Dibilang Pengisian Nitrogen Palsu Karena Pakai Kompressor, Berikut Klarifikasinya !!

Motomaxone.com – Beberapa hari lalu penulis pernah membaca disalah satu group komunitas kendaraan roda 4 tentang sebuah testimoni pengisian Nitrogen di SPBU yang dikatakan palsu, alasanya dikarenakan orang tersebut tidak melihat adanya tabung nitrogen. Penulis pun coba menelusuri klarifikasi dari pihak penyedia jasa pengisian Nitrogen tersebut.

Jejak digital pun penulis dapatkan. Broadcast yang dibagikan di group komunitas mobil di medsos tersebut ternyata sama persis dengan broadcast yang sempat menyebar di banyak group whatsapp 3 tahun yang lalu.

Tudingan testimoni tersebut menyebutkan pengisian nitrogen di SPBU itu palsu karena menggunakan kompressor. Tiga tahun lalu, pesan berantai itu sudah ada sejak awal 2016 lalu. Testimoni itu diposting sedemikian rupa semacam sebuah pengalaman. Berikut pesan broadcast yang sekarang mulai marak lagi dibagikan dijejaring media sosial,

HATI2 MNGISI TEKANAN BAN.

Saya nulis ini bukan utk mematikan business pngisian ban di pompa2 bensin seperti gambar yg saya upload ini. …

Bukan sama sekali, saya hanya mngajak poro sedulur lebih berhati2.

Karena stasiun pngisian Nitrogen ini skrg mnjamur di pompa2 bensin, dimana kita hanya lewat dn bbrp bulan kemudian baru tringat ttg pengisian ini.

Maka sering dimanfaatkan oleh oknum pengusaha pompa Nitrogen utk berbuat Nakal.

Perhatikan gambar dibawah … dimana ya nyimpen Bottle Nitrogennya … yang ada kok malah kompressor angin? Aneh khaan

Seperti bbrp kali sy coba mngisi, dan juga pagi ini saya memastikan lagi …

Pertama perkir saya terkesan dg ” Automaic Digital pressure controller” yg dipakai maka pressure yg diminta akan tepat (itu kalau habis dikalibrasi lho)… tapi setelah mngisi ban terakhir .. Jjeerrrrr Kompressor nyala !!!! …

Saya sengaja turun krn dibelakang ada mobil dan motor juga ngantri …dan saya tanya berapa? ….”4 roda 20 ribu pak!”…

“lho kok kompressor nya nyala …berarti angin dong mas mana bottle Nitrogennya ?” …. agak bingung si operator njawab ..”ndaak pak …harus pakai kompressor ..kalau nggak pakai nggak kuat tekanannya NITROGENnya “

… Hehehe … “maas ..mas .. Nitrogen itu bottle nya tekanannya 2000 PsiG … nggak perlu kompressor untk ngisi ban 35PsiG, tapi ini saya bayar … tapi bilang juragan mu dagang jangan pakai bohong ..kwalat lho !” …

Saya serahkan Rp. 20rb saya dengan tenang naik mobil dan mninggalkan si mas operatos yg mungkin bengong …. belum ada 10 meter saya di jalan mobil dibelakang saya nyalib dn tekan klakson …

Setelah buka jendela ternyata tadi mobil yg ngantri … sambil ngacungi jempol ……
Waah hari ini saya bikin satu pelanggan Nitrogen batal ngisi ….. mungkin juga si motor hehe …

Bayangkan kalau dg alat yg waah … bisa ngraup 15 ribu per mobil … hanya jual angin cap Nitrogen .. waaah business abal2 ini lumayan juga

Maka poro sedulur kalau dijalan ban kurang angin … ya mampir saja ke TUKANG TAMBAL BAN ..tambah angin dg 5000 rp sdh dapet terima kasih anda ….

Mau bener2 isi Nitrogen? .. masuk saja ke toko Ban … minta tambah Nitrogen … 20rb oke .. tapi anda dapet Nitrogen langsung dr Botlle nya ….

Semoga berhati2 … teliti sebelum membeli ….

3 tahun lalu, pihak perusahaan pengisian nitrogen sudah menyampaikan klarifikasinya, namun sayang masih ada saja yang terus membagikan berita ini hingga sekarang (Feb 2019) padahal sudah jelas-jelas kalau tudingan ini termasuk HOAX.

So, untuk pembaca sekalian yang masih bingung dengan berita hoax yang lagi viral belakangan ini, berikut penulis kutipkan Klarifikasi pihak perusahaan yang dimuat disalah satu surat kabar online,

Berikut klarifikasi dari pihak perusahaan yang dikutip dari www.green-nitrogen.com.

Green Nitrogen merupakan unit usaha yang bergerak di bidang pelayanan jasa pengisian nitrogen dan tambal ban.

Kami merupakan operator resmi pengisian nitrogen di SPBU Pertamina dengan jaringan terluas se-Indonesia.

Beberapa waktu lalu sempat meruap isu perihal isi angin nitrogen palsu yang bermula dari sebuah postingan di media sosial Facebook.

Pada penuturannya, pemilik akun Facebook tersebut mengatakan bahwa ia tak melihat ada tabung nitrogen dan justru merasa heran karena ada kompresor di outlet yang disambanginya tersebut.

Dan pada postingan tersebut diperlihatkan foto outlet nitrogen yang terpampang merek Green Nitrogen.

Sebab itu, sebagaimana tujuan kami yang ingin menjadi perusahaan terbaik, terbesar dan terpercaya, maka kami akan menjabarkan bagaimana proses produksi nitrogen di outlet Green Nitrogen berjalan.

Ini pun sebagai bentuk edukasi dan klarifikasi kami kepada pembaca.

Perlu diketahui bahwa kami memproduksi langsung nitrogen di lokasi pelayanan. Karena itu di setiap outlet Green Nitrogen terdapat dua alat untuk memproduksi nitrogen, yaitu mesin nitrogen generator (N2 Generator) dan kompresor bertekanan tinggi.

Mesin N2 Generator kami memiliki keunggulan mampu menguras atau memvakum secara tuntas isi ban kendaraan, sebelum kemudian menggantinya secara otomatis dengan nitrogen yang telah dihasilkan melalui mesin ini.

Lalu, apa fungsi kompresor di outlet?

Perlu diketahui dalam produksi nitrogen, baik di pabrikan maupun di outlet, diperlukan kompresor untuk menyuplai angin ke mesin generator nitrogen untuk kemudian disaring.

Proses penyuplaian tersebut memerlukan kompresor berkekuatan 3 PK.

Karena itu kami tidak sembarangan dalam memilih kompresor.

Dan bila Anda mendapati pengisian nitrogen yang masih menggunakan teknologi tabung, maka Anda perlu tahu bahwa di tempat pengisiannya pun memerlukan kompresor untuk mendorong nitrogen masuk ke dalam tabung-tabung nitrogen.

Bila begitu, Anda sendiri tidak akan tahu tingkat kemurnian nitrogen yang dihasilkan dari tabung tersebut, kan?

Bagaimana proses produksi nitrogen saat di N2 Generator?

Kompresor bertekanan tinggi akan mendorong angin (udara kita mengandung 79% nitrogen, hanya 20% oksigen dan 1% uap air) masuk ke mesin generator nitrogen.

Di dalam mesin, dengan sistem PSA (Pressure Swing Absorber) angin yang masuk akan disaring menggunakan CMS (Carbon Molecular Sieve).

Fungsi CMS adalah untuk memisahkan gas nitrogen dengan gas oksigen dan lainnya. Nitrogen yang telah tersaring kemudian akan diteruskan masuk ke ban kendaraan.

Sistem PSA pada mesin generator nitrogen akan menjamin kemurnian nitrogen yang dihasilkan mencapai 95-99,5%.

Dan untuk menjamin tingkat kemurnian tersebut, tim teknisi Green Nitrogen secara periodik melakukan perawatan dan pengecekan dengan perangkat yang telah terkalibrasi dan tersertifikasi.

Inilah yang menjadi keunggulan teknologi pengisian nitrogen kami.

Dengan mesin N2 Generator yang kami miliki, maka kami berani menjamin kemurnian nitrogen yang dihasilkan mencapai 99,5%.

Dengan menggunakan mesin N2 Generator, kami sebagai pelopor dan operator resmi nitrogen di SPBU Pertamina sangat menjamin kesempurnaan pengisian dan kemurnian nitrogen.

Begini sekiranya gambaran proses penyaringan di dalam mesin N2 Generator:

 

Proses pengisian nitrogen di outlet Green Nitrogen

Demi menjamin kemurnian nitrogen yang masuk ke ban kendaraan, maka udara di dalam ban akan lebih dulu divakum atau dibersihkan oleh mesin N2 Generator hingga benar-benar kosong agar terjamin kemurnian nitrogen yang akan dimasukkan nantinya.

Proses pevakuman tersebut hanya bisa dilakukan oleh mesin N2 generator.

Sementara pengisian nitrogen yang meggunakan teknologi tabung tak dapat melakukannya kecuali dengan cara konvensional atau pengempesan secara manual.

Bila seperti itu maka angin di dalam ban tak akan seutuhnya bersih. Tak pelak kemurnian nitrogen pun tak akan Anda dapatkan saat pengisian.

Dan saat udara di dalam ban benar-benar kosong maka secara otomatis mesin N2 Generator akan menditeksi dan memicu kompresor untuk menyala.

Kompresor akan mendorong udara masuk ke mesin N2 Generator, sebelum kemudian disaring hingga hanya nitrogen murni yang akan mengisi ban kendaraan.

Minimal indikator nitrogen murni adalah 95% dan kami menjamin kemurnian nitrogen di outlet kami mampu mencapai 99,5%.

inilah yang menjadi keunggulan teknologi pengisian nitrogen kami.

Dengan mesin N2 Generator yang kami miliki maka kami berani menjamin kesempurnaan pengisian nitrogen yang akan menghasilkan kemurnian nitrogen di atas 95%.

Karena itu, jangan sampai Anda  salah memilih pengisian angin nitrogen demi kualitas terbaik yang Anda dapatkan nantinya.

Bila begitu uang yang Anda keluarkan pun tak sia-sia.

Dan hanya di Green Nitrogen-lah kemurnian nitrogen dapat terjamin di atas 95%. Untuk itu Anda pun perlu menelisik lebih lanjut bagaimana cara membedakan outlet Green Nitrogen dan yang bukan, Anda bisa membacanya di sini.

Atau Anda dapat bertanya mengenai penyebaran jaringan kami melalui hotline 0851 0079 2450.

Use the best for the best! Gunakan selalu yang terbaik demi performa ban kendaraan Anda yang terbaik.

Dan kami merupakan perusahaan jasa pelayanan nitrogen terbaik, terbesar dan terpercaya yang ada.

Semoga penjelasan yang langsung disampaikan oleh pihak perusahaan ini bisa menjawab keraguan pembaca sekalian yang sudah terlanjur baca berita terkait dengan pengisian nitrogen palsu di SPBU. Semoga bermanfaat.

One Comment

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...