CEO Dorna Setuju Desain Sirkuit Jakabaring Palembang , Sirkuit Akan Dibangun 2017 Dengan Dana Investasi Swasta

sirkuit-jakabaring-motogp-2017-dibangun-1

Motomaxone – Di gelaran balap Sepang Malaysia kemarin, pihak Dorna kedatangan tamu spesial dari indonesia. Dia adalah Alex Noerdin yang tidak lain adalah gubernur provinsi Sumatera Selatan. Beliau datang ke sepang malaysia untuk mendiskusikan rencana pembangunan Sirkuit Jakabaring Palembang untuk kompetisi MotoGP 2 tahun lagi.

Tentunya rencana pembangunan skala besar dengan level regional seperti palembang, membuat pro dan kontra. Menurut pak Alex Noerdin sendiri, sudah menegaskan bahwa pembangunan Sirkuit Internasional Palembang Jakabaring tidak ada sangkut pautnya dengan APBD / APBN. Melainkan adalah murni investasi swasta.

Bagi admin tidak terlalu peduli dengan dana pembangunannya, namun apresiasi untuk palembang yang begitu serius menghadirkan kompetisi MotoGP untuk hadir di Indonesia. Adalah suatu hal yang miris, saat banyak sekali fans motogp di indonesia, begitu pula bintang besar Valentino Rossi, Marc Marquez, Dani Pedrosa, Aleix Espargaro hingga Sam Lowes yang singgah ke indonesia hampir setiap tahunnya… malah disini sendiri tidak berperan sebagai tuan rumah motogp.

Kegagalan sirkuit sentul sebagai penyelenggara motogp 2017 memang sangat mengecewakan. Namun bagi admin sendiri malah memberikan berkah karena akan membuka kesempatan daerah lain untuk membuat sirkuit yang lebih baik dan lebih fresh untuk dijadikan gelaran kompetisi motogp.

alex-noerdin-dorna-motogp

Datang ke sepang malaysia, Alex Noerdin dikabarkan sudah menyodorkan rancangan Sirkuit Internasional Jakabaring Palembang ke pihak Dorna. Tak tanggung-tanggung, rancangan sirkuit Jakabaring ini dipesan khusus dengan bantuan tangan Hermann Tilke yang merupakan desainer terkenal pembuat sirkuit Formula 1.

Sekilas admin melihat denah Sirkuit Internasional Jakabaring ini, memiliki karakter yang mirip dengan beberapa sirkuit ternama di eropa. Sirkuit ini berkarakter sirkuit cepat dimana banyak sekali trek lurus dan panjang yang akan meneksplore performa power masing-masing motor kontestan.

Masing-masing karakter lintasan bisa admin sebutkan bahwa merupakan kombinasi dari beberapa karakter sirkuit motogp yaitu Valencia, Sachsenring, Silverstone dan Sepang Malaysia.

Spesifikasi Sirkuit Jakabaring Palembang :

  • Panjang Lintasan (Track Length) = 4.314 meter (4,3 kilometer)
  • Jumlah tikungan = 14 tikungan
  • Tikungan Kanan = 9 tikungan
  • Tikungan Kiri = 5 tikungan
  • Trek Lurus = 4 kali
  • Kapasitas Penonton = 130.000 orang
  • Posisi Paddock = sebelah kiri

Setelah melihat langsung rancangan, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menyatakan setuju dengan rancangan Sirkuit Jakabaring Palembang tersebut. Jika sesuai rencana, sirkuit jakabaring akan dibangun mulai 2017 mendatang dan ditargetkan akan siap menyelenggarakan kompetisi motogp pada tahun 2018 nanti. (red)

5 Comments

Kolom Komentar