Catatan Perpanjang SIM di Satpas SIM Singosari Malang 2016…. Segera Perpanjang atau Buat SIM Baru

area-uji-praktek-sim-malang-2016-1

 

SIM C sudah akan habis seminggu lagi sehingga merupakan waktu yang pas untuk perpanjangan SIM admin yang habis pada oktober 2016 ini. Admin yang bertempat di wilayah kabupaten Malang harus mengurusnya ke Satpas SIM Singosari Malang. Yuk admin tunjukkan alur langkah-langkah nya…

Berbeda dengan 5 tahun silam yang mana admin bisa membawa surat kesehatan dari puskesmas setempat, saat ini untuk keperluan mengurus SIM baik baru maupun perpanjangan sudah disediakan tempat khusus untuk pemeriksaan kesehatan. Untuk lokasi tempatnya, bagi masyarakat malang pasti tahu yaitu sekitar 50 meter di utara Satpas SIM Singosari Malang, jadi bagi yang lewat utara pasti melewati Tempat Pemeriksaan kesehatan ini.

Tak ada yang bisa admin dokumentasikan saat berada di tempat pemeriksaan kesehatan ini. Satu dokter yang ditunjuk saat itu kebetulan dokter perempuan menangani banyak pemohon SIM saat itu.

Baru saja admin memarkir motor, calo sudah mulai berdatangan untuk bermaksud membantu proses pembuatan SIM atau perpanjangan SIM . “Oh ndak pak… saya urus sendiri “ tolak admin secara halus agar supaya mereka tidak merasa tersinggung.

Di depan ruangan pemeriksaan sudah ada 2 ibu-ibu petugas yang bertugas sebagai administrasi. Bagi anda yang kelupaan membawa ballpoint sendiri tenang saja karena disitu disediakan banyak pulpen untuk dijual dengan harga 2 ribuan. Meski admin ternyata tidak membeli alias meminjam saja :mrgreen:

premi-asuransi-sim-satpas-2016

Oh ya untuk mengurus perpanjangan SIM ini jangan lupa membawa FC KTP dan SIM lebih banyak. Untuk memenuhi administrasi dibagian kesehatan ini, kita perlu menyiapkan FC KTP dan FC SIM masing-masing 2 lembar. Selanjutnya kita akan mendapatkan tanda terima premi asuransi dengan biaya yang harus dibayar sebesar Rp. 30.000,-.

Premi Asuransi dari PT. Asuransi Bhayangkara  Bhakti ini menjadi kartu asuransi kecelakaan diri pengemudi yang ditanggungkan pembayarannya kepada pemohon surat ijin mengemudi. Namun anehnya memberikan tanda terima premi asuransi tersebut, petugasnya kok terlihat tergesa-gesa.

Dari petugas tersebut kita nanti mendapatkan form yang harus diisi terkait data diri kita. Selanjutnya kita dipersilahkan untuk memasuki ruang pemeriksaan. Pemeriksaan kesehatan berlangsung sangat cepat, bisa dimaklumi karena pemohon begitu banyaknya dalam sehari tersebut. Saat duduk di tempat tunggu pemeriksaan di sebelah kanan petugas dokter tersebut, kita langsung di tes ketajaman mata dari jarak jauh.

Selanjutnya kita diminta untuk menghampiri dokter tersebut dan ditunjukkan tes untuk melihat buta warna atau tidak. Sudah tahu kan tesnya? Ituloh gambar lingkaran kecil-kecil dengan warna berbeda-beda dan tepat ditengahnya, lingkaran tersebut membentuk huruf atau angka. Sukses melewati ujian kesehatan… maka kita akan mendapatkan Surat Kesehatan. Selanjutnya kita membayar biaya pemeriksaan kesehatan sebesar Rp. 20.000,-.

Saatnya lanjut ke Satpas SIM Singosari untuk melanjutkan proses perpanjangan SIM.

Alangkah baiknya motor tidak ditinggal di parkiran tersebut karena jaraknya yang cukup jauh bagi admin, toh di Satpas SIM sendiri sudah disediakan parkir di area dalam. Di parkir tempat kesehatan tadi, kita akan dipungut tarif parkir Rp. 3000,-.

Lanjut ke Satpas SIM Singosari Malang, kita langsung masuk saja namun harap sopan karena didepan ada petugas penjaganya. Yah beri senyuman sedikit… jangan asal nyelonong masuk bak pencuri saja… hehehe…

pintu-masuk-satpas-sim-singosari-malang-2016

 

Untuk prosedur mengurus perpanjangan SIM yang admin lakukan akan dijelaskan dalam bentuk poin untuk menghemat penjelasan.

