Gelar Final Kontes Keterampilan Teknik, AHM Uji Kompetensi Mekanik !!

ahm_technical

AHM terus menunjukkan konsistensi dan komitmennya dalam memberikan layanan purna jual terbaik. Kali ini diwujudkan melalui peningkatan kompetensi mekanik dalam gelaran Kontes Keterampilan Teknik Nasional 2014 yang kini memasuki penyelenggaraan ke-21. Kegiatan uji kompetensi teknik para ujung tombak bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) ini pertama kali digelar pada tahun 1992. Tahun ini, mengusung tema “Satu Hati Wujudkan Prestasi”, kontes ini diikuti 3.542 mekanik Honda dan 1.564  service advisor Honda dari berbagai wilayah di Indonesia.

Sebelum final kontes ini digelar, jaringan main dealer Honda telah menggelar seleksi uji kompetensi teknik. Dari tingkat regional ini, ditetapkan 27 mekanik dan 27 service advisor terbaik dari 3.700 AHASS se-Indonesia. Mereka berhak berkompetisi di tingkat nasional yang tahun ini diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan pada 13-14 September 2014.

Saat berkompetisi, para mekanik diuji untuk menunjukkan kemampuan teknik maupun nonteknik yang meliputi ujian teori ,analisa teknis, praktek penggunaan peralatan bengkel, pengukuran, bongkar pasang dan penanganan masalah pada kendaraan. Adapun para service advisor, mereka diuji dalam hal teori, teknik dan praktik dalam bentuk studi kasus atau role play yang telah ditetapkan. Uji kompetensi dirancang AHM dengan mengacu pada implementasi teknologi injeksi PGM-FI Honda. Sehingga, para mekanik dan service advisor dapat membuktikan kesiapannya memberikan layanan terbaik di era injeksi, di mana saat ini semua sepeda motor Honda telah berteknologi injeksi yang ramah lingkungan.

Mekanik dan service advisor yang terpilih sebagai pemenang dalam kontes ini berhak mendapatkan hadiah utama masing – masing 1 unit motor Honda Verza 150 CW, paket tour wisata bagi 3 pemenang utama, serta hadiah lainnya untuk pemenang ranking 2 hingga 10, serta juga berhak mendapatkan beragam hadiah tambahan dari para sponsor.

General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso mengatakan dengan semangat memberikan layanan purna jual terbaik kepada konsumen, perusahaan mengadakan kontes keterampilan teknik ini untuk memotivasi peningkatan kompetensi, kemampuan, dan keterampilan mekanik dan service advisor di bengkel AHASS sehingga mereka mampu memberikan layanan terbaik sejalan dengan perkembangan teknologi sepeda motor Honda.

Sebelumnya, dalam rangka implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda , AHM juga melakukan uji kompetensi teknik sepeda motor terhadap 745 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari 127 SMK Binaan Honda tersebar di seluruh Indonesia melalui kegiatan kontes keterampilan teknik tingkat SMK (5-6 Juni 2014). Kontes keterampilan teknik tingkat SMK ini sudah memasuki tahun ke-5.

KTSM Honda dan Kontes Keterampilan Teknik tingkat SMK merupakan bagian dari upaya AHM dalam mendukung program Link and Match dunia industri dan dunia pendidikan khususnya SMK. Harapannya, para siswa SMK yang mengikuti program ini dapat menjadi generasi muda yang handal dan terampil sesuai perkembangan teknologi. Hingga saat ini, AHM telah mengembangkan KTSM Honda di 190 SMK seluruh Indonesia dan akan terus bertambah sejalan dengan perkembangan SMK binaan Honda. (fnc)

___________

Related Post :

Kolom Komentar