Cara Bayar Pajak Kendaraan (STNK) Melalui Indomaret, Mudah Nggak Pake Antri di Loket SAMSAT

Motomaxone.com – Mudahnya bayar pajak kendaraan STNK melalui indomaret. Dulu, bayar pajak kendaraan (STNK) memang menjadi keluhan tersendiri bagi sebagian besar masyarakat di indonesia. Alasannya singkat, proses administrasinya membuang banyak waktu. Padahal orang-orang harus bekerja dipagi hingga sore harinya.

Namun Sistem Administrasi Manunggal Satu (SAMSAT) yang banyak mendapatkan keluhan pelayanan itu sekarang semakin berbenah. Dan inovasi terbarunya mulai menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini sesuai dengan penilaian penulis yang hari ini dimudahkan dengan pembayaran pajak kendaraan dibandingkan tahun sebelumnya.

Antre di loket SAMSAT tentu sesuatu yang melelahkan. Menunggu panggilan dan sebagainya tentu merasa bosen. Jika melihat teknologi yang sudah berkembang saat ini. Tentu nggak jamannya lagi. Dua tahun lalu, penulis nggak lagi bayar pajak di kantor pusat SAMSAT di Karanglo Malang yang jauh itu. Tapi memilih yang lebih dekat, untuk menghemat waktu tentunya. Di Samsat Payment Point. Di jaringan Bank Jatim kala itu yang masih sepi antrian. Tapi tahun lalu sudah mulai ramai sekali antriannya. Hingga harus nunggu 2 jam an untuk bisa dipanggil. Demikian juga sampai saat ini, masih ramai sekali antriannya.

Jadi tahun ini memutuskan berbeda. Nggak mau lagi antri bayar pajak kendaraan yang membuang banyak waktu seperti tahun lalu. Mau mencoba inovasi terbaru SAMSAT Jatim yang sudah kerjasama dengan minimart bernama Indo-mart.

Pembayaran pajak kendaraan (STNK) di indomaret ini ternyata belum tersosialisasi dengan baik ke masyarakat. Seperti di kantor kerja saja contohnya, belum ada yang mencoba melakukan pembayaran di minimart tersebut. Begitu juga banyak orang lainnya diluaran sana… mungkin. Yang kadang mikirnya terlalu lebay. “Kan nggak dapat kertas cetak Samsat”, katanya. Padahal bukti pembayaran melalui indomaret itu juga memiliki legalitas. Cuma bedanya nggak dapet cetak kertas seperti di samsat.. udah gitu aja.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu di Samsat Payment Point yang antri hingga hampir 2 jam itu. Penulis ingin mencoba bayar pajak STNK lewat minimart sekarang. Pengen tahu kemudahannya dan caranya. Ternyata memang lebih mudah dari yang dibayangkan banyak orang. Yang kuno dan masih pengen dapat kertas cetak STNK seperti di Samsat itu.

Bayar Pajak Kendaraan (STNK) di indomaret yang sudah saya lakukan tadi siang ternyata memang memudahkan. Nggak pake antri sepanjang kereta api :mrgreen:

Dari catatan saya, cukup 2 menit transaksi pembayaran pajak kendaraan STNK Honda CB150R hingga selesai. Mudah dan langsung kembali ke kantor untuk beraktifitas kembali. Untuk lebihb detail caranya, saya jelaskan dibawah ini,

Begini cara Bayar Pajak Kendaraan bermotor di indomaret wilayah propinsi jawa timur :

Sejatinya sistem pembayarannya sama dengan samsat payment point. Berbasis online. Semua entry data wajib pajak yang membayar terhubung ke server pusat data di samsat jawa timur. Bedanya nya adalah anda akan mendapat cetak bukti bayar sendiri dan legalitasnya terjamin dimana Sah dari Kepolisian.

Wajib pajak (saya ataupun anda) hanya perlu membawa STNK, KTP dan HP (Handphone yang bisa SMS). Kemudian anda serahkan STNK dan KTP tersebut ke kasir outlet indomaret tersebut untuk diproses.

Waktunya nggak lama. Kasir perlu memasukkan data kendaraan terlebih dahulu. Mengkonfirmasi nama pemilik kendaraan dan meminta kontak nomor HP yang anda gunakan/masih aktif dan anda bawa saat itu. Selanjutnya Slip Pembayarannya pun tercetak dikasir tersebut dan diserahkan ke anda kembali beserta STNK dan KTP nya tadi. Selesai proses pembayarannya. Sebagai hadiah, untuk wajib pajak yang membayar pajak STNK di indomaret mendapatkan sekaleng minuman Fayrouz Fruit Soda.

Semudah itu ? Bagaimana proses cetak STNK barunya ?

Saat proses pembayaran dilakukan pihak kasir tadi. Tidak berselang lama, pesan singkat (SMS) dari SAMSATJATIM pun masuk ke smartphone penulis. Yang memberitakan pembayaran dan pengesahan STNK sudah dilakukan atas nama kendaraan [tersebut] sejumlah [tersebut] dengan ID pengesahan [tersebut]. Kalimat terakhirnya adalah sebuah link yang akan mengarahkan anda menuju browser internet untuk melihat tampilan cetak TANDA BUKTI PELUNASAN KEWAJIBAN PEMBAYARAN dengan format PNG (gambar).

Jadi nggak perlu mencetak ke SAMSAT lagi, bisa anda simpan file dengan format gambar tadi sebagai TANDA BUKTI PELUNASAN KEWAJIBAN PEMBAYARAN di HP anda. Atau jika anda punya printer, anda bisa mencetaknya sendiri TANDA BUKTI PELUNASAN KEWAJIBAN PEMBAYARAN tadi dengan kertas HVS biasa kemudian dimasukkan ke STNK Aslinya seperti yang saya lakukan. Sekali lagi ini adalah tanda bukti Sah Pembayaran Pajak yang bisa anda perlihatkan saat ada razia dari kepolisian. (red)

3 Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...