Ducati Factory Tak Berencana Masuk Dalam Kelas ‘Open’ Dalam Waktu Dekat

ducati-warmup

Pembaca sekalian, jelang motogp 2014 yang tinggal beberapa bulan lagi menjadikan semua tim mempersiapkan jagoan motornya lebih sempurna. Dari perkembangan informasi motogp terbaru yang cukup hangat adalah adanya kelas ‘open’ terbuka dari kontestan motogp 2014. Itu lho, sebuah kelas baru kompetisi motogp yang mirip denga  crt namun dapat memakai mesin lebih bebas.

Kabar terkait ‘open class’ berhembus dengan adanya rumor bahwa Ducati mempertimbangkan akan tergabung dalam bagian dari kelas terbuka tersebut. Namun, manajer umum Ducati Corse Gigi Dall’Igna menyebutkan dukungan untuk tim ducati pabrikan ke kelas open tak direncanakan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Ducati sendiri beranggapan bahwa pentingnya mengeksplorasi potensi dari peraturan baru tersebut. Tentunya dengan mengikuti kelas ‘open’ sebuah tim bisa lebih leluasa memilih mesin motor mereka sendiri tanpa adanya aturan yang mengklaim mesin tersebut seperti halnya CRT lalu. Open class bisa disebut sebagai tim privateer namun dengan spesifikasi mesin lebih rendah dari yang dimiliki pabrikan karena alasan biaya.

Sementara kelas ‘open’ harus tunduk dengan menjalankan kontrol ECU secara penuh namun tim pabrikan dapat menggunakan kebijakan penggunaan perangkat lunak milik sendiri dalam hardware milik Magneti Marelli. Dimusim 2014, Ducati sendiri akan membagi pembalapnya untuk 2 perwakilan di masing-masing kategori kelas.

Saat ini, Yonny Hernandez adalah satu-satunya pembalap yang diplot mengisi balapan dengan Desmosedici di kelas ‘open’ musim ini . Sedangkan pengendara Ducati lainnnya seperti Dovizioso dan Cal Crutchlow akan membela tim utama, ditambah Andrea Iannone di Pramac terdaftar sebagai entri Factory .

So, ini artinya tim-tim yang akan berkompetisi di motogp musim 2014 ini paling banter akan mampu mengutak-atik teknis mesinnya di bagian otak kontrol ECU nya mengingat pembekuan pengembangan mesin pada desain dan jeroannya akan mulai diberlakukan. (fnc)

_________________

Berita Terkait :

Kolom Komentar