Cara Melepas Keyless Suzuki GSX-R150 Untuk Membuka Tutup Tangki Bahan Bakar [VIDEO]

 

Motomaxone.com — Pembaca sekalian sejak admin memposting bahasan tentang Suzuki GSX-R150, beberapa surel yang masuk beserta pertanyaan via chating begitu deras memenuhi redaksi. Satu hal yang menjadi penasaran adalah cara kerja keyless Suzuki GSX-R150. Mau tau ??

Keyless dapat diartikan tanpa kunci, namun untuk Suzuki GSX-R150 tidak bisa diartikan mentah-mentah seperti itu. Bagi admin, fungsi keyless Suzuki GSX-R150 lebih kepada cara kerja kunci kontak yang tidak perlu dilepas, jadi bukan seperti kunci kontak konvensional yang perlu dilepas kemudian dikantongin di saku dan diwajib dibawa saat meninggalkan motor. Keyless Suzuki GSX-R150 bersifat kunci kontak semi permanen.

  • Mengapa semi permanen ? karena keyless ini ternyata bisa dilepas.
  • Mengapa bisa dilepas ? Karena keyless ini memiliki fungsi kunci untuk membuka tangki bahan bakar selain sebagai kunci kontak itu sendiri.

Nah sudah jelas kan.

So, mengapa disebut keyless jika masih memiliki fungsi kunci kontak seperti motor kebanyakan ? menurut pengamatan admin, hal ini dikarenakan kunci kontak keyless yang menempel ke motor tidak akan pernah bisa berfungsi jika anda tidak memiliki remote pemicunya untuk mengaktifkan.

Remote berfungsi untuk mengaktifkan fungsi pengoperasian keyless itu sendiri. Radius bekerjanya remote adalah 1 meter dari motor, jadi saat remote dijauhkan lebih dari 1 meter maka semua kegunaan baik itu menghidupkan mesin maupun melepas keyless, tidak akan berfungsi sama sekali.

Untuk fungsi pengoperasian keyless yang ditempatkan di depan tangki tersebut tidak akan admin jelaskan lebih detail karena sudah cukup jelas seperti keterangan pada gambar. Nah yang patut admin jelaskan disini adalah posisi ACC.

Posisi ACC (Accecories), posisi ini bermanfaat untuk melepas keyless dari rumah kuncinya. Salah satu yang mendasari melepas keyless adalah penutup tangki bahan bakar dan jok membutuhkan kunci tersebut untuk membuka, jadi nggak keren kan kalau si pemilik menenteng kunci serep kemana2. Jadi nggak berasa fungsi keyless nya dong hehehe… :mrgreen:

Untuk mengaktifkan posisi ACC ini adalah sebagai berikut :

  • Pastikan anda membawa remote pemicunya, pastikan jarak remote tidak lebih 1 meter dari Suzuki GSX-R150.
  • Pastikan penunjuk IGNITION di posisi OFF lebih dulu.
  • Tekan keyless (PUSH BUTTON), sampai ada indikator LED biru menyala. Lampu ini akan mati sesaat saat tidak ada aktifitas, maka tekan kembali agar indikator LED BIRU menyala.
  • Saat indikator LED biru menyala, putar dari posisi OFF ke posisi ACC
  • Cabut keyless nya
  • Selesai
  • Untuk lebih jelasnya lihat video channel youtube motomaxone dibawah ini

Nah tentunya sudah cukup jelas keterangan dari admin. Semoga bermanfaat dan menjawab rasa penasaran akan fungsi posisi ACC pada Keyless Suzuki GSX-R150 ini. (red)

Kolom Komentar