Garangnya Tampang Honda CBR1000RR-R, Si Tripe R Yang Akan Hadir Bulan Ini

Motomaxone.com – Isu hadirnya generasi baru Honda CBR 1000RR-R kembali muncul di permukaan kabar berita beberapa hari ini. Gambar-gambarnya sudah banyak tersebar di mesin mencari. Generasi CBR yang akan disematkan label “Triple R” disebut akan hadir di pameran ECIMA 2019 bulan ini.

Garangnya Tampang Honda CBR1000RR-R, Bakal Hadir 5 November ?

Hadirnya si “Triple R” itu semakin menyeruak. Melansir beberapa media otomotif seperti youngmachine bahwa Honda telah mendaftarkan merk dagang di pasar eropa atas nama CBR1000RR-R di EUIPO (European Union Intellectual Property Office). Yang nantinya akan diperkenalkan perdana di ajang EICMA Show 2019, 5 November 2019 esok hari.

Btw, kok pakai label ‘Triple R’ ya ? Jika label ‘RR’ merupakan singkatan dari Race Replica yang memiliki arti bahwa motor tersebut merupakan replika dari produk yang digunakan honda di ajang balapan. Maka ‘RR-R’ bisa diasumsikan merupakan singkatan dari racing atau road. Ini hanya asumsi dari penulis.

Mengapa mengusung nama baru CBR1000RR-R ?

Setelah saya telusuri lebih lanjut. Motor produksi massal yang akan menempati posisi tertinggi dari generasi CBR ini, desas desusnya akan mengusung teknologi baru pada mesinnya. Informasinya akan menggunakan mesin dengan katup variabel VTEC akan memiliki kelebihan pada sektor akselerasi yang sangat konsisten disetiap range kecepatan.

Power maksimum yang digadang-gadang akan mencapai 218 hp merupakan refleksi dari produk yang akan diproyeksikan untuk beraksi di kompetisi Superbike. Belum lagi rumor lain yang bereda menyebutkan bahwa Honda telah mempersiapkan menggunakan knalpot titanium yang dikembangkan dengan menggandeng produsen raksasa spesialis knalpot balap Akrapovic.

Fitur menarik lain yang penulis cermati adalah keberadaan Winglet. Sejenis sayap yang ditempatkan dibagian bodi fairing depan dibagian samping yang akan menjadi piranti aerodinamis selain Air RAM  berdesain besar yang sudah ada. Belum ada kabar apakah ‘Triple R’ ini akan menggantikan posisi tipe ‘SP’ sebagai produk versi teratas.

Yang pasti selain akan diproduksi massal tentunya motor ini juga untuk digunakan berkompetisi di WSBK 2020 nanti mengingat kehadiran Ducati Panigale V4R, R1M, Ninja H2 dan calon kehadiran ZX-10R nantinya mengharuskan Honda untuk menyuguhkan produk yang lebih kompetitif. (red)

Kolom Komentar