First Look – Yamaha Jupiter MX King 150 [Mega Photo Gallery]

MX KING 150_SIDE

Pembaca sekalian, hari ini Yamaha Jupiter MX King 150 resmi di perkenalkan untuk pasar indonesia. Meskipun demikian, beberapa dealer di kota Malang sudah memperkenalkan lebih dulu kepada publik 2 hari lebih cepat ketimbang YIMM selaku produsen yamaha di indonesia sendiri. Nah, dari pengamatan fnc overall MX King 150 sekilas mata cukup memukau “Rear Look”, namun jika dilihat pada sisi depan tidak ada yang spesial alias berbanding 11-12 dengan model New Jupiter MX 135.

Mengusung kapasitas mesin 150cc, MX King 150 sudah dibekali teknologi Bluecore dengan sistem pengkabutan injeksi. Basis mesin tetap SOHC dengan sistem 4 klep. Sistem injeksi MX King 150 sendiri sudah mengadopsi sistem close-loop, ditandai dengan adanya sensor O2 pada block head tempat gas buang menuju knalpot.

MX KING 150_SENSOR O2

Kelebihannya dengan mengusung mesin 150cc, body fairing samping depan kanan dan kiri berdimensi lebih lebar memberikan kesan gambot pada bebek sport 150cc yamaha ini. Begitu juga dengan bagian buritan, yang juga memiliki body gambot, sekilas penilaian nih moped paling gambot dari kelas moped (motor bebek) di indonesia.

Yang cukup menarik adalah desain bagian belakang, gambot dan juga kekar. Body belakang yang cukup lebar didukung pula oleh velg belakang ukuran 3,5 inch berikut mengaplikasikan ban ukuran 120/70-17. Yup, ukuran roda belakang ini setara dengan ukuran velg dan ban yang dipakai oleh NVL. Namun sayang, velg tapak lebar dan ban gambot bagian belakang tak dibarengi dengan keseimbangan pada roda depan. Roda depan sendiri menggunakan ban yang terlalu kecil dengan ukuran 70/90-17, dan ukuran velg nya sendiri fnc sinyalir 1,8 inch.

Model arm belakang terlihat cukup panjang yang disinyalir akan memperpanjang pula jarak sumbu rodanya. Sedangkan desain knalpot, bagi fnc kok terasa kebesaran ya, desain nya pun nggak racy look, coba diganti knalpot satria fu chrome generasi awal mungkin akan mendonngkrak kesan balap nya.

MX KING 150_REAR LOOK2

Meskipun memiliki desain body buritan yang lebar, Jok tempat duduk pengendara tak didesain lebar juga ternyata. Dari yang fnc coba, desain jok tetap standar seperti NJMX ataupun Jupiter MX bahkan terlampau sempit bagi yang memiliki maaf (*pantat) yang besar. Sedangkan untuk tingkat elastisitasnya, jok MX King 150 lebih keras ketimbang NJMX. Apa perasaan fnc saja ya… ah.. sudahlah… Selanjutnya kita buka toh jok, untuk melihat saja didalamnya.

Di bagian bawah jok terdapat boks filter udara di bagian depan, dimana pada MX135 tempat tersebut digunakan sebagai tempat ACCU. Sedangkan tempat Accu dipindahkan ke sisi belakang yang pada MX135 digunakan sebagai bagasi kecil. Kompensasi dari pemindahan posisi tersebut membuat MX King 150 didesain tanpa bagasi brosis. Fungsi bagasi yang biasa terbuat dari plastik digantikan dengan mini bagasi karet yang menyatu dengan penutup Accu dari material karet. Mini bagasi ini mampu dimasuki obeng dan tools kecil lainnya, sedangkan untuk memasukkan lipatan jas hujan model ponco saja sudah gak muat nih, benar-benar didesain murni sport tanpa memikirkan adanya bagasi.

MX KING 150_BAWAH JOK

Beralih ke lampu-lampu yang ada pada MX King 150, Tail Lamp menggunakan basis LED demikian juga dengan lampu senja yang ada ada dibagian body depan. Namun untuk sein masih menggunakan bohlam biasa. Sedangkan untuk headlamp, terdapat perubahan yang berarti yaitu headlamp MX King sekarang tidak lagi menggunakan soket H4 seperti MX sebelumnya namun menggunakan soket bohlam HS1 layaknya NVL dan Byson. Ini pertama kalinya bagi motor bebek yamaha di indonesia padahal sistem soket bohlam HS1 ini sudah diterapkan pada New Jupiter MX di Malaysia.

MX KING 150_DASHBOARD2

Dashboard, panel dashboard speedometer seperti kita tahu pada MX King 150 menggunakan sistem full digital. Dikombinasikan rpm meter model analog, yup ini pertama kalinya untuk motor bebek 4 tak yamaha indonesia dibekali rpm meter setelah sekian lama menantikannya.

Nah selain itu, cakram depan MX King 150 dibuat lebih lebar seperti milik NVL, hal ini bertujuan meningkatkan kepakeman rem itu sendiri dimana tenaga MX King sudah meningkat dibandingkan MX saat menggunakan mesin 135cc. Untuk shock depan, terlihat tak ada yang spesial alias sekilas sama seperti MX lama ataupun NJMX. Semoga gejala komstir yang gampang oblak terkoreksi pada MX King 150 saat ini. Overall, sebagai pendatang baru dengan desain yang cukup menggoda, fnc meyakini bahwa MX King 150 akan sukses menggeser FU150 dengan mengusung mesin sama. Kunci kesuksesan produk ini sendiri ada beberapa diantaranya nama besar Yamaha, Sport Underbone 150cc dan Desain Body Baru menjadikan ketiga poin ini akan mendominasi untuk dipilih oleh konsumen. (fnc)

Photo Gallery :

 

_______________

Related Post :

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...