GP Mugello : Kemenangan Dramatis Marquez, Yamaha M1 Makin Kompetitif

Mugello 2014 Podium

Pembaca sekalian, seri MotoGP Mugello akhirnya memuaskan penantian banyak pihak akan kompetisi balap di kelas bergengsi di dunia tersebut. GP Mugello pula menjadi saksi bangkitnya kembali pasukan Yamaha Factory Racing meskipun tidak mencetak hasil sesempurna yang diharapkan.

Marc Marquez memecahkan record yang dibukukan Lorenzo sebagai penguasa Mugello 3 tahun terakhir dan memantabkan dirinya sebagai Juara baru seri Mugello 2014 setelah musim lalu gagal mendapatkan kemenangan di sirkuit kebanggaan bangsa italia tersebut. Marquez juga memperpanjang prestasi nya sebagai pembalap terbaik dengan rekor 6x Pole Position dan 6x Juara seri secara beruntun tanpa terputus.

GP Mugello berjalan cukup seru, meskipun diawal-awal race banyak yang ketar-ketir nih akan dominasi Marquez yang membuat balapan jadi membosankan, namun Yamaha bangkit. Jorge Lorenzo memanfaatkan start race dengan brillian, start posisi 3 Lorenzo langsung meroket didepan barisan memimpin sementara balap GP Mugello, meskipun sebelumnya Andrea Iannone sempat beringas bersama Ducati memimpin sementara balapan. Sementara itu, Marquez yang memulai di posisi pertama, sedikit kewalahan dengan tekanan para pembalap lainnya.

start-mugello-2014

Rossi yang start diposisi 10, membuktikan kapasitasnya sebagai seorang bintang meskipun tak mampu meraih podium pertama di negerinya sendiri. Di lain pihak, balapan menjadi menarik karena Lorenzo yang cukup jauh memimpin didepan, mengetahui hal tersebut marquez tak tinggal diam. Berbekal kemampuan RC213V nya yang masih ‘superior’, Marq berhasil mendekati Jorge Lorenzo. Mimpi buruk mulai terjadi kala Marquez sukses beberapa kali meng-asapi Lorenzo di straight Mugello.

Namun Jorge kembali menyulitkan Marquez di sisi lintasan lainnya selepas straight, disini fnc melihat tayangan GP Mugello kembali seru. Mengapa? Karena Yamaha mulai menunjukkan kompetitif dalam persaingannya dengan Honda, tak seperti seri sebelumnya dimana Honda terlalu dominan. Pada catatan GP Mugello kali ini, Marquez bahkan lebih banyak berada diposisi 2 dibandingkan Lorenzo yang sering kali memimpin lomba.

Lorenzo VS Marquez 2014 Mugello

Beberapa kali, baik Lorenzo dan Marquez terlibat aksi overtaking silih berganti yang membuat penonton juga merasakan terpacunya adrenalin bak mengikuti balap sesungguhnya. Dilain pihak, karakter lintasan cepat Mugello tak sedikit menelan korban, dimana pembalap di posisi belakang dari baris pemimpin tak sedikit yang tumbang. Sebut saya Crutchlow dan Bradl adalah sebagian pembalap yang terpaksa gagal finish akibat terjatuh.

Rossi yang memiliki beban bermain dinegeri sendiri tak banyak menekan dari batas kemampuannya, sukses menyalip satu demi satu pembalap, Rossi sebisanya mempertahankan posisi 3 hanya untuk mendapatkan podium meskipun bukan berindak sebagai Juara seri Mugello. Dibelakang Rossi, Pedrosa cukup kesulitan hanya untuk mendapatkan posisi 4, bahkan pedrosa harus menundukkan perlawanan Iannone yang cukup sulit dikalahkan.

Kembali pada persaingan Juara, alotnya menakhlukkan Lorenzo, diakhiri dengan sikap ‘menyerah’ Lorenzo di 1 lap terakhir. Di overtake oleh Marquez, Lorenzo tak kunjung mampu membalas seperti lap-lap sebelumnya, sebuah pertanda memberikan jalan Marquez sebagai Juara GP Mugello 2014.

Selamat untuk Marquez, namun yang patut digaris bawahi bahwa di GP Mugello kali ini 2 pembalap Yamaha Factory sama-sama membuktikan kebangkitannya dan membuktikan lebih kompetitif dibandingkan seri sebelumnya. Rossi yang start di posisi 10, sukses meraih podium 3, sedangkan Lorenzo yang mengawali balap di posisi 3, naik 1 level sebagai juara 2.

Berikut juga, kesuksesan Lorenzo yang menyulitkan Marquez untuk pertama kali nya dimusim ini. Hasil GP Mugello bisa jadi akan menjadi persaingan lebih ketat seri mendatang dengan kembalinya Yamaha yang mampu melawan paket motor dari honda meskipun secara keseluruhan belum cukup sempurna. (fnc)

Hasil GP Mugello 2014 :

MUG

______________

Related Post :

7 Comments

Kolom Komentar