Dibalik Spesifikasi MX King 150 vs New Vixion, Potensi Lebih MX 150 Disamarkan !!!

image

Keluarnya Yamaha MX 150 menjadi angin segar bagi penyuka motor underbone. Meskipun segmen sport lebih diminati, tak bisa dipungkiri segmen underbone pun menawarkan banyak kelebihan yang tak dimiliki motor sport.


Nah, hal yang menarik disini adalah banyak yang menyangsikan kekuatan dari underbone anyar yamaha ini. Salah satunya adalah output power dan torsi yang berbeda dengan yamaha new vixion. Yup, nyatanya new vixion belum bisa tergeser.

Dari perbandingan data yang fnc miliki, baik power dan torsi New MX king 150 lebih kecil ketimbang New vixion, padahal secara basis mesin New MX King 150 sama dengan New Vixion. Apa yang membedakan?

Kapasitas mesin keduanya sama, berikut pula perbandingan bore x stroke. Kompresi pun dibuat identik, namun bagi fnc terdapat spesifikasi tak kasat mata yang perlu dilihat. Salah satunya adalah ECU sebagai otak pengapian motor injeksi.

Sekedar informasi, MX king 150 memiliki power 15,4 PS / 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm / 7.000 rpm. Sedangkan New Vixion memiliki output power 16,59 PS / 8.500 rpm dan torsi 14,5 Nm / 7.500 rpm. Meskipun demikian, MX King 150 pula masih memiliki kelebihan pada bobot motor yang lebih ringan 14kg dibanding new vixion.

Selain itu, dengan bobot ringan MX King 150 masih dibekali final rasio gir 2,85 (14-40). Lebih ringan dibandingan New Vixion yang memiliki final rasio gir 3,071 (14-43). Dari data tersebut, MX King memiliki kelebihan pada nafas panjang di setiap giginya, meskipun secara akselerasi kalah diatas kertas.

Selain ECU, tentunya komposisi rasio gir dalam mesin berbeda pula antara MX King 150 dan New Vixion. Begitu juga dengan durasi noken as dan port polish keduanya yang tentunyabl dinikin berbeda. Mengapa demikian?

Mengapa dibedakan? mainset konsumen indonesia yang begitu percaya dengan data diatas kertas lah alasannya. Tidak mungkin juga yamaha berani memberikan head to head kekuatan sama dari keduanya, hal ini terkait dengan gemuk nya market share sport 150cc milik yamaha.

Yamaha tak bakal berani berspekulasi dengan memberikan spesifikasi sama diatas kertas karena jika ini dilakukan, konsumen sport 150cc miliknya bakal kabur ke pihak kompetitor. Yamaha masih memberikan perbedaan dengan menawarkan value lebih dari keduanya masing-masing. Hal itu penting dilakukan, guna menghindari gimmick “memalukan” dari konsumen bahwa sport kok kalah dengan motor bebek. Padahal jika menilik lebih lanjut, sedikit tune up saja pada MX King 150 maka new vixion pun bakal kedodoran. (fnc)

________________________

Related Post :

12 Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...