Chasis Baru Yamaha YZR-M1 Membuat Lebih Cepat di Tikungan, Rossi Akan Menggunakannya di GP Assen ??

Rossi Catalunya 2016 (2)

Pasca race GP Catalunya, sejak kemarin seluruh pembalap motogp melakukan tes resmi yang masih bertempat di sirkuit Catalunya. Nah momen ini digunakan yamaha untuk melakukan uji coba chasis baru Yamaha YZR-M1 untuk kedua pembalapnya.

Yup, baik Valentino Rossi maupun Jorge Lorenzo sama-sama melakukan uji coba dengan chasis baru tersebut. Itu mengapa, catatan waktu keduanya masih kalah cepat dengan Cal Cruthchlow yang mencetak waktu tercepat di sesi latihan pertama resmi kemarin.

Cal Cruthchlow sukses mencetak catatan waktu 1’43.963. Terpaut 0,239 detik dengan Jorge Lorenzo yang menempati urutan kedua. Namun Valentino Rossi sendiri malah tercecer diurutan ke 11 dengan catatan waktu 1’45.454 atau lebih lambat 1,491 detik dari Cal di posisi pertama.

Di tes resmi sesi pertama kemarin Yamaha memang sedang memfokuskan diri untuk melakukan 2 hal yaitu uji coba chasis baru dan uji coba compound ban terbaru dari Michelin yang terakhir kali di uji coba di jerez 2016 lalu. Compoun ban depan dengan komposisi baru tersebut merupakan perbaikan dari tipe 47 yang digunakan para pembalap terakhir kalinya di Race Catalunya minggu kemarin.

Nah versi revisi ini ditujukan untuk mencari solusi permasalahan pembalap terutama Valentino Rossi yang mengaku merasakan kurangnya traksi saat keluar tikungan. Nah revisi dari tipe ban 47 ini bertujuan untuk hal tersebut, yaitu meningkatkan traksi ban saat keluar tikungan.

Yang menjadi pertanyaan apakah Chasis baru lebih baik ? Valentino Rossi sendiri menyatakan cukup senang dengan impresi awal dari uji coba chasis baru tersebut. Menurut Rossi, sasis baru ini dirasakan lebih cepat dan mudah dalam melibas tikungan, dan ini akan menjadikan anda lebih cepat dalam catatan waktu, tutur Rossi kepada media.

tes catalunya

Sementara itu Jorge Lorenzo malah sebaliknya, JoLor masih belum berkomentar apa-apa terkait impresi chasis baru Yamaha M1. Dirinya mengungkapkan masih akan menunggu sesi tes hari ini waktu setempat baru akan memberikan keterangan. Lorenzo masih mengeluhkan engkel yang masih bengkak dan terpaksa menggunakan suntikan penahan rasa sakit.

Dengan meningkatnya performa Yamaha M1 Valentino Rossi dengan chasis baru, Rossi pun keceplosan nyeletuk bahwa tampaknya ini (chasis baru) sudah akan bisa dia gunakan di GP Assen Belanda mendatang. (~FN)

Kolom Komentar