Bosch Gandeng KTM Kembangan Teknologi “MSC”, Apa Itu ??

KTM-1190-Adventure_2711373b

Pembaca sekalian, fungsi pengereman menjadi hal vital dalam berkendara.  Apalagi jika menggunakan kendaraan roda dua, maka perlunya mengetahui waktu yang tepat untuk menekan tuas rem.

Suatu contoh, jika sering kali melakukan pengereman mendadak beberapa puluh meter dari obyek tidak bergerak didepan kita, maka saat kondisi hujan waktu pengereman harus dilakukan lebih awal hingga 2 kali jarak saat melakukan pengereman pada kondisi jalan kering.

Hal ini dikarenakan permukaan jalan yang basah mengurangi daya gesek dengan ban menjadi lebih lama dari biasanya, sehingga dibutuhkan waktu lebih lama dan jarak yang lebih panjang pula saat melakukan pengereman di lintasan jalan yang basah.

 

jarak 0pengeremanSekarang ini setiap produsen motor di dunia berlomba-lomba meningkatkan teknologi pengereman untuk menunjang keselamatan berkendara.  Salah satunya adalah ABS (Anti-lock Braking System), yang memungkinkan teknologi tersebut mengurangi kesalahan yang dilakukan user kala terlalu panik menekan tuas rem terlalu keras. ABS mencegah terkuncinya roda yang bisa membuat pengendara menjadi kehilangan kendali pada roda depan dan terjatuh.

Namun ABS dirasa belum sepenuhnya mengakomodir kebutuhan berkendara yang ekstrem. Oleh karena itulah, akhir2 ini santer diberitakan bahwa Bosch yang sudah lama berkecimpung di dunia aksesoris otomotif diketahui telah bekerjasama dengan KTM untuk mengembangkan teknologi pengereman pendukung ABS.

Bersama dengan motor KTM 1190 Adventure Series, Bosch telah mengembangkan teknologi pengereman bernama MSC (Motorcycle Stability Control). MSC memiliki fitur utama anti-lock braking yang khusus bekerja pada saat melakukan tikungan. Jika saat tikungan kita melakukan pengereman mendadak dipastikan akan terjatuh karena akan terjadi selip pada roda depan. Nah MSC mampu memenuhi kebutuhan tersebut, memungkinkan terhindar dari terjatuh saat melakukan pengereman pada saat kita menikung tajam. Kapan ya fitur ini diterapkan pada motor-motor murah… (fnc)

7 Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...