  • Siapkan FC KTP dan FC SIM (@3 lembar), syukur-syukur kalau sudah disediakan dari rumah seperti admin. Kalau tidak siap tenang saja, di sebelah area kantin ada tempat Fotocopy kok.
  • Beli MAP di ruang sebelah kanan dari tempat Fotocopy tadi. MAP nya map khusus jadi kita harus membeli disini karena pada MAP tersebut sudah digolongan untuk mengurus golongan SIM A, C dan sebagainya. Harga MAP Rp. 2000,-

tempat-pembelian-map-sim-satpas-singosari-2016

  • Setelah beli MAP, Siapkan FC KTP dan SIM tadi masukkan dalam MAP dan masuk ke pintu masuk SATPAS.
  • Saat anda masuk, di sebelah kiri ada bagian INFORMASI. Kumpulkan berkas dalam MAP tadi disini, dan kita akan diberikan Formulis untuk diisi. Masuk ke ruang sebelah kanan dari tempat informasi tadi untuk mengisi formulir di meja berdiri yang disediakan.

loket-isi-formulir-satpas-sim-singosari-2016

  • Setelah Formulir Pendaftaran diisi, kembalikan lagi ke petugas di bagian informasi tadi dan anda akan diberikan Kartu Antrian.

map-sim-satpas-singosari-2016

  • Masuklah melewati ruangan saat mengisi formulir tadi dan masuk ke ruang sebelahnya lagi yang merupakan tempat tunggu antrian pembayaran SIM Perpanjangan.

ruang-tunggu-pembayaran-perpanjangan-sim-satpas-polres-malang-2016

  • Tunggu sampai nomer antrian anda dipanggil ke Loket Pembayaran.
  • Setelah dipanggil, segera menuju Loket Pembayaran Perpanjangan SIM. Disini harus urut sesuai dengan panggilan. Biaya Perpanjangan SIM Rp. 75.000,-

loket-pembayaran-sim-perpanjangan-satpas-singosari-2016

  • Setelah membayar kembalilah ke ruang tunggu semula tadi untuk mendengarkan informasi bahwa nomer urut kita dipanggil untuk melakukan foto.
  • Tunggulah sampai dipanggil sambil menikmati tontonan TV yang tidak bersuara disana we..ka…we..ka…we..ka..
  • Mbak nya memanggil.. “Nomor Antian bla..bla..” wah nomer urut kita dipanggil untuk menuju ruang foto. Kalau nomer antrian kita sudah dipanggil barulah kita menuju ke ruang foto yang berada tepat di depan ruang tunggu tadi.

ruang-tunggu-foto-sim-satpas-polres-singosari-2016

  • Di ruang foto tunggulah sejenak hingga nama anda dipanggil. Bukan lagi dipanggil berdasarkan nomer antrian tadi ya.
  • Saat nama kita dipanggil, masuklah tempat foto yang banyak petugas disana dengan perlengkapan kamera pocket, PC dan alat untuk tanda tangan digital dan sidik jari.
  • Duduklah dengan santai, jangan merubah posisi kursi karena sudah dipaskan dengan posisi fotonya nanti. Sebelum foto kita diminta untuk menempatkan sidik jari jempol kanan ke alat deteksi sidik jari didepan kita, selanjutkan kita tanda tangan digital di papan LCD yang disediakan.

ruang-tunggu-pengambilam-sim-satpas-singosari-2016

  • Selesai foto. Kita bisa keluar ruang foto dan duduk menunggu di ruang tunggu pengambilan SIM. Terlebih dahulu isilah buku daftar absen pengambilan foto di depan loket pengambilan. Sebelah kanan untuk buku daftar perpanjangan SIM dan disebelah kiri untuk SIM Baru.

sim-baru-2021

  • Kembali menunggu sejenak untuk menantikan SIM kita dicetak. Selanjutnya akan ada petugas polisi wanita yang memberikan SIM kita.
  • Proses Perpanjangan SIM Selesai. Sekarang kita bisa menuju area parkir mengambil motor dan pulang ke rumah masing-masing. oh ya jangan lupa bayar parkir Rp.2000,- terlebih dahulu.

area-parkir-dalam-satpas-sim-polres-singosari-2016

Hanya sedikit cerita yang bisa admin bagikan untuk pengalaman perpanjangan SIM di Satpas SIM Singosari Malang. Dari proses pemeriksaan kesehatan hingga selesainya SIM dibuat, admin hitung sekitar 2 jam-an untuk waktu yang diperlukan.

Proses perpanjangan tidak seribet yang anda bayangkan karena proses nya ternyata cukup mudah meskipun banyak prosedur yang dilalui. So, tidak perlu menggunakan calo hanya untuk memperpanjang SIM ataupun membuat SIM baru. Dengan melakukannya sendiri kita akan mendapatkan pengalaman yang nantinya bisa diceritakan untuk saudara bahkan anak-anak kita kelak.

Ingat untuk saat ini (2016), SIM yang habis masa berlakunya dan telat diproses perpanjangannya maka sama saja dengan mengurus SIM baru brosis. So jangan menunda kalaupun memang sudah dekat kurang dari 1 minggu bisa diurus tuh perpanjangan SIM nya.

Juga jangan keburu-buru, misalnya kurang 2 bulan atau masih kurang 1 bulan lagi sudah akan diurus. Pengalaman teman admin yang pernah seperti itu malah ditolak dan diminta datang lagi saat masa berlaku SIM nya sudah kurang semingguan. Toh perpanjangan SIM lebih murah ketimbang membuat SIM baru. (red)

Advertisements
12 Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan