First Look Impression 2019 Kawasaki 250 Smartkey, Pilihan Yang Lebih Aman dan Keren Ketimbang Rival !!

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, sabtu siang kemarin penulis akhirnya memenuhi undangan pak James Alexander selaku pihak manajemen PT. Surapita Unitrans Kawasaki Jawa Timur yang menyelenggarakan temu kangen dengan blogger otomotif jatim yang sekaligus mengenalkan produk varian terbaru yaitu 2019 Kawasaki Ninja 250 dengan fitur Smartkey Keyless System.

Di jakarta, varian ini sudah dikenalkan sejak akhir tahun 2018 kemarin. Namun untuk wilayah jawa timur, alhamdulillah penulis akhirnya bisa melihat secara nyata fitur KEYLESS Kawasaki Ninja 250 ini diawal tahun 2019. Yang terpenting kan bisa melihat secara nyata fitur sehingga bisa membagikannya kepada pembaca..

Bertolak dari kota malang dengan kepadatan yang cukup luar biasa siang itu sedari wilayah pandaan hingga surabaya, penulis lebih dulu transit ke kota udang sidoarjo untuk mengantarkan sikecil dan bundanya… mau penulis, istri dan sikecil penulis sarankan naik kendaraan umum saja bertemu di kota udang, namun ternyata ngotot minta ikutan riding. Ya okelah.. meski penulis masih saja mengkhawatirkan kondisi si kecil karena perjalanan jauh… lanjut…

Selepas sampai transit dirumah akung dan utinya sikecil di sidoarjo, penulis lanjut gas menuju markas besar Kawasaki Surapita Unitrans di Jalan Jemursari Surabaya, yang biasa kesurabaya pasti taulah ya tempat ini…

Tiba di markas Kawasaki Surapita Unitrans Surabaya..

Seperti biasanya, markas kawasaki surabaya itu selalu saja sesak dengan banyaknya anggota komunitas yang lagi nongkrong di cafenya. Bahkan tak hanya komunitas motor kawasaki saja, melainkan lebih pada komunitas motor besar. Terpantau ada Ducati Diavel 2 ekor yang lagi parkir disana… selebihnya banyak ragam seperti KTM RC250 hingga pengguna CBR250RR pun nongkrong disini…

Masuk kedalam, penulis langsung nyamperin pak Alex pihak manajemen Kawasaki selaku yang mengundang penulis. Acaranya layaknya softl launching tapi tak dibuat besar-besaran sehingga penulis selaku Blogger lebih leluasa bisa meliput motor yang dipamerkan tanpa banyak terganggu pengunjung Main Dealer Kawasaki Jatim ini…

Mengingat bertepatan waktu dhuhur, penulis pun berpamitan untuk sholat dhuhur sejenak sembari menunggu teman-teman blogger yang lain kumpul. Meskipun tak ada musholla terpisah di main dealer ini, tempat sholat yang disediakan cukup nyaman dengan kondisi karpet dan sajadah yang terjaga bersih.

Selepas sholat barulah penulis sudah mau bersiap untuk mengulik-ulik yang ada pada Ninja 250 Smartkey 2019, eh lha kok waktunya makan siang…. dimana rekan2 blogger dan juga karyawan kawasaki sedang menyantap hidangan yang ada.. bergabung pulalah penulis makan siang..

First Look Impression… 2019 Ninja 250 Smartkey..

Bertemu dengan Ninja 250 dengan fiitur Keyless ini ibarat bertemu pada pandangan pertama. Memang tak ada bedanya baik bentuk maupun spesifikasi mesin dibanding Ninja 250 2019 yang masih pakai kunci kontak fisik, namum pandangan itu menjadi tak biasa kala fitur KEYLESS SMARTKEY dengan teknologi KIPASS (Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System) disematkan pada motor berplatform sport mesin 250cc 2 silinder bernama NINJA 250 ini. Serasa berbeda saja dibandingkan kebanyakan rivalnya… saat melihat motor ini berfitur Keyless, ibarat menutup banyak kelebihan fitur CBR250RR namun masih menggunakan kunci kontak fisik. Jadi terlihat keren si Ninja 250 Smartkey ini… dan rupanya teknologi KIPASS sudah lebih dulu diadopsi pada motor besar Kawasaki 1400 GTR.

