Bijak Berkendara Saat Hujan Tiba !!!

Seminggu yang lalu, dikota tempat saya tinggal tepatnya di malang sedang terjadi pergantian musim. Untuk pertama kalinya kota ini diguyur oleh hujan, meski intensitasnya nggak bias dibilang banyak. Sungguh mengagetkan,

dihari pertama aspal diguyur hujan banyak para pemotor ndelosor mzbro… mungkin ini disebabkan ke-tidak sadaran mereka akan suhu ban motor. Melibas aspal basah dengan kecepatan yang tetap tinggi tanpa adanya penyesuaian dengan kondisi cuaca disekitar.

Patut kiranya sebaiknya kita semua sebagai biker, bijak dalam berkendara saat musim hujan kembali tiba mzbro… jangan lagi di-samakan dengan lintasan jalan yang super kering. Mungkin berikut ini bisa dijadikan tips untuk lebih membuat kita para rider lebih berhati-hati.

– Mengurangi batas maksimum kecepatan, kadang kala saat berada di lintasan kering, kita tak merasakan bahwa kita sedang berada dalam batas maksimum motor, 120/110/100 km/j mungkin. Woww… aman-aman saja bila kita berada di lintasan kering dengan kecepatan seperti itu. Tapi saat jalanan basah apalagi hujan rintik-rintik hmmm perlu berpikir ulang mzbro,,, daripada ndelosor. 🙂 Lebih bijak kalau kita membatasi kecepatan maksimum saat jalanan basah diangka 60-80 km/j.

– Waspadalah ketika kita mengerem pada permukaan basah. Sebisa mungkin hindari penggunaan rem depan, terlepas dari itu meskipun memakai cakram atau tromol. Hal ini akan membuat kita tergelincir dari motor. Jika kita berada di situasi yang memaksa kita memakai rem depan dengan maksimal, usahakan barengi dengan rem belakang. Jangan lupa tumpuan maksimum tetap berada di belakang.

– Sesegera mungkin periksa ban, bila grip sudah halus. Apa salahnya segera diganti dengan baru yang pastinya lebih layak. Ini juga untuk kepentingan dan keselamatan kita pribadi. Tidak akan ada yang dirugikan.

–  Ketika kita berkendara dalam keadaan hujan, usahakan untuk menggunakan sorot lampu rendah. Pastinya seorang biker yang baik, akan berfikir juga tentang pengendara lainnya. Dikarenakan lampu sorot tinggi/atas (lampu dim atas) berpotensi menciptakan pandangan yang kabur terhadap pengendara lain yang datang dari arah berlawanan. Alangkah baiknya bijak dalam menggunakan sorot lampu rendah dan tinggi. Gunakan bila benar-benar sangat diperlukan.

– Saat melintasi daerah air menggenang yang berpotensi membuat knalpot kita tenggelam, persiapkan motor anda mzbro.. pakai gigi rendah dah siapkan untuk tidak melepas gas saat melintasinya.

– Bawa jas hujan, namanya juga biker mzbro… sebagus apapun motornya ya pastinya kehujanan ya toh…. 🙂 . Saya pribadi lebih menyarankan berteduh daripada harus melanjutkan perjalanan dalam kondisi hujan deras. Usahakan berteduh di tempat2 strategis misal Pom atau warung. Sambil menunggu hujan reda, kan lebih enak menikmati secangkir kopi hangat. 🙂  (fnc)

Semoga Berguna.

No Comments

Kolom Komentar