Fakta Unik Sirkuit Misano Jelang GP San Marino 2015…… Apa Saja Itu ??

Valentino Rossi 46

Selamat pagi pembaca sekalian, jangan lupa akhir pekan ini motogp kembali menyapa anda sekalian. Seri ke 13 motogp kali ini akan bertempat di Misano, San Marino. Kemenangan membekas masih dirasakan oleh Valentino Rossi yang semakin memantabkan diri sebagai calon kuat pemilik gelar Juara Dunia musim 2015 ini namun, sedikit ganjalan rupanya akan datang dari rekan setimnya Jorge Lorenzo yang juga masih belum menyerah dalam kompetisi perebutan gelar bergengsi tersebut. Nah bagaimana statistik GP San Marino di tahun 2015 ini ? Berikut ulasannya….

GP San Marino 2015 menjadi menarik karena beberapa faktor yang begitu penting untuk penentuan gelar musim ini. Nyaris perebutan gelar juara dunia 2015 hanya menjadi milik duo yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Nah, kenyataan ini semakin menarik dengan beberapa fakta unik tentang gelaran motogp yang juga kebetulan mencatut nama yamaha sebagai pabrikan dan dua pembalap yang sedang bersaing ke tangga juara dunia tersebut. Tentu pada ingin tahu kan…. yuk kita bahas satu persatu brosis…

misano layout

GP San Marino rupanya masih akan tetap diperbanyak dengan rekor yamaha musim 2015 ini. Pasalnya selama beberapa seri terakhir, yamaha dengan pembalapnya yang paling konsisten terus mengicar posisi 3 besar podium. Tentunya hal tersebut cukup realistis dengan kenyataan yang ada, berikut didukung dengan trek record yamaha dan pembalapnya sendiri di sirkuit misano san marino ini.

  • Misano, San Marino GP. Spesifikasi umum diantaranya memiliki jumlah putaran sebanyak 28 lap untuk gelaran MotoGP. Secara keseluruhan sirkuit ini memiliki 16 tikungan dengan total jarak tempuh dalam 28 lap tersebut sejauh 118,3 km. Jika catatan waktu tiap lap berkisar pada 1’35.000 maka semua pembalap akan menyelesaikan 118,3 km tersebut hanya dalam kurun waktu 40 menit.
  • Rekor sirkuit dipegang oleh Lorenzo yang mampu mencatatkan lap tercepat dalam balapan dengan torehan 1’33.906 pada tahun 2011 silam. Sekaligus mencatatkan Yamaha sebagai pabrikan yang mampu menorehkan fastest lap terbaik hingga saat ini.
  • Flashback sejenak San Marino 2014, Pole position diukir oleh Jorge Lorenzo yang mampu mencatat waktu terbaik 1’33.238. Sedangkan lap tercepat 2014 lalu dimiliki oleh Marc Marquez dengan waktu 1’34.108 namun gagal naik 3 besar podium.
Podium 2014

Pembalap

Pabrikan
Juara 1 Valentino Rossi Yamaha
Juara 2 Jorge Lorenzo Yamaha
Juara 3 Dani Pedrosa Honda
  • Kemenangan Rossi meraih podium 1 di GP San Marino 2014 lalu mengantarkan the doctor sebagai pembalap satu-satunya yang mendulang poin sebanyak 5000 poin sepanjang karir nya di grand prix.
  • Sirkuit Misano menjadi satu-satunya sirkuit sekarang ini dimana pabrikan Honda tidak pernah mengecap kemenangan (Podium 1) selama 4 musim terakhir.
  • Pembalap yamaha menjadi kontributor sebagai pembalap terbanyak yang mencetak kemenangan di Sirkuit Misano, San Marino. Tercatat Valentino Rossi mencetak 3 kemenangan, Lorenzo 3 Kemenangan dan Pedrosa cukup 1 kemenangan.
  • Yamaha mencetak rekor 3 juara dari masing-masing duo pembalapnya yaitu Rossi dan Lorenzo. Sekaligus memegang rekor 11x menjadi pemenang dalam kategori manufacture.

Beberapa fakta GP San Marino ini sepertinya menjadi bekal positif bagi Movistar Yamaha untuk datang dengan kepercayaan diri yang tinggi. Banyaknya rekor yang telah didapatkan membuktikan karakter lintasan sirkuit misano cenderung cocok dengan karakter mesin yamaha sendiri. So, bisa jadi kesuksesan Rossi 2014 silam akan berulang ditahun ini mengingat musim ini juga lebih kompetitif… tak lupa pula publik misano yang menjadi rumah bagi rossi sendiri. (~fn)

==============
Contact Person :

Email : fncounter.blog@gmail.com
Invite BBM : 794C91C4
FB : www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
___________________

Related Post :

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...