Dilema Mochin, Eksistensi Sang Produk Abal-abal…..

copy_1_maxi

Dalam sebuah bisnis, eksistensi menjadi suatu hal yang diyakini mampu memberikan keuntungan besar bagi pelaku bisnis itu sendiri. Apalagi bagi pemain baru, demi mampu menarik konsumen tak sedikit dari mereka yang jelas-jelas menduplikasi produk yang sudah ada.

Produk yang di contek tentunya tak tanggung-tanggung. Seringkali yang dicontek adalah produk yang sudah eksis dan banyak diminati pasar. Seperti awal kemunculan minerva dahulu, yang tak sungkan meng-copy bentuk Honda CBR150R yang saat itu merupakan produk premium yang banyak diminati.

Akhir pekan lalu, disaat fnc mendapat undangan dari pihak Yamaha. Sebelumnya fnc, berjalan-jalan di area plaza yang terletak di surabaya selatan tak jauh dari kampus unesa tersebut. Tak sengaja pula, fnc tertipu akan penampakan Yamaha Jupiter MX dan Honda CS1 yang merupakan unit display dari sebuah atpm.

Sesaat berfikir, ada kejanggalan mengapa unit lama Jupiter MX ‘model lama’ masih didisplay untuk diperjualbelikan. Daripada rasa penasaran semakin besar, fnc coba melihat lebih dekat lagi dengan produk tersebut. Nah lho, ketahuan nih aspal nya.

Coba melihat dari sisi block mesin langsung ketahuan, bahwa cloningan model jupiter mx lama ini adalah mochin bermerk ‘Beijing  Maxi 125’. Sepintas benar-benar persis dengan BlueMX yang fnc miliki, namun kerapian dalam pengerjaan body dan lainnya sangat terlihat bahwa si aspal ini terkesan opo onoke alias apa adanya. Tak memperlihatkan kesan rapi, pengerjaan terlihat kasar. Namanya juga abal-abal :mrgeen:

Ternyata tak hanya MX yang dicloning, honda CS1 pun juga terdapat versi abal-abalnya disini. Yang diberi nama ‘City One’, dan masih ada produk cloningan lainnya yang tidak fnc abadikan dalam bentuk foto.

Apakah tujuan mereka yang jelas-jelas mencloning produk atpm lain. Tentunya karena eksistensi mereka di pasar roda dua yang sangat rendah, sehingga untuk mendongkrak penjualan mereka rela terang-terangan mencopy desain produk yang lebih bernama. Mencoba meng-ekor eksistensi produk yang sudah besar, guna untuk memperoleh pembeli yang menginginkan model serupa namun berharga jauh lebih murah. (fnc)

Photo Gallery :

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...