagalan Marc Marquez adalah Dovizioso dari Ducati. Harusnya mereka di posisi empat. Namun otomatis bisa menyelesaikan balapan di podium ketiga. Podium ini adalah pertama kalinya untuk Ducati yang tidak pernah menang di Jerez sejak era Loris Capirossi di tahun 2006.

Jack Miller yang mengamankan posisi 4 juga cukup menghibur penampilannya. Begitu juga pembalap petronas lain yaitu Franco Morbidelli yang berada diposisi ke-5. Kejutan lain datang dari KTM. Pol Espargaro mengantarkan KTM diposisi ke 6 pada seri balap kali ini.

Hasil MotoGP Jerez 2020 :

  1. Fabio Quartararo, Yamaha
  2. Maverick Vinales, Yamaha, +4.603 detik
  3. Andrea Dovizioso, Ducati, +5.946
  4. Jack Miller, Ducati, +6.668
  5. Franco Morbidelli, Yamaha, +6.844
  6. Pol Espargaro, KTM, +6.938
  7. Franco Bagnaia, Ducati, +13.027
  8. Miguel Oliveira, KTM, +13.441
  9. Danilo Petrucci, Ducati, +19.651
  10. Takiaki Nakagami, Honda, +21.553
  11. Johann Zarco, Ducati, +25.100
  12. Alex Marquez, Honda, +27.350
  13. Brad Binder, KTM, +29.640
  14. Tito Rabat, Ducati, +32.898
  15. Bradley Smith, Aprilia, +39.682

Kolom Komentar