So bagaimana cara kerja SMARTKEY KEYLESS KIPASS ala Kawasaki ini ?? (ntar.. tak bukain catatan dulu… :mrgreen: )

Sistem smartkey ala kawasaki ini, anda sebagai pemilik atau peminjam motor ^_^ memegang remote berupa Immobilizer Portable. Bentuknya remote tapi tak sekecil remote keylessnya GSXR150/Aerox155/PCX150/Vario150. Jadi lebih enak digenggam dan nggak gampang kelupaan kalo bawa remote. Ditempatkan disaku pun masih nyaman.. meskipun bakalan terasa sedikit “ngganjel” karena dimensinya lumayan tebal. Ya… setidaknya nggak gampang kelupaan tertinggal dicelana yang menyebabkan lupa pula terendam cucian :mrgreen:

Cara kerjanya..

Saat pengguna motor (membawa remote smartkey) mendekati Ninja 250 Keyless ini, maka FOB Smartkey (kotakan remote) akan mengirimkan sinyal kepada KIPASS ECU, dari KIPASS ECU tersebut sinyal dikirimkan lagi menuju Ignition Switch (knob keyless di motor) sehingga knob pun dapat diaktifkan dan diputar ke mode ON sehingga motor bisa dinyalakan. Jadi ON OFF nya otomatis bekerja saat remote menjauh dan mendekati knob, sehingga tak perlu mengeluarkan remote nya. Cukup disaku saja, saat mendekat motor maka bisa mengaktifkan motor tersebut.

Nah, untuk sistem keyless motor sport pasti memiliki kendala masih perlunya menyediakan kunci fisik. Untuk apa ? pastinya untuk membuka tangki bahan bakar dan juga membuka jok motor… hmm andai saja buka tangki bensin dan jok semudah memencet saklar saja pasti motor sport bakal lebih keren ketimbang matik premium sekalipun..

Berbeda dengan keyless ala Suzuki GSX-R150 yang ternyata knob ignition switchnya ternyata bisa dilepas dan ada anak kuncinya. Knob smartkey milik Kawasaki Ninja 250 ini bersifat permanen seperti kebanyakan keyless nya matik premium. Namun tak perlu khawatir membawa dobel kunci beserta modul remote nya, karena Immobilizer Portable Kawasaki Ninja 250 Smartkey ini sudah disematkan satu anak kunci untuk kebutuhan membuka tutup tangki bahan bakar dan jok yang ditempatkan include dengan remotenya tersebut. Nah sudah jelaskan…

So bagaimana kalau Key FOB (Immobilizer Portable) nya ketlisut (hilang) :mrgreen: ??

Bawaan manusia yang diberi sifat lupa memang nggak bisa disalahkan. Lagi-lagi tak seperti sistem keyless nya suzuki yang saat remotenya hilang perlu menghubungi jaringan dealer untuk dibantu mengaktifkan, maka di Kawasaki membekali konsumen dengan 1 buah remote (FOB key/Immobilizer portable) dan 2 buah kunci kontak fisik namun aslinya diujung kunci tersebut memiliki sistem seperti remote pula sehingga kita hanya perlu membawa kuncinya saja tanpa perlu memakainya sebagai kunci kontak betulan… jadi anak kuncinya tetap dimanfaatkan untuk membuka tutup tangki bahan bakar dan jok. Sepertinya penjelasan penulis sudah cukup dimengerti sejauh ini.

Harga ?

Kawasaki Jawa Timur melalui PT. Surapita Unitrans Surabaya sebagai Distributor Kawasaki di wilayah Jawa Timur kemarin memberikan informasi bahwa layaknya varian dengan kunci kontak fisik, 2019 Kawasaki Ninja 250 Smartkey juga memiliki banyak pilihan warna dan varian. Berikut daftar harganya OTR Jawa Timur :

  • Ninja 250 SE (MDP) warna black = Rp. 71.140.000,-
  • Ninja 250 ABS SE warna Lime Green = Rp. 77.980.000,-
  • Ninja 250 ABS SE MDP warna Passion Red = Rp. 78.350.000,-

Varian dengan label MDP memiliki keunikan dari segi seni pewarnaannya. Dimana difairing sampingnya, tulisan “Ninja” memiliki efek timbul 3D karena mendapatkan sentuhan cat airbrush. Semoga bermanfaat. (red)

Galeri Foto 2019 Kawasaki Ninja 250 KEYLESS :

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...